Cara Memainkan Angklung Dari Level Cupu Hingga Mastah ( Sejarah, Jenis, dan Tokoh Alat Musik Angklung)

Cara Memainkan Angklung Dari Level Cupu Hingga Mastah ( Sejarah, Jenis, dan Tokoh Alat Musik Angklung)

Sejarah Alat Musik Angklung

sejarah alat musik angklung dan cara memainkan angklung
wikipedia.com

Angklung adalah alat musik tradisional khas Jawa Barat yang berkembang di daerah sunda. Alat musik angklung ini mulai ada di tanah Sunda, tidak tercatat kapan munculnya. Tetapi, alat musik angklung sudah mulai terabadikan pada abad ke 12 sampai ke- 16, yaitu abad dimna Kerajaan Prabu Siliwangi sedang jaya-jayanya.

Alat musik angklung ini terbentuk berdasarkan pokok pandangan masyarakat Sunda yang sebagian besar pekerjaanya sebagai petani padi. Dalam masyarakat Sunda juga terkenal dengan mitos Nyai Sri Pohaci, yaitu lambang kesuburan padi, sehingga di nobatkan sebagi Dewi Padi pemberi kehidupan.

Pandangan itu masih dijalankan oleh Masyarakat Baduy juga. Masyarakat Baduy adalah masyarakat Sunda Asli yang masih mempertahankan budaya zaman dulu. Mereka memakai angklung sebagai ritual penanaman padi.

Contoh lain terjadi di daerah Bogor yang memainkan angklung gubrag sejak tahun 400 tahun silam.

Angklung adalah alat musik asli dari Jawa Barat sebagai alat musik tradisional terbuat dari bambu dengan susunan nada (laras) pelog dan salendro. Perkembangan alat musik angklung bisa dikatkan menyebar ke seantero nusantara, baik itu pula Jawa, Sumatera bahkan sampai ke Kalimantan. Dlam sebuah ekpedisi yang dilakukan di tahun 1908, Alat musik angklung sudah menyebar hingga ke Thailand.

Pengertian Alat Musik Angklung

penegertian alat musik angklung. angklung adalah alat musik idophone yang suaranya keluar dari bahannya.
pixabay.com

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa angklung berasal dari bahasa Bali atau berasal dari bahasa hindu, yang terdiri dari dua kata Angka (Nada) dan Lung (putus).

Namun kita sudah mengenal angklung yang berasal dari Jawa Barat atau bumi pasundan. Jika menurut bahasa sunda angklung berasal dari kata angkleng-angkleng yang artinya gerakan bergoyang.

Dan secara terminologi, alat musik angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bilah-bilah bambu dan dibunyikan dengan menggoyangkannya.

Alat musik angklung juga termasuk alat musik multitonal atau bernada ganda. Nada yang dikeluarkan alat musik angklung terjadi ketika dibenturkannya badan bambu sehingga menghasilkan bunyi getaran yang memiliki nada-nada tertentu sesui dengan besar ukuran bambu.

Alat musik angklung tergolong dalam jenis idiofon atau alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahannya.

Kalian harus tau bahwa angklung sudah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Kebudayaan Dunia oleh Unesco pada tahun 2010 dengan katagori Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Jenis-Jenis Alat Musik Angklung

Alat musik angklung adalah alat musik yang sangat diminati oleh masyarakat dan menjadi sebuah seni khusunya orang sunda. Angklung digunakan sebagai hiburan masyarakat, selain itu juga sebagai lagu penyemangat pada saat memulai atau panen padi.

Angklung sendiri tidak sama ada perbedaan di setiap daerah, baik berbeda dari segi fungsinya atau cara memainkannya. Hal tersebutlah membuat alat musik angklung lebih beragam. Dibawah ini akan dijelaskan macam-macam alat musik angklung yang ada di nusantara. Yuk, langsung saja.

1. Alat Musik Angklung ⇒ Angklung Padaeng “Pak Daeng”

cara memainkan angklung padaeng

Dinamakan angklung pak daeng, sebab alat musik angklung ini dimunculkan oleh seorang tokoh bernama Daeng Soetigna pada tahun 1930-an. Beliau adalah seorang guru seni di sekolah HIS di masa penjajahan Indonesia.

Berkat kemampuannya dalam bermusik, Pak Daeng terinspirasi untuk membuat angklung dengan nada diatonis. Angklung yang pada dasarnya di buat menggunakan nada pentatonis.

Pak Daeng tidak sendiri mewujudkan keinginannya yaitu bersama Pak Djaja, sebagai empunya angklung pada masa itu. Pada akhirnya di tahun 1938, keduanya mampu menciptakan angklung nada diatonis.

2. Alat Musik Angklung ⇒ Angklung Kanekes

cara memainkan angklung jenis angklung kanekes
nusantarakaya.com

Dinamai angklung kanekes sebab angklung tersebut dimainkan di daerah Kanekes. Kanekes sendiri merupakannama daerah di Provinsi Banten, yang warganya hampir 99% orang baduy.

Angklung kanekes memiliki fungsi yang sama yaitu digunakan pada ritual padi, yaitu dibunyikan ketikan para petani memulai menanam padi huma (padai ladang).

Jadi, orang baduy memainkan ketika sedang menanan padi, selain itu dimiankan ketika pada masa-masa mengobati padi yang terkena hama dan penyakit.

Selain itu, setelah tiga bulan penanaman padi alat musik angklung kanekes tidak boleh dimainkan hingga enam bulan kedepan sampai panen tiba. Usai digunakan terdapat acara yang bernama “musungkeun angklung’ yaitu menyimpan kembali alat musik angklung.

Selain itu, fungsi angklung kanekes juga sebagai hiburan juga, meskipun tidak diperuntukkan untuk hiburan. Sering kali pementasan alat musik angklung ketika kondisi terang bulan,  dan di tempatumum bisa bale, lapangan, atau tempat yang lain yang luas.

Biasanya alat musik ini dimainkan untuk mengiringi berbagai nyanyian seperti Lutung Kasarung, Yandu Sala, Yandu Bibi, Ceuk Arieleu, Bangkong, Oyong-oyong, Gandung Manggu dan masih banyak lagu yang di iringi dengan alat musik ini.

Untuk, pembuatan angklung kanekes tidak boleh dibuat sembarang orang. Hanya orang kajeroan (baduy dalam) yaitu Cibeo, Cikartawana, dan Cikeusik, yang berhak membuatnya.

3. Alat Musik Angklung ⇒ Angklung Dogdog Lojor

cara memainkan angklung, jenis angklung dog-dog lojor
indonesiakaya.com

jenis alat musik angklung kali ini dinamai alat musik angklung dogdog lojor. kemunculan angklung ini juga untuk mengiringi panen atau menanam padi. Doggog lojor berasal dari Kasepuhan Pancer Pangawinan atau kesatuan adat Banten Kidul.

Penyebarann angklung dogdog lojor di sekitar perbatasan Banten Sukabumi, gunung halimun, dan Bogor perbatasan gunung salak dan lebak.

Sebenarnya kesenian dogdog lojor bukan seni pertunjukan angklung, namun di dalamnya ada paitera yang memainkan angklung. Di awal tahun 70-an dogdog lojor digunakan sebagai musik hiburan pada acara khitanan atau kawinan, dan sering juga dipentaskan dalam acara-acara hiburan.

Bentuk dari angklung dogdog lojor seperti angklung pada umunya dengan 2 alat dodog, dan buah angklung.

4. Alat Musik Angklung ⇒ Angklung Gubrag

cara memainkan angklung. jenis angklung gubrak
hobikitaumn.wordpress.com

Angklung gubrag ialah kesenian tradisional yang termasuk langka, namun di Desa Kemuning, Kresek, Tanggerang alalt musik angklung gubrag masih dilestarikan hingga saat ini. Biasanya kesenian ini ditampilkan ketika acara khitanan dan selamatan setelah melahirkan.

Namun, di zaman dulu alat musik ini juga dimainkan ketika melakukan penanaman padi supaya tanaman padi menjadi subur dan hasil panen berlimpah ruah.

Alat musik angklung gubrang dimainkan dengan bebarapa instrumen lainnya yaitu dengan enam buah angklung menggunakan bambu hitam, yang mempunyai nama : bibit, anak bibt, engklok 1, engklok 2, gonjing dan penembal. Selain itu terompet, kendang pencak, dan seruling juga dimainkan bersamaan dengan alat musik angklung.

5. Alat Musik Angklung ⇒ Angklung Badeng

Cara memainkan angklung, jenis angklung badeng berasal dari garut

Kesenian angklung berikunya dari angklung badeng, angklung badeng adalah kesenian  yang berasal dari daerah Suka Merah Kecamatan Pagerageung. Kesenian ini biasanya dimainkan ketika acar khitanan, tetapi untuk saat ini kesenian angklung badeng sering dimainkan ketika ada acara kenegaraan.

Biasanya angklung badeng dimainkan oleh 14 orang yang masing-masing memiliki peran yaitu 7 orang sebagai juru angklung, 4 orang sebagai juru dog-dog, 2 orang sebagai juru dog-dog badeng sedangkan satu orang lagi sebagai juru angklung badeng.

6. Alat Musik Angklung ⇒ Angklung buncis

cara memainkan angklung - jenis angklung buncis
picbon.com

Angklung buncis adalah kesenian yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat yang biasanya dilakukan untuk upacara turun mandi dan gusaran. Upacara turun mandi dan gusaran  yang dilakukan secara bersamaan.

Turun mandi ialah upacara untuk memandikan seorang anak laki-laki yang akan di khitan dan pada saat itu juga diadakan upacara  gusaran yang dilakukan oleh adik/kakak perempuan dari anak tersebut.

Biasanya angklung buncis dipentaskan di depan Delman/mobil yang membawa seorang anak yang akan di khitan. Kesenian tersebut dipertunjukkan dengan cara memainkan angklung dengan alat musik lainnya seperti kendang dan dog-dog.

Dalam kesenian angklung buncis, pementasan angklung buncis juga diiringi oleh penari dan badut yang mengenkan topeng berbentuk binatang dan kuda lumping, iring-iringan ini dilakukan hingga anak yang akan dikhitankan sampai di pemandian yang sering disebut sebagi sumur Siuh.

7. Alat Musik Angklung ⇒ Angklung Bungko

cara memainkan angklung, jenis alat musik angklung bungko
jabar.tribunews.com

Alat musik bungko merupakan alat musik yang berasal dari daerah Bungko, Cirebon Utara. Kesenian angklung bungko ini adalah sebuah bentuk ungkapan luapan emosi masyarakat bungko setelah memenangkan peperangan melawan pasukan Pangeran Pekik (Ki Ageng Petakan).

Kesenian angklung bungko ini masih dilestarikan hingg sekarnag dengan memiliki penambahan unusr keseniannya yaitu unsur musik dan tarian. Dari keduanya tersebut disesuiakan dengan latar belakang lahirnya kesenian angklung bungko. Jadi, tarinya pun menggambarkan tentang keberhasilan mematahkan serangan pasukan Pangeran Pekik.

Adapun tarian yang dimainkan pada kesenian Angklung Bongko terdapat bebrapa gerkan yang mempunyai makna, seperti :

  • gerakan panji menggambarkan sikap berdzikir
  • gerakan benteleye menggambarkan sikap melakukak tindakan dalam menghadapu rintangan dalam perjalanan.
  • gerakan bebek ngoyor penggambaran sikap jerih payah untuk mencapai suatu tujuan.
  • gerakan ayam alas yaitu gambaran kelincahan dalam mencari suatu sasaran yang terpilih dengan tepat.

Cara Memainkan Angklung

Cara memainkan angklung dan teknik memainkan angklung

Setelah membahas tentang sejarah alat musik angklung, jenis-jenis angklung, sekarang kita beralih ke pembahasan selanjutnya yaitu cara memainkan angklung. Untuk pembahasan lebih lanjut berikut cara memainkan alat musik angklung :

Cara Memainkan Angklung Tahap Awal /Persiapan

Untuk memulai memainkan angklung kita harus memasuki tahap persiapan. tahap persiapan ini perlu diperhatikan sebab sebuah persiapan yang bagus akan diakhiri dengan bagus pula. Adapun beberapa persiapan dalam cara memainkan angklung sebagai berikut :

Mengatur Posisi Angklung

Persiapan cara memainkan alat musik angklung pertama adalah mengatur posos angklung. Dimana posisi angklung yang akan dimainkan harus lurus dan tidak miring.

Lalu letakkan tabung bambu angklungyang paling tinggi disebelah kanan kalian sedangkan yang kecil diletakkan disebelah kiri kalian.

Mengatur Posisi Tangan

Persiapan kedua untuk cara memainkan angklung yaitu mengatur posisi tangan. Pastikan bahwa tangan sebelah kiri kalian memegang angklung tepat pada bagian simpul atas  dan tangan kanan kalian memegang angklung pada bagian bawahnya. Usahakan agar kedua tangan kalian tetap lurus.

Menggetarkan Angklung

Cara memainkan angklung pastinya harus digetarkan ya.. tetapi menggetarkannya tidak sembarangan pastinya ada teknik menggetarkan angklung. Teknik penggetaran angklung yang benar akan menghasilkan nada yang cukup nyaring, penggetaran hanya dilakukan oleh tanan kanan kalian, sedangkan tangan kiri hanya bersifat memegangi Angklung.

Jika ingin melakukan getaran secara cepat bisa menggunakan pergelangan tangan, tidak perlu menggerakkan seluruh bagian tangan kalian.

Cara Memainkan Angklung Tahap Inti (Penggerakan Angklung)

Nah, setelah kalian mempelajari teknik cara memainkan angklung tahap awal, sekarang kita beranjak ke tahap cara menggerakan angklungnya. Namun dalam menggerakannya perlu teknik cara memainkan angklung. Berikut ini beberpa teknik yang bisa digunkan dalam memainkan angklung.

Getaran Panjang

Teknik getaran panjang merupakan cara memainkan angklugn dengan menggerakkan angklung secara panjang dengan nilai nada yang sedang dimainkan. Sehingga nada tersebut akan bersambung dengan nada yang berikutnya yang hendak dibunyikan.

Staccato

Teknik staccato merupakan teknik memainkan angklung yang berbeda dengan lainnya. Cara memainkannya bukan digetarkan melaikan diketok, sehingga nada yang dihasilkan tidaklah terlalu panjang. Jika ingin mengeluarkan bunyi yang pendek posisikanlah angklung sedikit lebih miring pada tabung dasar kanan dan dipukulkan ke tangan kalian.

Tangkep

Tangkep merupakan teknik cara memainkan angklung dengan cara menahan atau menutup tabung yang kecil agar tidak mengeluarkan bunyi. Teknik ini dilakukan supaya menghasilkan suara angklung yang lebih halus.

Cara Memainkan Angklung Dengan Kode Isyarat

Setelah mengetahui cara memainkan anglung dengan beberapa teknik mulai dari teknik persiapan, teknik inti, kali ini berlanjut ke cara memainkan angklung dengan kode isyarat. Kode isyarat ini sangatlah perlu kalian ketahui juga jika kalian memainkan alat musik angklung secara grup atau sekelompok.

isyarat yang dipakai dalam bermain alat musik angklung terdiri dari dua metode, metode pertama yaitu dengan menggunakan partitur yang memiliki ukuran besar, sedangkan metode kedua hanya menggunakan tangan.

Kode isyarat ini ditemukan oleh seoran musisi bernama Daeng Soetigno. Daeng Soetigno membuat kode isyarat tersebut berupa gambar bintang yang disesuikan dengan tingginya nada, berikut kode isyarat memainkan angklung :

cara memainkan angklung dengan Kode Isyarat Pak Daeng Soetigno.
percepat.com
  • Do = ikan
  • Re = bebek
  • Mi = ayam jago
  • FA = kucing
  • SOL = tikus
  • LA = capung
  • SI = burung
  • DO = elang

Unikkan? jadi. dengan isyarat tersebut Daeng Soetigna tidak perlu menuliskan lagi angka-angka pada partitur besar, namun cukup menuliskan beberapa gambar seperti diatas.

Cara Memainkan Angklung Dengan Kode Interaktif

Karena dirasa masih cukup susua menggunakan metode isyarat dalam memainkan alat musik angklung maka disempurnakan kembali oleh Mang Udjo pendiri Saung Angklung Udjo.

Motode yang beliau ciptakan mengadopsi dari Curwen’s Solfege Handsigns yang telah disempurnakan kembali menjadi metode Koda’iy. Cara memainkan angklung dengan metode ini yaitu menggunakan tangan sebagai isyaratnya. Biasanya untuk memberikan koder isyarat tinggi dan rendah nada, untuk ebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :

cara memainkan angklung dengan Kode interaktif .
percepat.com

Metode ini dibilang cukup efektif karena banyak dipakai di berbagai pertunjukan Nasional maupun Internasional, tetapi penggunaan metode ini sangat sulit sekali jika dimainkan dengan lagu yang pergantian nadanya cepat karena orang-orang tidak akan mampu menangkap gerak tangan yang terlalu cepat.

Cara Membuat Angklung

cara memainkan angklung dan cara membuat angklung
bisbandung.com

Tidak sekedar mengetahui cara memainkan angklung saja. Sebagai pelengkap informasi kita akan menyajikan sedikit tentang pembuatan alat musik angklung. Angklung adalah alat musik dengan bahan baku yang sangatlah mudah ditemukan yaitu bambu, sehingga tidak menutup kemungkinan kalian bisa membuat alat musik angklung ini juga.

Pemilihan Bahan Baku

Seperti yang kalian ketahui bambu adalah bahan utama dala pembuatan angklung, jenis bambu yang dipakai dalam membuat angklung adlah bambu hitam yang memliki usia 4-5 tahun.

Tidak hanya usia dan umur bambu, waktu pemotongan pun mempengaruhi kualitas alat musik angklung.  Jadi, saat memtong diperhatikan waktunya yaitu pada jam 09.00-15.00 hal itu dilakukan supaya kandungan air yang terdapat didalam bambu tidak banyak.

Proses Pembuatan

Angklung sendiri dibuat terdiri dari tiga bagian yaitu bagian tabung suara, kerangka untuk menyatukan bambu-bambu dan dasar angklung.

Proses Penyematan

Proses penyematan merupakan proses selajutnya dalam membuat alat musik angklung. Proses ini adalah proses pembuatan nada-nada pada bilah tabung, di tahap ini membutuhkan bantuan alat tuner.

Ketika ingin mendapatkan nada yang tinggi pada bagian atas tabung maka kalian harus memotong sedikit, jika ingin mendapatkan nada rendah kedua tabung diserut sampai nada rendah didapatkan.

Proses Penyusunan

Tahapan ini adalah tahapan terakhir dalam membuat alat musik angklung, proses ini yaitu menyususn tabung nada dengan kerangka yang diikat menggunakan rotan.

Tokoh-Tokoh Pemain Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang sudah melegenda sejak jaman Hindu hingga sekarang. Siapa penemu asli angklung tidak ada dalam catatan sejarah. Tetapui, dibawah ini adalah tokoh-tokoh yang memperkenalkan alat musik angklung hingga bisa terkenal hingga saat ini, Berikut tokoh angklung modern:

Pak Daeng Soetigna

tokoh pemain angklung yang cukup legendaris adlah pak Daeng Soetigno
solopos.com

Adalah empu yang menciptakan angklung diatonis di Kuningan Jawa Barat sekitar tahun 1938. Sebelum era Pak Daeng, angklung memiliki nada pentatonis. Beberapa jenis angklung malah hanya terdiri atas beberapa angklung dan dimainkan secara ritmis. Pak Daeng memperkenalkan sistem angklung yang terdiri atas:

Angklung melodi : untuk memainkan nada-nada utama, tabung suaranya terdiri atas tabung besar sebagai nada utama, dan tabung kecil yang satu oktaf lebih tinggi sebagai penguat.
Angklung akompanimen: untuk memainkan akord pengiring, dimana tabung-suaranya terdiri atas 3 atau 4 kombinasi nada sesuai akord.

Mang Udjo

tokoh pemain angklung terkenal yaitu mang udjo

Mang Udjo adalah pejuang yang dengan sekuat tenaga mengusahakan agar angklung bisa exist. Keteguhan hati beliau saat ini berbuah manis, karena Saung Angklung Udjo kini menjadi ikon budaya angklung di Bandung. Mang Udjo belajar membuat angklung dari Pak Daeng, dan menyesuaikannya dengan kondisi di Bandung, antara lain dengan memperpendek tabung suaranya. Peran besar Mang Udjo adalah dalam mendidik masyarakat sekitarnya untuk membuat dan memainkan angklung. Kini banyak masyarakat Padasuka Bandung yang aktif sebagai pengrajin angklung, maupun tampil dalam pentas-pentas angklung ke seluruh dunia.

Pak Handiman

Pak Handiman, tokoh penjaga alat musik angklung
kompasiana.com

Ketika pak Daeng Soetigna meninggal dunia, Istri beliau menyerahkan angklung dan peralatan milik beliau ke Pak Handiman, yang saat itu adalah seorang guru karawitan. Warisan itupun kemudian dilakoni Pak Handiman dengan penuh idealisme, yakni ingin mengembangkan angklung sebagai alat musik kelas tinggi. Untuk itulah Pak Handiman tak henti mencoba berbagai hal untuk membuat angklung berkualitas. Syarat awal membuat angklung yang timbre-nya enak adalah bahan bambunya. Pak Handiman-pun mengkatalogkan berbagai jenis bambu dari berbagai daerah. Kemudian kunci kedua adalah pembuatan tabung suara yang harus dilakukan oleh pengrajin dengan telinga musisi, sehingga nada angklung tepat dan bisa mengaung merdu. Untuk itu Pak Handiman membakukan ukuran angklung yang optimal, maupun metode penyeteman angklung yang sistematis.

Pak Obby

Pak Obby, guru alat musik angklung yang melestarikan alat musik angklung hingga sekarang

Pak Obi adalah salah satu sesepuh guru/pelatih angklung di Bandung. Beliau sangat giat dalam berbagai hal demi angklung, mulai dari mengurus organisasi, menjadi juri lomba, sampai menulis buku.

Pak Eddy Permadi

Seorang pengaransemen musik angklung, sekaligus pelatih tangan kanan Pak Obby. Beliau pelatih yg membesarkan Kabumi dan setelah itu membesarkan dan pelatih Gentra Seba STBA smp sekarang. Orang-nya humble dan low profile, padahal ilmu angklung-a tinggi banget ..

Pak Yoes Roesadi

tokoh pencetus alat musik angklung legendaris yaitu Pak Yoes Roesadi

Pak Yoes adalah pencetus sekaligus pemain angklung solo, yaitu metode memainkan angklung yang digantung sedemikian rupa sehingga bisa dimainkan seorang pemain saja. Ketrampilan ini dilakukan bersama rekan-rekannya dalah grup musik Aruba (Alunan rumpun bambu), yang cukup terkenal di tahun 1960-an. Grup ini memainkan musik basanova dengan alat musik latin, sementara angklung solo ditonjolkan sebagai penampil utama.

Pak Mochamad Burhan

Pak Mochamad Burhan menggagas ensemble Arumba (Alunan rumpun bambu) sekitar akhir 1960-an di Cirebon. Namanya memang mirip dengan nama grup bentukannya Pak Yoes, sehingga ada sedikit klaim-klaiman di antara mereka. Lepas dari masalah nama, ensemble ini sukses memadukan berbagai alat musik bambu tradisionil Indonesia, yaitu :

  • Angklung
  • Bass lodong
  • Gambang melodi
  • Gambang pengiring
  • Ditambah gendang (yang ini bukan bambu … tapi boleh lah, masih tradisionil)

Dengan rintisan tersebut, kini suatu band bambu bisa diwujudkan.

Pak Sam Udjo, Kang Yayan Udjo dan Kang Daeng Udjo

Mereka bertiga adalah anak-anak Mang Udjo yang bergelut langsung dengan musik angklung (Ada beberapa anak Mang Udjo lain, namun lebih bertanggung jawab menjalankan operasi Saung Angklung Udjo). Pak Sam adalah pakarnya angklung pentatonis, sementara Kang Yayan Udjo suka berkreasi memodifikasi alat musik bambu, dimana salah satu ciptaaanya adalah angklung toel. Untuk pertunjukan, Kang Daeng lah orang yang jago melatih/memimpin pertunjukan angklung.

Penutup dan Kesimpulan

Untuk artikel kali ini banyak sekali pengetahuan yang kita ambil yaitu :

Sejarah alat musik angklung : Tidak tercatat siapa pencipta angklung namun pada abad abad ke 12 sampai ke- 16 lebih tepatnya dimasa Kerajaan Prabu Siliwangi sedang jaya-jayanya, alat musik angklung sudah terabadikan. Terbentuk alat musik di tanah Pasundan atau tanah sunda ini didasari oleh pandangan masyarakat yang sebagian besar pekerjaanya sebagai petani padi.

Dalam masyarakat Sunda juga terkenal dengan mitos Nyai Sri Pohaci, yaitu lambang kesuburan padi, sehingga di nobatkan sebagi Dewi Padi pemberi kehidupan. Jadi, mereka menjadikan alat musik angklung sebagai ritual saat penanaman padi.

Pengertian Alat musik angklung : Alat musik angklung adalah alat musik yang berasal dari bahasa Bali atau berasal dari bahasa hindu, yang terdiri dari dua kata Angka (Nada) dan Lung (putus). Alat musik angklung juga merupakan alat musik idiofon yaitu alat musik yang menghasilkan suara dari bahannya.

Jenis-jenis angklung : Angklung memiliki beberapa jenis yaitu angklung buncis, angklung kenakes, angklung pak daeng, angklung dogdog lojor, angklung gubag, angklung bungko, dan angklung badeng. Dari semua jenis angklung tersebut pastinya mempunyai perbedaan mulai dari bentuk, cara memainkan, dan fungsinya.

Cara memainkan angklung :   Cara memainkan angklung terdiri dari dua tahap yaitu tahap pertama (persiapan) dan tahap inti (penggerakan angklung). Di dalam tahap persiapan kalian harus mempersiapkan posisi tangan, angklung, dan posisi menggetarkan angklung. Jika di tahap penggerakan ada dua metode dengan metode kode isyarat dan interaktif.

Cara Membuat angklung : Cara membuat angklung memakai bahan utama bambu kemudian dipotong dengan beberapa potongan lalu disatukan dengan rotan.

Tokoh Pemain angklung : tokoh pemain alat musik angklung ada banyak yaitu Pak Daeng Soetigna, Mang Udjo, Pak Handiman, Pak Obby, Pak Eddy Permadi, Pak Yoes Roesadi, dan Pah Moch.Burhan.

Semoga setelah membaca artikel ini kalian bisa lebih cinta dengan alat musi angklung, lebih menjaga, dan melestarikan alat musik angklung. BSampai Jumpa di artikel selanjutnya.

 

 

Yakin nggak mau komen nih