Cara Memainkan Alat Musik Sasando Anti Maestream Bagi Pemula

Cara Memainkan Alat Musik Sasando Anti Maestream Bagi Pemula

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Informasi mengenai alat musik Sasando, setelah kemarin membahas 26 jenis alat musik petik di Indonesia.

Saya memilih membahas alat musik sasando, sebab sasando adalah alat musik yang tidaklah mudah dalam memainkannya. Dibutuhkan harmonisasi antara perasaan pemain alat musik dan teknik memainkannya sehingga terciptalah alunan nada yang merdu.

Keterampilan jari-jemari dari para pemain juga sangat diperlukan, dalam memainkan alat musik sasando ini. Memetik sasando tidak semudah memetik buah apel.hehe..

Cara memetiknya pun tidak sama dengan alat musik petik lainnya yang hanya 1 tangan saja. Akan tetapi, Sasando dimainkan dengan menggunakan dua tangan yang berlawanan. Ketikan memainkan tangan kanan berperan memainkan acorrd sedangkan tangan kiri untuk pengatur melodi dan bass.

Hal itulah yang menjadikan alat musik sasando Berbeda dengan alat musik kebanyakan.

Penasaran, Bagaimana cara memainkannya? Sama… Eits tetapi sebelum kita masuk ke inti pembahasan, yuk kita pelajari Sejarah alat musik sasando, Perkembangan alat musik sasando, fungsi alat musik sasando, dan cara memainkannya, biar afdol belajarnya.hehe..

Sejarah Alat Musik Sasando


cara memainkan alat musik sasando dengan memahami sejarah alat musik sasando, perkembangan, dll

Berdasarkan sejarah ada beberapa versi yang menceritakan Asal-usul munculnya alat musik sasando ini. Akan tetapi yang paling diketahui oleh masyarakat yaitu cerita antara pemuda Sangguana dan Putri dari Raja Takalaa.

Cerita diawali dengan terdamparnya seorang pemuda Sangguana di pulau Ndana. Kemudian, pemuda tersebut dibawa oleh penduduk dihadapan Raja Takalaa raja di pulau Ndana pada saat itu.

Setelah sampai di Istana bertemulah pemuda Sangguana dengan putrinya sang Raja. Inilah awal mula Sangguana mulai jatuh cinta dengan sang putri, dan menginginkan sang putri menjadi istrinya.

Akan tetapi Raja Takala memberikan persyaratan jika menginginkan putrinya tersebut. Permintaan tersebut yakni Sangguana diminta membuat sebuah alat musik yang berbeda dari yang lain.

Pada malam hari setelah mendapat tantangan tersebut Sangguana bermimipi memainkan alat musik yang indah sekaligus mempunyai suara yang merdu.

Mimpi tersebut mengilhami Sangguana untuk membuat alat musik untuk diberikan kepada Putri sang Raja.

Alat musik pun jadi dan diberi nama sasandu atau sasando. Kemudian alat musik tersebut diberikan kepada Putri sang Raja. Kemudian sang putri memberi nama Hitu (tujuh) makna dari pemberian nama tersebut karna 7 (tujuh) dawai sasando bergetar bersamaan saat dipetik.

Sangguana pun akhirnya mempersunting Putri Raja, karena berhasil memenuhi keinginan sang Raja.

Perkembangan Alat Musik Sasando


cara memainkan alat musik sasando elektrik
arsip-interaktif.kompas.id

Perkembangan alat musik sasando bisa dibilang sangat pesat, setiap tahun alat musik ini mengalami perubahan dalam jumlah dawai, bentuk, dan laib sebagainya. Kini alat musik sasando tidak hanya sebagai alat musik tradisional adapula yang dimodif dan menjadikan alat musik ini modern.

Perkembangan tersebut diawali dengan jumlah dawai 7 (pentatonik) atau bisa disebut sasando gong berkembang menjadi 11 dawai. Sasando gong sendiri adalah alat musik sasando yang dimainkan dengan irama dari alat musik gong. Sansando gong sangat populer di Kepulau Riau pada zamannya.

Pada abad ke 18 alat musik ini berkembang lagi dari sasando gong menjadi sasando biola. Disebut dengan sasando biola sebab  nada-nada yang ada pada sasando meniru nada pada biola. Sasando biola lebih berkembang di daerah kupang.

Berkembangan tersebut masih berlanjut pada jumlah dawainya yang dari 30, 32, hingga 36 dawai.

Di tahun 1958 samapi tahun 1960 Arnoldus Edon menemukan inovasi baru yaitu alat musik sasando elektrik yang berjumlah 30 dawai yang menghasilkan suara yang sempurna. Kemudia alat musik sasando listrik buatan perdananya langsung di bawah ke Jakarta oleh Thobi Messakh (tokoh adat dari Rote).

Jenis Alat Musik Sasando


Alat musik sasando adalah alat musik dari indonesia tetaptnya pulau rote
www.kumparan.com

Perkembangan alat musik sasando belum berakhir dari situ, kini munculah berbagai macam jenis alat musik sasando. Jenis alat musik sasando dibedakan menurut jumlah sinarnya. Semakin berbeda dawai/senarnay membuat bunyi yang dikeluarkan sangat bervariasi.

Alat musik sasando ini adalah alat musik yang bisa masuk ke genre musik apapun mulai dari musik tradisional, pop, slowrock, bahkan dangdut. Maka dari itu munculah jenis-jenis alat musik untuk melengkapai genre musik tersebut.

Ini dian jenis sasando yang umum diketahui :

1.Alat Musik Sasando Engkel

Alat musik Sasando engkel adalah alau musik sasando yang memiliki jumalah dawai 28. Alat musik ini belum banyak yang mahir meminkannya, tetapi jika ada yang mahir dengan sedikit dawai saja, bisa membuat telinga kalian panjang.

2. Alat Musik Sasando Dobel

Alat musik sasando dobel memiliki dawai yang lebih banyak dibandingkan dengan sasando engkel. Sasando dobel memiliki dawai kurang lebih 56 hingga 84 dawai yang dapat dimainkan semua.

3. Alat Musik Sasando Gong atau Haik

Alat musik sasando gong atau haik adalah alat musik yang bisa dibilang berat, berat yang dimaksud adalah berat suaranya bukan alat musiknya loh. Memiliki bunyi yang berat sebab bunyinya hampir sama dengan bunyi gong pada tiap petikannya.

4. Alat Musik Sasando Biola

Alat musik biola adalah alat musik yang hampir sama dengan alat musik gong dalam hal bunyinya yaitu menghasilkan bunyi yang berat. Akan tetapi masih ada perbedaan dari alat musik ini yaitu perbedaanya jumlah dawai sasando lebih banyak dibandingkan sasando gong.

Cara Memainkan Alat Musik Sasando 


jenis-jenis alat musik sasando terbagi menjadi 4 yaitu sasando gong, sasando biola, sasando elektrik, dll
www.akurat.co

Cara memainkan alat musik Sasando memang tidak lah mudah, sebab tidak seperti jenis alat musik petik yang lainnya yang dimainkan dengan tangan satu, tetapi alat musik sasando dimainkan dengan dua tangan sekaligus.

Petunjuk dibawah ini tidak menjadi satu-satunya pedoman yang harus dipelajari. Banyak sekali versi untuk belajar alat musik sasando ini.

Yang akan saya sampaikan kali ini adalah tutorial bagi para pemula yang pertama kali mengenal alat musik sasando. yuk, langsung saja..

Pada alat musik sasando terdapat 3 irama yang harus dimainkan yaitu melodi, rithim, dan bas.

Irama tersebut bisa diharmonisasikan dengan memainkan jari dalam perpindahan nada tinggi ke nada yang rendah.

cara memainkan alat musik sasando
arsip-interaktif.kompas.id

Masih bingung ya?

ya udah kita awali dengan mengenal atau menghafal susunan dan tempat nada-nada sasando terlebih dahulu saja.

Tempat nada-nada terbagi menjadi dua yaitu tempat nada pada tangan kanan dan tangan kiri.

Tempat nada di tangan kiri :

  1. Nada B yang terdapat nada 7 bertumpu pada tangan kiri yaitu jari telunjuk.
  2. Nada D1, C1, G2, F, G, Fis, B, C, D dan seterusnya sampai nada tertinggi yang menghasilakan melodi dan bas dimainkan dengan tiga jari tangan kiri.
  3. Jari telunjuk bertugas hanya satu nada ialah nada B atau 7. Selesai jari telunjuk memetik nada B atau 7, jari telunjuk harus cepat bertumpu kembali keatas dawai itu lalu jari tengah dan ibu jari berpindah-pindah memainkan perannya sesuai dengan lagu yang dimainkan.
  4. Nada F, Fis, G, G2, C bahkan bisa mencapai nada D1 yaitu 4, 4, 5, 5, 1,2 Nada F, Fis, G membunyikan melodi sedang nada C1 G2 dan D1 sebagai pelengkap bas diperankan oleh Jari tengah tangan kiri.
  5. Nada c, d, e, f dan seterusnya sampai pada nada tertinggi semata-mata memainkan melodi diperankan oleh Ibu jari tangan kiri .
  6. Jadi yang berperan aktif dalam memetik melodi nyanyian dengan jelas yaitu ketiga jari tangan kiri, Sedangkan nada C1, G2, dan D1 hanya merupakan pelengkap bas.

Tempat nada di tangan kanan :

  1. Sama seperti tangan kiri, nada-nada A,E, D, C diperankan oleh ibu jari tangan. Selain itu Tugas pokok tiga jari tangan kanan untuk memainkan nada-nada pengiring atau irama lagu dan sewaktu-waktu sebagai nada pelengkap melodi dan bas.
  2. Untuk nada A hanya sebagai pelengkap dan juga sebagai nada pengiring.
  3. Nada C, B1, A diperankan oleh jari telunjuk tangan.
  4. Sedangkan, nada 1,G1, G1, E, D1, sebagai nada pengiring dan bas dimainkan Jari tengah tangan kanan.
jenis alat musik sasando dan cara memainkannya
www.fakhrianindita.com

Nah itu dia susunannya untuk cara memainkan sasando sendiri dengan menggerakan tiga jari tangan kanan berpindah-pindah, perpindahannya pun tidak terlalu jauh dari senar satu ke senar yang lainnya.

Akan tetapi butuh ketepatan dalam memetiknya. Ketiga jari tangan tersebut boleh memetik tiga nada serentak atau berganti-ganti sesuai irama lagu yang dimainkan mengikuti melodi yang dimainkan oleh tiga jari tangan kiri.

Susunan nada-nada paga bagian diatas untuk dapat memainkan nyanyian dengan 2 nada dasar yaitu nada dasar c = do dan nada dasar g = do petunjuk diatas adalah c = do. Untuk memainkan nyanyian dengan nada dasar lain misalnya d = do atau a = do dan lain-lain maka dawai sasando harus di stem kembali. Kunci yang dapat dimainkan adalah C, D, G, F. Accord yang dipakai A, D7, Dm, D, Am, C. G, Em, Dm, C7, F7.

Itu dia susunan nada dalam alat musik sasando. Sebenarnya poin terpenting dalam memainkan alat musik sasando yaitu menggerakkan jari tangan dengan lincah dan lihai. Akan tetapi untuk membentuk tangan seperti perlu adanya latihan.

Fungsi Alat Musik Sasando


alat musik sasando berasal dari pulau rote cara memainkannya dengan dipetik

kerajinan sasando mini - belajar memainkan sasando
www.thelostraveler.com

Alat musik sasando merupakan alat musik yang memiliki bentuk yang unik yaitu dari lengkungan daun lontar yang diambil setengahnya. Rongga lengkungan tersebut menjadi pengatur resonansi.

Jadi tidak salah jika alat musik sasando memiliki macam-macam fungsi, yaitu :

1. Fungsi Upacara Adat

Alat musik sasando ini berasal dari pulau dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Memang termasuk menjadi alat musik tradisional di pulau tersebut yang berfungsi untuk mengiringi acara upaca adat. Upacara adat tersebut seperti upacara adat pernikahan, upacara penyambutan tamu, dan upacara adat lainnya.

2. Fungsi Hiburan

Alat musik memang digunakan sebagai wadah hiburan untuk sebagian orang, bisa dikatan music in my life hidupku adalah musik. Jadi tidak salah kalau fungsi alat musik sasando ini sebagai hiburan sama dengan fungsi alat musik pada umumnya.

3. Fungsi Finansial

Alat musik sasando merupakan alat musik yang bisa mendapatkan finasial bagi masyarakat. Apalagi masyarakat yang mahir dalam memainkan dan membuat alat musik sasando.

Mereka bisa membuat sasando dan menjualnya di dalam negeri, bahkan bisa dijual ke luar negeri sekaligus.

Jika ada yang jago memainkan sasando bisa tuh membuka usaha les belajar alat musik sasando.

3. Kebanggan Bangsa Indonesia

Alat musik sasando sudah menjadi kebanggan untuk warga negara Indonesia karena alat musik ini memiliki ciri khas pada bentuk dan nada, sasando bisa menghasilkan perpaduan nada yang lengkap dalam bentuk melodi dan juga iringannya.

Hal tersebutlah menjadikan daya tarik bagi masyarakat Indonesia bahkan luar negeri.

Kebanggan tersebut terbukti dengan adanya  Konser WOW 2013 di Malam Apresiasi Wonderful Indonesia ini menjadi penanda akan dikenalnya sasando di mata dunia. Selanjutnya akan lebih banyak acara yang diisi oleh penampilan pemain sasando.

Nah itu dia informasi tentang Alat musik sasando mulai dari sejarah, perkembangan, jenis-jenis sasando, cara memainkan sasando dan fungsi alat musik sasando.

Padahal tadi saya ingin membahas cara memainkan alat musik sasando, tetapi malah membahas itu semua. hehe.. Semoga bermanfaat untuk kalian sekaligus yang membuat artikel ini.

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu