√17+ Alat Musik Harmonis Pengertian, Fungsi, dan Gambar [Lengkap]
www.pixabay.com

√17+ Alat Musik Harmonis Pengertian, Fungsi, dan Gambar [Lengkap]

Hallo sahabat Hownesia kita bisa bertemu lagi dengan artikel di dunia seni musik yaitu membahas tentang alat musik harmonis setelah kemarin kita membahas alat musik petik , alat musik ritmis, jangan lupa untuk dibaca juga.

Tidak afdol jika tidak dibaca sekalian, nanti ilmunya setengah-setengah.

Oke langsung saja kita membahas alat musik harmonis mulai dari pengertiannya, fungsi alat musik harmonis, contoh alat musik harmonis.

Pengertian Alat Musik Harmonis

Alat Musik Harmonis adalah alat musik bernada contohnya alat musik Piano
www.pixabay.com

Alat musik harmonis adalah alat musik yang dimainkan untuk mengharmonisasikan nada pada suatu lagu. Alat musik harmonis ini bisa memainkan 3 nada atau lebih dengan bersamaan. Nada yang dihasilkan berupa susunan-susunan nada yang sering disebut chord.

Karena menghasilkan nada alat musik harmonis juga dapat berfungsi sebagai alat musik melodis. Akan tetapi tidak semua alat musik harmonis bisa menjadi alat musik melodis.

Pengertian alat musik harmonis yang mudah kita pahami yakni alat musik yang digunakan untuk memperindah suatu lagu atau menjadi pengiring dari melodi musik.

Bisa dikatakan alat musik harmonis adalah alat musik bernada, tetapi tidak berbentuk

Fungsi Alat Musik Harmonis

Fungsi alat musik harmonis
www.pixabay.com

Fungsi alat musik harmonis ini pada dasarnya sebagai pelengkap alat musik melodis. Kelengkapan tersebut bertujuan untuk mengiringi lagu lebih indah dan berkualitas.

Selain itu fungsi dari keberedaan sama pentingnya dengan alat musik harmonis dan alat musik melodis. Jadi di dalam suatu musik ketiga peranan tersebut sangatlah penting untuk menghasilkan nada yang indah.

Pada era modern, kini alat musik harmonis lebih bervariasi dan cara memainkannya berbeda-beda. Apa saja sih alat musik harmonis? Yuk berlanjut ke sub bab berikutnya mengenai macam-macam alat musik harmonis.

Macam-Macam Alat Musik Harmonis

Seiring berkembangnya zaman ini alat musik harmonis terbagi menjadi 2, yakni alat musik harmonis tradisional dan modern. Untuk alat musik tradasional ini yaitu alat musik harmonis yang sudah ada sejak dulu, sedangkan alat musik modern yang sudah bervariasi dan dimodifikasi lebih canggih dari segi bentuk, cara memainkannya, dan sebagainya.

Alat Musik Harmonis Tradisional

Alat Musik Harmonis Bonang

Alat musik harmpnis Bonang dari jawa timur
blogewongjawa.wordpress.com

Alat musik ini mulai berkembang di Pulau Jawa. Termasuk ke dalam instrumen gamelan Jawa untuk mengiringi berbagai tradisi seperti upacara adat, pernikahan, tarian, dan juga seni pertunjukan atau pagelaran di Jawa seperti wajang, ketoprak, dan sebagainya.

Alat Musik Harmonis Gambus

alat musik petik dan harmonis - alat musik gambus
riauberbagi.blogspot.com

Alat musik gambus adalah alat musik petik yang berasal dari kawasan Timur Tengah, yang kini menyebar ke seluruh masyarakat Melayu.

Memilki bentuk seperi buah labu yang terbelah menjadi dua. alat musik gambus memiliki fungsi untuk pengiring tarian zapin dan pengiring musik yang bernuansa islami.

Bisa dimainkan secara tunggal maupun berkelompok.

Alat Musik Harmonis Celempung

alat musik petik dan harmonis celempung
alatmusiksiter.wordpress.com

Alat musik celempung yang digunakan sebagai pelengkap gamelan ini berasal dari Jawa Barat. Alat musik yang mempunyai keunikan pada penyetelan senarnya yaitu nadaprelog dan nada slendro. Selain berfungsi sebagai pelengkap gamelan alat musik ini juga memiliki fungsi sebagai pertunjukan seni oleh orang Sunda.

celempung memliki ukuran ramping dan memanjang dan juga diatur satu okaf dibawah siter. Alat musik kedua tersebut termasuk ala musik harmonis yang dimainkan secara bersama dan juga sebagai instrumen yang memainkan cengkok (pola melodi yang balungan).

Alat Musik Harmonis Siter

alat musik petik siter adalah alat musik harmonis
www.kamerabudaya.com

Kalau alat musik Sitar dari Asia kini alat musik Siter berasal dari Indonesia, yaitu lebih tepatnya Jawa Tengah. Memiliki fungsi sebagai pengiring seni pertunjukan di daerah Jawa Tengah.

Memiliki bentangan dawai yang cukup panjang dengan ruang penggema suara yang berbentuk trapesium. Siter memiliki ukuran yang lebih besar yakni 30 cm dengan 11/13 sinar yang direntangkan di kedua sisi diantara kotak resonator.

Alat Musik Harmonis Sasando

alat musik petik dan harmonis - alat musik sasando
rpsgblist.org

Alat musik petik berikutnya berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik petik ini menurut sejarah dimainkan sejak abda 7 Masehi oleh masyarakat NTT. Sasando merupakan alat musik tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Pulau Rote untuk melaksanakan acara adat tradisional.

Alat musik sasando memiliki berbagai macam jenis, Jika dilihat dari cara memainkannya ada 2, yaitu :

  1. Sasando Tradisional yaitu bentuk Sasando aslinya dan dimainkan tanpa alat elektronik seperti amplifier atau akustik.
  2. Sasando Elektrik yaitu jenis Sasando yang bisa dimainkan dengan alat elektronik. Biasanya Sasando elektrik dimainkan dalam panggung besar atau pertunjukan modern.

Berdasarkan suaranya, Sasando memiliki 4 jenis yaitu :

  1. Sasando Engkel, jenis Sasando yang memiliki 28 dawai.
  2. Sasando dobel, biasanya memiliki 56 atau 84 dawai, sehingga memiliki lebih banyak jenis suara.
  3. Sasando Gong, merupakan jenis Sasando yang memiliki suara hampir menyerupai suara gong.
  4. Sasando biola merupakan Sasando yang memiliki suara hampir sama dengan suara biola.

Ingin tau bagaimana cara memainkan alat musik ini? bisa lihat artikel ini yah ..

Cara memainkan alat musik sasando bagi pemula anti maestream 

Alat Musik Harmonis Sampe

alat musik sampe berasal dari suku dayak, kalimantan adalah alat musik harmonis
www.ekonomipos.com

Alat musik petik kali ini berasal dari Suku Dayak. Suku yang terkenal di Indonesia. Alat musik yang terbuat dari kayu kapur dan kayu ulin membuat alat musik ini menjadi unik.

Senarnya berasal dari serat pohon enau, tetapi sekarang berganti dengan kawat kecil. Pada bagian ujungnya terdapat hiasan ukiran yang menjadi ciri khas alat musik ini yaitu kepala burung elang. Untuk jumlah dawai ini antara 3 sampai 6 buah.

Fungsi dari alat musik sampek ini sebagai lat musik harmonis untuk mengiring prosesi adat, pengiring tarian tradisional suku dayak, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan acara adat di suku Dayak.

Baca selengkapnya tentang keunikan alat musik sampe klik sini

Alat Musik Harmonis Rebab

Alat musik rebab yang dimainkan dengan cara digesek dan termasuk alat musik harmonis

Alat musik rebab adalah alat musik yang bisa dikatakan alat musik tertua, sebab dikenal sejak abad ke-9 Masehi. Asal mula adanya rebab yaitu dari wilayah Timur Tengah kemudian ke Persia dan India, lalu singgah di kepulaun Riau. Di kepulauan Riau alat musik ini mendapatkan kedudukan tertinggi di Riau, terbukti alat musik ini ditunjukkan pada teater tradisional Melayu yang disebut Makyong. Dalam tariannya, terdapat upacara pembukaan dinamai tarian “menghadap Rebab” yaitu para pemainnya menari dan kemudian duduk menghadap ke pemain rebab.

Masih ingin tau? Apa saja Keunikan dari alat musik rebab, bisa klik di bawah ini.

Tinggal nge-klik ini saja! Kamu Bisa Tau Segalanya Tentang Alat Musik Rebab

Alat Musik Harmonis Violancello

Alat musik cello atau violacello adalah alat musik harmonis
www.pixabay.com

Alat musik violancello termasuk alat musik harmonis yang masih sedarah daging dengan alat musik biola. Celli adalah nama orang yang memainkan alat musik cello. Dari namanya memang susah, namun jika kalian sudah melihat gambarnya alat musik ini sudah lama keberadaanya dan dampai saat ini masih eksis diberbagai seni musik.

Alat Musik Harmonis Modern

Alat Musik Harmonis   Harmonika

Alat musik harmonis - alat musik harmonika
www.pixabay.com

Alat musik selanjutnya dari alat musik yang cara memainkannya ditiup, namun bisa dimainkan juga dengan dihisap.  Alat musik harmonis yang kali ini banyak berkembang di berbagai daerah.

Alat Musik Harmonis   Pianika

Alat musik pianika adalah alat musik harmonis
www.bukalapak.com

 

Alat musik pianika bisa disebut juga pianika yaitu jenis alat musik yang ditiup memlalui pipa lentur yang dihubungkan ke mulut.  Perkembangan alat musik pianika sangatlah luas yang tidak hanya untuk mengiringi seni musik saja, namun sebagai media edukasi bagi sekolah untuk memperkenalkan alat musik, sebab alat musik ini tergolong alat musik yang mudah dalam memainkannya.

Alat Musik Harmonis   Saxophone

Alat musik saksofon adalah alat musik harmonis
www.silontong.com

Saxophone atau bisa disebut saksofon ini merupakan alat musik aerophone yaitu alat musik yang sumber suaranya dihasilkan dari getaran udara yang berasal dari body instrumen.

Bahan untuk membuat saxophone ini adalah logam dan menghasilkan warna yang gemilap emasnya.

Alat Musik Harmonis   Piano

Alat musik harmonis -alat musik piano
www.pixabay.com

Alat musik piano mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan alat musik tersebut. Alat musik ini juga masuk ke alat musik harmonis. Dalam beberapa jenik musik lainnya, piano juga digunakan sebagai genre musik instrumental juga.

oh iya orang yang memainkan alat musik piono ini disebut pianis.

Alat Musik Harmonis   Keyboard

Alat musik harmonis - keyboard
blogger.com

Alat musik keyboard atau kibor merupakan sebuah alat musik yang memainkannya sperti piono juga dengan cara ditekan pada bagiannya yang bisa menghasilkan nada suara yang berbeda-beda.

Namun ada kelibihan dari kibpr ini yaitu bisa memainkan beragam suara, seperti  trompet, suling, gitar, biola, sampai perkusi-perkusian. Denganalat musik ini saja, kita juga bisa bermain layaknya sebuah band.

Alat Musik Harmonis Gitar

Alat musik gitar, alat musik petik, alat musik harmonis
www.pixabay.com

Gitar alat musik ini pasti kalian juga sudah mengenalnya bahkan sudah ada yang bisa memainkannya, kalaupun belum bisa bisa klik disini kalian akan belajar tangga nada dari alat musik gitar.

Perkembangan alat musik gitar ini sudah kemana-mana bisa dikatakan alat musik yang sangat populer di era milenial. Banyak yang menggunakan alat musik ini sebagai pengiring lagu solo (sendiri) dan juga bersamaan yang masuk ke dalam instrumen band.

Termasuk juga ke dalam alat musik petik, yang berdasarkan sejarah gitar berasal dari negara spanyol. Gitar mempunyai 2 tipe gitar yang sangat populer di dunia yaitu gitar akustik dan gitar elektrik, dengan 144 kord pada gitar tersebut. kord ini digunakan sesuai dengan keperluan untuk menghasilkan nada dan bunyi yang cocok.

Alat Musik Harmonis Harpa

Alat musik harpa - alat musik harmonis
artculture567.blogspot.com

Setelah tadi membahas alat musik harpa gitar, kini kita akan membahas alat musik harpanya saja. Jadi, alat musik harpa ini sudah ada sejak dulu.  Harpa sendiri merupakan salah satu alat musik petik yang paling tua yang ada di dunia. Di negara-negara penjuru dunia sampai sekarang masih menggunakan alat musik harpa untuk pertunjukkan seni musiknya dan pertunjukan musik orchesta.

Alat Musik Harmonis Recorde

Alat musik harmonis - alat musik recorde
artculture567.blogspot.com

Alat musik yang termasuk ke alat musik harmonis ini sering sekali sebagai mendia pembelajaran di sekolah, sebab cara memainkannya mudah.

Memeliki bentuk seperti suling dan cara memainkan yang sama yaitu ditiup, namun alat musik ini jika dilihat pada gambarnya lebih menarik sebab bentuknya yang unik dan memiliki lubang pengatur nada yang banyak, daripada suling.

Alat Musik Harmonis Biola

Alat musik biola - alat musik harmonis
www.pixabay.com

Alat musik ini memiliki senar juga namun cara memainkannya bukan dipetik, melainkan digesek dengan alat khusus. Alat musik ini sama halnya dengan alat musik rebab yang memiliki kedudukan tinggi di daerah Riau, namun kalau ini memeliki kedudukan tingginya di daerah Eropa.

Dari dulu sampai sekarang alat musik ini masih bertahan sebagai alat musik yang digunakan oleh pemain musik untuk memperindah sebuah lagu. Bahkan tidak jarang alat musik ini dimainkan solo sendirian yang bisa memukau banyak penonton.


Oke, Demikian informasi mengenai alat musik harmonis yang di ulas dari berbagai macam sumber. Semoga artikel ini memberi manfaat untuk para pembaca dan tentunya untuk saya sendiri.

Jika ada kesalahan bisa langsung komentar saja dibawah ya, karena sesungguhnya kesempurnaan itu ada karena Allah SWT semata, sedangkan kesalahan hanya milik hambanya.

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu