√12 Alat Musik Sulawesi Selatan Lengkap (Ciri Khas, Fungsi, dan Gambar)
Bagooli.com

√12 Alat Musik Sulawesi Selatan Lengkap (Ciri Khas, Fungsi, dan Gambar)

Alat Musik Sulawesi Selatan – Sulawesi Selatan adalah sebuah Provinisi yang beribukota di Makassar. Nama Ujung Pandang juga sempat digunakan sebagai nama ibukota Sulawesi Selatan, sebelum kini disebut Makassar.

Memang jika kita membahas kesenian di Indonesia ini tidak akan habis-habisnya karena banyak sekali keragaman yang dimiliki di setiap daerah masing-masing, seperti halnya Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan sangatlah memilikii potensi kesenian dan kearifan lokal yang sangat indah.

Memiliki 5 bahasa di satu tempat mulai dari bahasa Mandar, bahasa konjo, bahasa Makassar dan lainnya, Rumah adat Sulawesi Selatan dengan berbagai macam keunikan, membuat Provinsi Sulawesi Selatan ini sangat menarik untuk dibahas, dan kali ini kita akan membahasa Alat Musik Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Rumah Adat Sulawesi Selatan

Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan

alat musik sulawesi selatan

Alat musik Sulawesi Selatan merupakan warisan budaya asli dari tanah ujung padang ini, memiliki nilai-nilai kebudayaan dan keunikan dari setiap alat musik, membuat alat musik Sulawesi Selatan perlu dilestarikan.

Sama halnya dengan alat musik di daerah lain, alat musik Sulawesi Selatan ini memainkannya dengan cara dipetik, dipukul, digesek, maupun digoyangkan.

Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) meliputi: Alosu, Anna Baccing, Jalappa atau Kancing Kancing, Kacaping atau Kecapi, Katto-katto, Kere-kere Gallang, Keso, Lalosu Sessungriu, Pa`pompang, Puik puik / Pui-pui, Popondi, Sessungriu.

Yuk, kita bahas satu persatu alat musik tradisional Sulawesi Selatan

1. Alat Musik Ana’ Becing

alat musik sulawesi selatan ana baccing
gpswisataindonesia.wordpress.com

Alat musik Sulawesi Selatan – Ana’ Becing merupakan alat musik dengan cara memainkannya dipukul satu dengan yang lainnya. Ana becing sendiri terbuat dari logam yang membuat suara yang dihasilkan ketika dipukul nyaring.

Memiliki Bentuk seperti dayung yang membuat alat musik ini cukup terkenal. Alat musik ana becing lebih sering digunakan dalam pertunjukan seni musik karnaval atau parade pesta serta upacara adat pada zamannya.

2.Alat Musik Alusa

alat musik sulawesi selatan, alat musik aluso
alatmusik.org

Alat musik Sulawesi Selatan – Aluso merupakan alat musik yang berbeda dengan alat musik lain, alat musik ini dimainkannya dengan cara digoyangkan. Memiliki bentuk yang unik juga yakni terbuat dari kayu dan tekstil. Tabung tersebut dibungkus kain warna merah dan putih dan salah ujungnya berbentuk ayam. Di dalam tabung juga diisi banyak biji-bijian atau batu kecil.

Sesuai dengan cara memainkannya yaitu digoyangkan, Alosa sendiri berasal dari kata lao-lisu yang artinya bolak-balik.

Alat musik Sulawesi Selatan Alosa dimainkan untuk mengiringi tarian alusu, untuk upacara adat keagamaan, lao-lisu yang artinya bolak-balik.

3.Alat Musik Kacaping

alat musik sulawesi selatan, alat musik kecapi
rebanas.com

Alat musik Sulawesi Selatan – Kacaping adalah alat musik yang cara memainkannya dipetik. Alat musik yang berasal dari Sulawesi Selatan ini, berdasarkan cerita sejarah pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut bugis, sehingga bentuknya unik menyerupai perahu.

Alat musik kacaping memiliki 2 dawai yang dikaikan pada kayu berbentuk seperti perahu. dawai tersebut merupakan perumpamaan dari tali layar perahu.

Dahulu alat musik kacaping dimainkan untu sekedar hiburan seperti, acara penjemputan para tamu, perkawinan, hajatan, bahkan hiburan pada hari ulang tahun. Namun sekarang alat musik kacaping digunakan sebagai pengiring tarian.

4.Alat Musik Basi-basi

alat musik basi-basi sulawesi selatan

Alat musik Sulawesi Selatan- Basi-basi adalah alat musik yang memainkannya dengan ditiup. Memiliki bentuk seperti tabung dengan satu lubang di ujung tabung tersebut.

Alat musik tradisional sulawesi selatan ini memiliki 2 nama, menurut masayarakat makassar disebut “Klarinet”, sedangkan “basi-basi” sebutan lain dari masyarakat bugis.

Alat musik basi-basi biasanya dimainkan untuk acara pesta, perkawinan, dan syukuran.

5.Alat Musik Terbang Rebana

Uraian-mengenai-alat-musik-Rebana-Sulawesi-Selatan-dan-Penjelasannya
wikipedia.com

Alat musik Sulawesi Selatan-  Terbang Rebana adalah alat musik yang dimainkan dengan ditabuh pada bagian membrannya. Rebana terbuat dari kulit hewan dengan kayu, seperti kayu kayu cendana, pohon nangka, pohon kelapa dan kayu jati.

Alat musik terbang rebana adlah sebutan lain masyarakat Bugis, sedang Terbang adalah sebutan bagi masyarakat Makassar.

Alat musik rebana ini dimainkan untuk berbagai macam acara tradisional di Sulawesi Selatan.

6.Alat Musik Puwi-Puwi

alat musik puwi-puwi, sulawesi selatan
www.dictio.id

Alat musik Sulawesi Selatan-  Alat musik Sulawesi Selatan yang memainkannya dengan cara ditiup ini alat musik puwi-puwi. Memiliki bentuk persis terompet dan cara memainkannya pun juga sama seperti terompet. Meskipun seperti terompet ada ciri khas dari alat musik ini yaitu ukiran pada terompet tersebut.

7.Alat Musik Suling Lembang

alat musik suling lembang, alat musik sulawesi selatan
youtube.com

Alat musik Sulawesi Selatan-  Alat musik yang sama dengan puwi-puwi yaitu cara memainkanya dengan ditiup. Bentuknya pun sama dengan alat suling pada umumnya tetapi yang membedakan dari alat musik ini yaitu ukuran pada suling lembang sangat besar, aitu dengan panjang 50 sampai 100 cm dan diameter 2 cm. Supaya bunyinya bervariasi, Suling lembang dilengkapi dengan lebih dari 8 lubang nada.

8.Alat Musik Keso-keso

alat musik sulawesi selatan, alat musik keso-keso
pusatpandang.com

Alat musik Sulawesi Selatan-  Alat musik tradisional dari Sulawesi Selatan yang satu ini cara memainkanya dengan digesek.  Memiliki persamaan dengan alat musik rebab, akan tetapi masih memiliki perbedaan yaitu rebab mempunyai 3-4 dawai, Sedangkan alat musik keso hanya 2 dawai.

Cara menggeseknya pun sama dengan memainkan alat musik rebab, jadi untuk kalian yang bisa main rebab pastinya juga bisa memainkan alat musik keso-keso ini.

9.Alat Musik Gendang Bulo

alat musik gendang bula, alat musik sulawesi selatan
Bagooli.com

Alat musik Sulawesi Selatan- Alat musik klasik dari Sulawesi Selatan ini cara memainkannya dengan dipukul dan ditepuk bagian kulitnya menggunkan telapak tangan. Memiliki bentuk yang sama seperti gendang yang tidak memiliki membran.

Alat musik ini memiliki2 sebutan nama, yang pertama disebut Idiokardo oleh masyarakat Bugis dan gendang gulo sebutan dari masyarakat Makassar.

10.Alat Musik Tolindo

alat musik talindo, alat musik sulawesi selatan
rebanas.com

Selanjutnya untuk alat musik Sulawesi Selatan yaitu Tolindo, alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Memiliki bentuk yang unik, alat musik ini terbuat dari bahan kayu untuk yang berbentuk busur dan yang berbentuk tempurung terbuat dari kulit kelapa.

Memiliki sebutan yang lain juga alat musik ini, bagi masyarakat Bugis diberi nama tolindo, sedangkan masyarakat makassar diberi sebutan popundi.

11.Alat Musik Jalapa

alat musik sulawesi selatan
semuatentangprovinsi.blogspot.com

Alat musik Sulawesi Selatan-  Alat musik tradisional Sulawesi Selatan berikutnya adalah alat musik jalapa. Jalapa dimainkan dengan cara dipukul sesama jelapanya. Memiliki bentuk seperti simbal yang terbuat dari logam kuningan.

Alat musik jalapa memiliki perbedaan unik daripada alat musik Sulawesi Selatan lainnya.  Tidak dimainkan pada umumnya, alat musik ini dimainkan di saat upacara adat tertentu. Masyarakat biasanya memainkannya di upacara adat tolak bala, namun sebagian lagi menjadikan jalapa sebagai peralatan dukun di daerah tertentu.

Selain keunikan tersebut, ada lagi yakni sebelum permainan alat musik ini terlebih dulu dibacakan mantra-mantra dengan diiringi alat musik lainnya.

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai alat musik Sulawesi Selatan. Semoga kita sebagai generasi milenial harus tau tentang ini cukup mengetahui bahkan mengembangkannya kalian sudah membantu melestarikan kebudayaan Indonesia. Jangan sia-sia kan kekayaan kebudayaan di Indonesia ini ya, karena banyak negara asing yang menginginkannya. Sampai Jumpa..

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu