12 Alat Musik Riau Lengkap dan Ter-update 2019 ( Gambar, Keunikan, dan Fungsi)

12 Alat Musik Riau Lengkap dan Ter-update 2019 ( Gambar, Keunikan, dan Fungsi)

Hallo kembali lagi dengan artikel baru yang masih tentang mengungkap keindahan dari Indonesia yaitu Keindahan dari kepulaun Riau, setelah membahas rumah adat Riau kini beranjak ke alat musik Riau.

alat musik riau
jendriuno.blogspot.com

Alat musik Riau – Riau adalah sebuah kepulauan yang terkenal dengan rumah adat siak nya dan rumah adat lainnya yang bernilai religius agama Islam sebab mayoritas penduduk riau adalah beragama Islam.

Selain itu Provinsi Riau juga terkenal dengan kaya sumber daya alam semacam minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit, dan perkebunan serat. Sumber daya alam tersebut dilengkapi juga dengan berbagai macam keindahan seperti  Pulau jemur, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan lainnya.

Alat-alat musik yang unik dan menjadi ciri khas dari Riau ini juga tidak kalah kerennya. Alat musik Riau ini kerap sekali dimainkan di acara pertunjukkan upacara adat dan juga tarian tradisional. Nah apa saja alat musik tersebut? Yuk langsung saja.

 Alat Musik Tradisional Riau

1.Alat Musik Nafiri


Alat Musik Nafiri - alat musik riau
www.rebanas.com

Alat musik Riau kali ini berbentuk seperi terompet dan tentunya dimainkannya dengan cara ditiup. Alat musik ini bisa dikatakan terkenal di Provinsi Riau, sebab kerap mengiringi acara pertunjukan makyong.

Selain untuk mengiringi pertunjukkan tersebut fungsi alat musik nafiri ini sebagai alarm untuk memberitahukan masyarakat jika terjadi bencana, kematian, kemalingan, dan informasi yang mendesak lainnya.

2.Alat Musik Rebana Ubi


Alat Musik Rebana Ubi - alat musik riau
norfadillah5pdpsksmpo13.blogspot.com

Alat musik rebana dari Provinsi Riau ini dinamai rebana ubi merupakan alat musik yang dipukul. Memiliki bentuk yang unik seperti tabuhan pada umumnya, namun ada penyangga dibawah rebana.

Memiliki ukuran 70 cm dan tinggi 1 meter, 70 cm itu masih terbilang diameter terkecil. Ubi rebana dalam penempatan posisinya bisa orizontal atau dibiarkan diatas lantai agar bisa dimainkan.

Alat musik ini sering ditabuh oleh pria yang datang ke rumah mempelai wanita dan memeriahkan pesta pernikahan mereka, sebab alat musik ini memiliki suara yang cukup keras disaat ditabuh.

Selain untuk mengiringi acara pernikahan alat musik rebana ubi berfungsi untuk upacara adat tertentu. Tidak sembarangan orang bisa memainkan alat musik ini sebab ada beberapa aturan yang digunakan untuk menabunhnya.

3. Alat Musik Kompang


Alat Musik Kompang - alat musik riau
wadaya.rey1024.com

Kompang adalah alat musik yang ditabuh seperti halnya alat musik rebana. Akan tetapi perbedaan dari alat musik ini yakni tidak terdapat logam gemerincing pada bagian tepinya.Ukuran dari alat musik kompang yaitu 16 inci dengan ditutup memakai kulit yang terbuat dari kulit kambing dan bisa juga dari kulit lembu/kerbau.

Berdasarkan catatan sejarah, pada zaman Kesultanan Melaka alat musik rebana mulai masuk ke tanah Melayu yang dibawakan oleh pedagang India Muslim. Sumber lain menyatakan bahwa masuknya alat musik tersebut melalui Jawa pada abad ke-13 oleh pedagang Arab.

Cara memainkannya pun dengan teknik yang berbeda-beda ada yang memakai ibu jari, 1 jari telunjuk, dan juga telapak tangan, masing-masing teknik tersebut akan menghasilkan suara yang berbeda juga.

Alat musik kompang biasanya dimainkan dengan alat musik gambus dan tabuhan gendang. Fungsi dari alat musik in sendiri yakni untuk mengiringi pawai adat dan pertunjukkan kesenian tradisional khas Melayu Riau.

4. Alat Musik Gambus


Alat Musik Gambus - alat musik riau
estri97.blogspot.com

Gambus mungkin alat musik yang sudah banyak dikenali oleh masyarakat lainnya, tidak hanya Riau. Alat musik yang dimainkan dengan dipetik tersebut memiliki bentuk seperti alat musik mandolin dengan jumlah senar antara 3 sampai 12 buah. Gambus biasanya dimainkan bersamaan dengan alat musik gendang.

Dahulu alat musik gambus dimainkan untuk acara yang berhubungan spiritual saja, namun kini berfungsi juga untuk mengiringi tari zapin. Pada akhirnya fungsi beralih ke situ.

Hal yang unik juga alat musik gambus ini digunakan oleh para nelayan sebagai hiburan di atas perahu ketika mencari ikan.

5. Alat Musik Akardoan


Alat Musik Akordeon, alat musik riau
www.alatmusik.org

Akardoen adalah  alat musik yang bisa terbilang alat musik yang unik jika dilihat dari bentuknya. Merupakan alat musik penggabungan dari pianika dan tombol-tombol lainnya.

Alat musik ini juga sangatlah mirip dengan alat musik yang ditemukan oleh C.F.L.Buschmann yang berasal dari Jerman.

Cara memainkan alat musik ini terbilang agak sulit, walaupun jika dilihat secara sekilas hanya tinggal menggerakan tangan. Padahal untuk memainkannya diperlukan kedua tangan. Tangan kiri sebagai pengatur tombol-tombol akor, Sedangkan tangan kanan untuk mengayunkan melodi lagu.

Sembari menekan tombol akordeon didorong dan ditarik supaya bisa mengatur pergerakan udara pada alat musik. Pergerakan udara yang dikeluarkan tersebut akan mengeluarkan bunyi. Bunyi itu akan diatur dengan jari-jari tangan pemain.

Fungsi dari alat musik akordeon untuk mengiringi acara pertunjukkan musik tradisional Melayu Riau dan itu diwajibkan ada.

6. Alat Musik Marwas


Alat Musik Marwas, alat musik riau
www.rebanas.com

Alat musik marwas merupakan salah satu dari sekian alat musik Riau yang memiliki nilai agamis yang sangat kental. Termasuk  dalam kategori alat musik pukul/ditepak.

Berbentuk seperti gendang namun berukuran kecil dengan 2 (dua) membran pada bagian sisi-sisinya. Bunyi yang dihasilkan dari alat musik marwas cenderung kecil namun memiliki nada tinggi.

Marwas pada umunya terbuat dari bahan dasar kayu nangka atau cempedak, kulit kambing, sedangkan untuk lilitannya/pengikat menggunakan rotan.

7. Alat Musik Talempong


alat musik talempong riau
www.apptopia.com

Jika dilihat sekilas alat musik talempong ini seperti alat musik bonang pada gamelan jawa. Namun, pasti ada perbedaan di kedua alat tersebut.

Telempong bisa disebut calempong. Alat musik ini memiliki lempengan dari logam perunggu, besi dan kuningan dengan bentuk bundar. Ukarannya pun berbeda-beda, dan masing-masing menghasilkan suara yang berbeda pula.

Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul dengan alat pemukul yang ujungnya dibalut oleh kain.

Zaman dahulu alat musik ini digunakan untuk menyampaikan pesan penting dari wali negara oleh orang suruhannya untuk masyarakat.

Kini alat musik calempong salah satu alat musik yang mengiringi tarian saklral dan dimainkan ketika pasangan pengantin menuju rumah mempelai wanita (bararak).

8. Alat Musik Gong


alat musik gong riau

Gong adalah terbilang alat musik yang wajib ada disetiap acara pertunjukkan kesenian musik tradisional. Tanpa terkecuali untuk provinsi Riau gong sangat kerap dimainkan disaat upacara adat.

Gong ini sama seperti gong pada umunya yang terbuat dari kuningan dan dimainkan dengan bantuan alat pemukul yang terbuat dari kayu dengan ujung bantalan terbuat dari karet ataupun kain.

Nada yang dihasilkan dari gong in tergantung dari ukuran gong, jika gong semakin besar maka semakin kuat pula bunyi yang dihasilkannya.

9. Alat Musik Genggong


alat musik genggong - alat musik riau

Alat musik genggong adalah alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup. Memiliki bentuk yang unik dan beragam bentuk yang kecil dan tipis. Terbuat dari kulit terluar pohon enau.

Cara memainkannya dengan meniup sembari menarik ujung talinya, suara yang dihasilkan seperti pantulan dengan dengungan keras yang berasal dari rongga suara.

Alat musik ini biasanya digunakan bersama dengan alat musik tradisional lainnya sebagai alat musik pengiring dalam pagelaran musik tradisional.

10. Alat Musik Gedombak


alat musik gedombak - alat musik riau
www.rickshriver.net

Alat musik tradisional berikutnya gedombak yang memiliki bentuk unik seperti piala dunia, hehe. Alat musik ini terbuat dari  bahan rotan, kayu dan kulit hewan. Gedombak biasanya dimainkan bersamaan dengan Nafiri dan alat musik lainnya sebagai pengiring dalam pagelaran Makyong.

11. Alat Musik Gendang Camar


Alat musik gendang camar - alat musik riau
www.wadaya.rey1024.com

Alat musik gendang camar termasuk dalam kategori alat musik pukul yang dipukul dengan alat pemukul. Memiliki bentuk yang unik terdiri dari 6 bilah kayu berwarna hitam yang ditepatkan pada rak dengan ukiran sayap. Gambang camar ini biasanya dimainkan saat perayaan hari-hari besar.

12. Alat Musik Gendang Nobat


alat musik gendang nobat - alat musik riau
www.wadaya.rey1024.com

Jika tadi gendang camar yang ini namanya gendang nobat. Gendang nobat sendiri terbuat dari kulit hewan, kayu serta rotan. Cara memainkannya pun sama dengan ditabuh/dipukul dengan telapak tangan.

Konon alat musik ini tidak boleh dimainkan oleh sembarangan orang. Bahkan alat musik ini tidak boleh dilangkahi oleh pemain maupun orang lain. Sudah menjadi alat musik sakral. Pemain gendang nobat sendiri harus memiliki darah keluarga kerajaan. Alat musik gendang Nobat biasanya dimainkan dalam acara – acara adat khusus yang sakral.

Nah itulah informasi mengenai alat musik Riau yang terdiri dari 12 alat musik.

Sekian dari artikel alat musik tradisional Sumatera Utara semoga bermanfaat untuk kalian dan terutama saya sendiri, hehe. Semoga bertambahnya kita tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia menambah kecintaan pada negeri sendiri.

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu