√15 Alat Musik Sumatera Utara yang Unik dan Menarik untuk Kalian Ketahui

√15 Alat Musik Sumatera Utara yang Unik dan Menarik untuk Kalian Ketahui

Kembali dengan hownesia untuk mengungkit keindahan di Indonesia. Kali ini saya akan membahas salah satu daerah di Indonesia yakni Sumatera Utara tepatnya di provinsi Sumatera ibukota Medan.Gouverment van sumatera adalah sebutan lain dari Sumatera yang berasal dari Belanda.

alat musik sumatera utara
rebanas.com

Sumatera memiliki banyak sekali kekayaan dan kebudayaan di masing-masing daerahnya. Salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera yakni alat musik tradisional.

Alat musik tradsional yang dimiliki oleh Sumatera memiliki keragaman keunikan, ciri khas, dan fungsi yang berbeda. Keragaman tersebut menjadikan ciri khas untuk daerah atau suku yang memiliki alat musik tersebut.

Secara garis besar alat musik tradisional Sumatera Utara terdiri dari aramba, doli-doli, druni dana, faritia, garantung, gonrang, gordang, gendang singanaki, gendang sisibah, gung, hapeten, ole-ole, panggora, sarune bolon, dan masih banyak sekali.

yuk, langsung saja kita bahas satu persatu alat musik tersebut. Berikut ini dia penjelasanya :

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

1. Alat Musik Taganing

Alat Musik Taganing - alat musik sumatera utara
wikipedia.id

Alat musik taganing adalah alat musik yang cara memainkannya dengan dipukul menggunakan stik.  Memilki 7 buah gendang yang disusun untuk mengatur ritme. Tantanan tersebut disusun mulai dari nada terendah di sisi paling kanan dan semakin ke kiri semakin naik nadanya.

Drum set Melodis adalah sebutan lain dari alat musik Taganing

 

2. Alat Musik Sarone Balon

alat musik sarone balon- alat musik sumatera uatara
www.wacana.co

Sarune balon merupak alat musik sumatera utara  yang cara memainkannya dengan cara ditiup. Sarone balon memiliki 6 buah lubang nada yang berfungsi untuk mengatur nada.

Taganing, ogung, hesek dan juga adap adalah alat musik yang dimainkan secara bersamaan dengan sarone balon. Alat musik ini termasuk dari gindrang saparangguan menurut masyarakat simalungan.

Alat musik sarone balonan adalah alat musik yang dimainkan pada acara gondang sabangun.

3. Alat Musik Panggora

alat musik panggora-alat musik sumatera utara
syahranialawiyah.blogspot.com

Alat musik Panggoran ialah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik dan suara yang dihasilkan direndamkan suaranya dengan memegang alat musik tersebut.

Alat musik panggora adalah alat musik yang mirip dengan gong tapi memiliki suara yang lebih unik lagi. Panggora memiliki ukuran yang besar dengan diameter 37 cm dengan ketebalan 6 cm. Alat musik ini terbuat dari logam untuk bisa menghasilkan suara yang keras dan nyaring.

4. Alat Musik Ole-Ole

Alat musik ole-ole - alat musik sumatera utara
www.kabanews.com

Alat musik selanjutnya dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ole-ole memiliki keunikan dari bentuknya yang terbuat dari bahan batang padi dan untuk bagian resonator terbuat dari daun kelapa atau sering disebut enau.

Alat musik ole-ole ini memiliki lubang pada badannya, lubang tersebut bisa diadakan maupun ditiadakan sesuai dengan si pembuat dalam mencapai nada tertentu.

Ole-ole sering dimainkan secara  solo atau sendirian, karena alat musik ini digunakan untuk menghibur diri.

5. Alat Musik Hasapi

alat musik hasapi - alat musik sumatera utara
www.villagenow.ne

Alat musik tradisional sumatera utara yang bisa disebut dengan hapetan ini merupakan salah satu alat musik yang tercatat pada KBBI. Alatmusik hasapi dimainkan dengan cara memetik, memetiknya pun sama seperti alat musik tradisional yaitu tapanuli.

Selain cara memtiknya bentuk dari tapanuli juga hampir mirip dengam hasapi yang memiliki  senar dan sebuah bilah.

Hasapi memiliki 2 jenis yaitu :

  • Hasapi Ende : Berfungsi sebagai pembawa melodi dan sebagai alat musik penting untuk ensambel gondang hasapi.
  • Hasapi Doal : Berfungsi sebagai pembawa ritme yang konstan.

Alat musik hasapi/hapaten mempunyai sebutan lain untuk daera Sumbawa yakni Jungga

6. Alat Musik Gung dan Penganak

alat musik gong dan penganak - alat musik sumatera utara
www.silontong.com

Gung dan penganak merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Termasuk dalam kategori alat musik idiophone yaitu alat musik yang menghasilkan nada dari getaran alat musik itu sendiri.

Memiliki bentuk seperti Gong tetapi masih ada perbedaan di gung yakni pada ukuran dan diameternya. Ukuran yang dimiliki gung adalah 68 cm dan penganak berdiamaeter 16 cm.

Bentuknya terlihat dari logam atau kuningan, sedangkan alat pemukul terbuat dari kayu dengan dilapisi karet ban atau kain. Alat pemukul gung diberi nama palu-palu.

7. Alat Musik Gendang Sisibah

alat musik gendang sisibah - alat musik sumatera utara
alatmusik.org

Alat musik tradisional selanjutnya yang dari Sumatera Utara yakni gendang sisibah. Cara memainkannya dengan dipukul oleh alat pemukul yang terbuat dari kayu.Sedangkan, untuk bentuknya panjang dan ramping, membrannya terbuat dari kulit binatang.

Alat musik khas batak pakpak ini memiliki nama sisibah maknanya sembilan gendang (yang di susun pada rak khusus).

Alat musik gendang sisibah adalah alat musik yang berfungsi mengiringi upacara adat daerah  (acara suka/duka) di daerah pakpak dairi.

8. Alat Musik Gendang Singanaki

Alat Musik Gendang Singanaki - alat musik sumatera utara
www.alatmusik.org

Gendang singanaki adalah alat musik Sumatera Utara yang memainkannya dengan dipukul dengan pemukul. Termasuk dalam alat musik ritme yang dimainkan gabung dengan alat musik seperti sarune, gendang singanaki, dll.

Alat musik singanaki terbuat dari bahan kayu dan potongan kulit binatang. Gendang singanaki mempunyai 2 bagian berbeda yaitu penganaki dan anak gendang yang dijuluki Gerantung / enek-enek, yang berukuran kecil ramping.

Alat musik Singanaki adalah alat musik Sumatera Utara yang khas di daerah batok karo.

Alat musik gendang singanaki adalah alat musik yang berfungsi untuk mengiringi upacara adat yang bernuansa religi atau acara guro-guro aron.

9. Alat Musik Gordang

Alat musik taganing - alat musik sumatera utara
erafakta.com

Alat musik satu ini adalah alat musik tradisional Sumatera Utara yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik Gordang ini juga termasuk pengatur ritme dan sangat serbaguna.

Gordang tersusun dari 9 buah gendnag, memiliki bentuk terdiri dari gendang-gendnag besar yang disusun rapi dan berurutan.

Alat musik gordang adalah alat musik yang berfungsi untuk mengiringi pementasan upacara adat, penyambutan, acara pernikahan, dan juga acara kematian.

10. Alat Musik Gonrang

alat musik gonrang- alat musik sumatera utara
www.alatmusik.org

Alat musik gornang adalah alat musik yang termasuk dipukul/ditebah juga untuk cara memainkanya. Gonrang adalah alat musik kesenian dari masyarakat Simalungan.

Berbentuk semacam gendang juga yang tersusun dengan memiliki makna-makna yang berbeda.

Alat musik ini sangatlah berfungsi dalam masyarakat simalungan untuk acara acara-acara penting seperti contoh pernikahan, kematian dan pesta adat.

Alat musik gonrang adalah kesenian simalungan yang mempunyai 2 makna yaitu religi/sakral dan bersifat  menghibur.

11. Alat Musik Garantung/Kolintang

alat musik garantung/kolintang - alat musik sumatera utara
www.silontong.com

Garantung merupakan alat musik tradisional Sumatera Utara tepatnya di daerah batak Toba. Alat musik garantung termasuk dalam jenis Xylophone (batang-batang yang mengeluarkan nada).

Memiliki bentuk seperti gong yang terbuat dari kayu dan bentuknya tertata rapi dengan 5 bilah nada yang berfungsi sebagai pembawa melodi. Alat musik garantung juga terdiri dari 7 wilahan yang tersusun rapi, digantung kotak yang kegunaannya sebagai resonatornya.

Selain sebagai pengiring melodi alat musik ini juga sebagai penstabil ritme  dengan teknik mamalu.

12. Alat Musik Faritia

alat musik fatria-alat musik sumatera utara
fantasticmedan.blogspot.com

Alat musik yang terbuat dari logam dan kuningan ini termasuk dalam golongan alat musik idiophone (alat musik yang mengeluarkan suara dari getaran).

Memiliki bentuk bundar mirip dengan telempong dari padang dan gamelan dari Jawa. Memiliki bentuk bundar dengan diameter 23 cm dan ketebalan 4 cm dengan adanya yang menonjol untuk dipukul. Untuk alat pemukulnya disebut simalambuo atau kayu duria.

Berdasarkan sejarah, alat musik faritia adalah alat barter pada jaman dahulu oleh masyarakat Nias.

13. Alat Musik Druri Rana

alat musik druri rana - alat musik sumatera utara
alatmusik.org

Alat musik Sumatera Utara ada lagi yang dipukul yakni alat musik druri rana. Alat musik druni rana terbuat dari kayu yang dipotong sesuai gambar diatas.

Alat musik tersebut adalah alat musik yang mengeluarkan suara saat bambunya saling beradu semacam alat musik angklung.

14. Alat Musik Doli-Doli

alat musik doli - alat musik sumatera utara

Alat musik selanjutnya masih dengan cara memainkannya dipukul yakni alat musik doli-doli. Sekilas memang bentuknya seperti angklung akan tetapi cara memainkannya dan memegannya yang berbeda. Memiliki 4 buah kayu yang tersusun rapi.

Pada daratan Melayu, masyarakat daerah sana mengetahui Doli-Doli dengan sebutan Kolintang.

15. Alat Musik Aramba

alat musik aramba- alat musik sumatera utara
www.mepow.net

Alat musik terakhir dari Sumatera Utara yakni alat musik aramba. Alat musik aramba dimainkan dengan cara dipukul juga pada bagian yang berbentuk budar dan menonjpl pada bagian tengahnya.

Memiliki bentuk bundar dengan diameter 40 cm-50 cm. Adalagi jenis alatr musik aramba yang diperuntukkan untuk bangsawan yang disebut aramba fatao dan hongo, berdiameter 60 cm-90 cm.

Nah itulah informasi mengenai alat musik Sumatera Utara yang terdiri dari 15 alat musik. Jika kita analisis bersama kebanyakan alat musik sumatera utara cara memainkannya dipukul dan berbentuk bulat.

Sekian dari artikel alat musik tradisional Sumatera Utara semoga bermanfaat untuk kalian dan terutama saya sendiri, hehe. Semoga bertambahnya kita tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia menambah kecintaan pada negeri sendiri.

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu