√30 + Jenis Lovebrid Mengenal Ciri Khas, Keunikan Hingga Cara Merawatnya!

√30 + Jenis Lovebrid Mengenal Ciri Khas, Keunikan Hingga Cara Merawatnya!

Hallao sahabat hownesia kembali lagi nih dengan artikel yang kemarin membahas kebudayaan Indonesia kini beralih ke keragaman fauna dan flaura yang pastinya tidak kalah menarik untuk kita bahas di hownesia.

Keragaman yang kita bahas yaitu jenis burung yang berada di Indonesia yakni Jenis Lovebird. Lovebird atau biasa disebut burung cinta ini merupakan jenis burung Beo atau Nuri yang termasuk dalam genus agapornis.

Burung ini juga dinamakan burung cinta juga, sebab perlakuan dari burung lovebird ini penih dengan cinta dan kasih sayang. Burung jenis lovebird ini salin gberdekatan dan menayangi satu sama lain.

Keberadaan dari jenis lovebird ini bisa kalian jumpai dari daerah asalnya yaitu dari Benua Afrika dan masih ada sembilan spesies yang berhasil diidentifikasi. Spesies kelebihannnya yakni hasil dari perkawinan silang atau rekayasa genetika.

Jenis Lovebird memang terkenal dengan kicaunnya, namun burung lovebird juga terkenal dengan variasi warnanya yang cerha. Aaplagi jika terjadi perkawinan dari dua ras yang berbeda. Maka jenis lovebird yang dihasilkan memiliki warna yang beragam.

Di Indonesia, banyak sekali yang menggemari burung yang satu ini, tidak heran juga jika banyak komunitas pecinta Burung Lovebird di masing-masing daerah di Indonesia. Peluang tersebut tidak disia-siakan untuk para pembisnis peterna yang mengambil keutungan dari burung yang mahal ini.

Nah untuk kalian pecinta burung lovebird, maka tidak afdol tuh kalau tidak tau jenis burung lovebird yang memiliki 30 jenis dengan deskripsi yang akan dibahas dalam artikel ini. Yuk langsung saja ini dia jenis lovebird atau burung cinta.

30 Jenis Lovebird di Indonesia yang Indah dan Menawan

Jenis Lovebird Slaty

mengenal ciri-ciri bentuk dari Jenis Lovebrid Slaty
jenis lovebrid slaty

Burung lovebird slaty adalah jenis burung lovebird yang memiliki warna yang polos dan tidak mencolok. Jika dilihat sekilas corak dan warnanya sama dengan lovebird cobalt namun warna yang agak memudar. Loverbird slaty juga hampir sama denga burung albino karena memiliki bulu pada tubuh yang berwarna putih.

Sayap dari burung lovebird slaty berwarna abu-abu kebiruan dengan ujung kepalanya berwana hitam. Slaty juga masih dikategorikan dalam jenis lovebird dengan paruh putih dan mata bulat hitam dengan lingkaran matanya yang putih.

Jenis Lovebird Misty

Mengenal ciri-ciri dan bentuk dari Jenis Lovebrid Misty
Jenis Lovebrid Misty

Yang tadi burung lovebird slaty, kini berlanjut ke burung lovebird misty.  Burung misty ini merupakan hasil dari mutasi genetik salah satu ras. Sesuai dengan namanya “mist” berasal dalam bahasa inggris yang berarti kabut, jadi lovebird ini memiliki bulu yang menyerupai kabut.

Warnanya juga terlihat lusuh namun bisa memancarkan efek kemerahan jika terkena sinar atau cahaya. Kebanyakan burung misty juga memiliki dasar warna kuning mengkilap dengan kepala dan ekor yang berwarna hitam.

Jenis Lovebird Pale Fallow

mengenal ciri-ciri bentuk dari Jenis Lovebird Pale Fallow
Jenis Lovebird Pale Fallow

Burung Pale fallow merupakan jenis burung yang juga hasil dari mutasi dua ras yaitu ras albino dan latino.  Jenis burung ini terlihat anggun dan bersih, sebab memiliki warna putih dengan sayap berwarna biru, abu-abu, atau kuning memudar. Termasuk gen albino juga, namun ras lovebird pale mempunyai kuku dan paruh yang masih berwarna kuning terang dan matanya berwarna merah cerah.

Jenis Lovebird Import Holland dan Taiwan

Mengenal jenis-jenis lovebrid
Jenis Lovebird Import Holland dan Taiwan

Jenis lovebird yang satu ini merupakan hasil impor dari Belanda dan Taiwan maka dinamai burung lovebir import Holland dan Taiwan. Kelebihan dari jenis lovebird ini yaitu memiliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis lovebird yang lainnya.

Warna dari burung ini lebih mengkilat, bersih, dan cerah. Ciri-ciri dari spesies ini hampir sama emang, yaitu ubuh berwarna hijau, kepala merah atau hitam, serta leher dan dada yang berwarna kuning.

Jenis Lovebird Euwing

mengenal keunikan Jenis Lovebird Euwing
Jenis Lovebird Euwing

Burung Euwing atu bisa disebut ewing, adalah jenis loverbird pertama kali yang ditemukan oleh peternak asal Belanda, Piet Verhijde. Burung tersebut juga hasil perkawinan dari lovebird hijau yang standar dengan lovebird lutino.

Nama burung ini euwing yang berasal dari kata Eumelamin dan Wing yang berarti memiliki corak sendiri pada sayap. Dimana sayap dan ekor pada lovebird ini bercorak hitam dan kuning.

Jenis Lovebird Dakocan

mengenal ciri-ciri dari Jenis Lovebird Dakocan
Jenis Lovebird Dakocan

Lovebird dakocan memiliki warna yang didominasi hijau pada sayap dan tubuhnya sampai dengan bagian lehernya yang oranye. Selain didominasi warna hijau, juga ada yang didominasi warna biru dengan leher putih.

Pada bagian kepala loverbird dakocan terdapat tuddung hitam dengan mata yang memiliki lingkaran putih. Sedangkan paruhnya berwarna merah dan ekor hitam. Dakocan ini termasuk jenis lovebird yang peka atau sensitif, namun ia masih bisa ramah dan suka berkelompok.

Jenis Lovebird Dakori

ciri-ciri burung Jenis Lovebird Dakori
Jenis Lovebird Dakori

Jenis lovebird ini sama dengan dakocan yaitu memiliki warna dasar hijau dengan dada berwarna kuning. Perbedaanya dengan dakocan, hanya pada warna kuning di dada burung dakori nampak sangat bersih dan tidak ada efek oranye.

Pada kepala burung lovebird dakori juga terdapat tudung hitam dengan mata bulat hitam berkacamata putih. Adapun paruhnya juga sama berwarna merah dengan burung dakocan. Walaupun harganya mahal dibandingkan dakocan, burung ini banyak penggemar atau komunitasnya.

Jenis Lovebird Biola

ciri-ciri lengkap dari burung Jenis Lovebird Biola
Jenis Lovebird Biola

Nama yang unik sama seperti alat musik biola, bukan berarti bentuknya seperti biola ya..hehehe.

Burung Lovebird ini masih masuk ke dalam ras sable atau fischeri.  Sama seperti burung lovebird lainnya memiliki warna hijau namun ini berbeda, warna hijaunya tercampur dengan hijau muda dan kuning cerah.

Bagian tudung kepalanya berwarna merah cerah atau pekat. Ada jenis lain dari burung lovebird ini yang memiliki warna biru, kepala dan ekornya berwarna putih, serta punggungnya berwarna hitam.

Jenis Lovebird Halfsider

Jenis Lovebird Halfsider adalah mutasi lovebird paruh merah dan paruh putih
Jenis Lovebird Halfsider

Kalian tau tidak burung Blorok, nah loverbird halfsider ini masih sejenis dengan burung tersebut. Burung tersebut merupakan mutasi lovebird paruh merah dan paruh putih. Sesuai dengan namanya halfsider, dimana burung ini memiliki gradasi dua warna yang dominan pada sisi kanan atau sisi kiri saja. Adapun gradasi halfsider banyak ditemui pada warna pastel kuning, biru, dan hijau serta pastel biru.

Jenis Lovebird Parblue

Jenis Lovebird Parblue memiliki Warna khas yang mendominasi warna burung lovebird ini yaitu sayapnya berwarna biru keputihan ataupun kekuningan dengan ujungnya yang berwarna hitam
Jenis Lovebird Parblue

Jenis Lovebird yang satu ini merupakan jenis lovebird hasil mutasi genetik yang mempunyai banyak ragam warna. Wajah dari burung loverbird parblu, kebanyakan berwarna kuning namun juga ada yang berwarna hitam.
Warna khas yang mendominasi warna burung lovebird ini yaitu sayapnya berwarna biru keputihan ataupun kekuningan dengan ujungnya yang berwarna hitam. Jenis lovebird parblu banyak dikembangkan di Negara Amerika Serikat , namun masih langka dan cukup mahal meskipun banyak sekali peminatnya.

Jenis Lovebird Olive

Perpaduan warna hijau gelap dengan warna kuning meghiasi tubuh burung jenis lovebird olive
Jenis Lovebird Olive

Jenis Lovebird yang bernama Olive ini juga hasil dari genetika yang menghasilkan bulu unik yaiatu ras olive. Perpaduan warna hijau gelap dengan warna kuning meghiasi tubuh burung lovebird olive. Warna hijau yang gelap terdapat pada sayap dan punggung. Sementara yang warna hitam terdapat pada ujung sayap burung lovebird Olive.

Jenis Lovebird merah

Jenis Lovebird merah memiliki ciri khas burung lovebird merah diseluruh tubuhnya berwarna merah agak orange
Jenis Lovebird merah

Jenis Lovebird yang satu ini masih misterius sebab belum tau keberadaannya dari mana, menjadi tanda tanya besar. Memiliki warna merah membuat burung ini sangat sulit ditemukan. Selain itu ciri khas burung lovebird merah diseluruh tubuhnya berwarna merah agak orange dengan beberapa ekor dan punggung memiliki gradiasi warna kuning yang lembut. Untuk sayapnya juga memilki warna yaitu warna putih. Beberapa orang mengklaim bahwa jenis lovebird ini hanyalah kesengajaan semata.

Jenis Lovebid Batman

Jenis Lovebid Batman tersebut dinamai batman, sebab memiliki tampilan layaknya pemain film batman.
Jenis Lovebid Batman

Jensi Lovebird ini memiliki nama unik “ Batman” kalian pastinya tau kan? Batman tokoh superhero di film luar negeri. Burung tersebut dinamai batman, sebab memiliki tampilan layaknya pemain film batman. Kemeripannya tersebut dipertegas dengan bagian tubuhnya di bawah sayap berwarna agak abu-abu, seperti sayapnya pemain batman.
Mata pada burung ini berbentuk bulat hitam dengan kacamata putih, untuk paruhnya melengkung berwarna putih kekuningan. Lehernya juga terdapat warna putih yang melingkar seperti jenis lovebird pada umumnya.

Jenis Lovebid Violet

Jenis Lovebid Violet memikiki Tubuh dan sayap pada jenis violet berwarna biru gelap atau violet,
Jenis Lovebid Violet

Jenis Lovebrid selanjutnya mempunyai kemiripan yang sama dengan lovebird jenis cobalt dan biru mangsi, tetapi lovebird violet lebih mahal dibandingkan dengan kedua jenis burung tersebut. Tubuh dan sayap pada jenis violet berwarna biru gelap atau violet, sedangkan pada leher dan dada bewarna putih.
Tudung kepala mereka juga berwarna hitam dengan paruh dan kacamatanya berwarna putih. Ujung sayap, punggung, dan kakinya juga berwarna hitam.

Jenis Lovebid Biru Cobalt

Jenis Lovebid Biru Cobalt memiliki warna biru tosca pada bagian tubuhnya
Jenis Lovebid Biru Cobalt

Sesuai dengan namanya jenis lovebird ini berwarna biru tosca pada bagian tubuhnya. Birunya seperti warna langit saat sedang cerah. Burung yang memiliki varian sejenis dengan burung ini sering dijumpai yakni jenis burung cobalt personata dancobalt ficheri.
Tidak semuannya berwarna biru masih ada warna lainya pada jenis lovebird ini yaitu pada bagian leher, dada, dan paruhnya yang berwarna putih. Lain dengan bagian tudung kepalanya yang berwarna hitam atau gradasi. Sayapnya juga terdapat warna hitam dengan matanya memiliki kacamata putih.

Jenis Lovebid Mangsi

mengenal ciri-ciri bentuk Jenis Lovebid Mangsi
Jenis Lovebid Mangsi

Burung Lovebird Mangsi ini memang sekilas jika dilihat dari corak warnanya menyerupai burung jenis lovebrid violet. Namun masih ada perbedaan pada jenis lovebird ini yakni pada bagian sayap dan tubuhnya yang berwarna biru samudra dengan dada, leher dan paruh yang berwarna putih.
Untuk bagian kepala tudung mereka berwarna hitam. Warna hitamnya pekat yang dinamai biru mangsi personata, dan ada pula gradasi warna hitam yang disebut biru mangsi standar atau biru mangsi ficheri.

Jenis Lovebird Albino

Jenis Lovebird Albino memiliki Warna putih yang mencakup semuanya mulai dari dada, sayap, paruh, kaki, bahkan kukunya juga.
Jenis Lovebird Albino

Burung albino juga termasuk burung lovebird yang memiliki perbedaan warna yang berbeda dengan lovebird pada umumna. Perbedaan tersebut terjadi sebab memiliki kelainan pigmen kulit yang membuat seluruh tubuhnya tampak berwarna putih. Warna putihny mencakup semuanya mulai dari dada, sayap, paruh, kaki, bahkan kukunya juga. Adapun mata pada burung albino ada yang berwarna merah dan ada pula hitam.

Memang jika dilihat sekilas tampilan burung albino sama dengan jenis lovebird pastel putih. Namun pada pastel putih masih ada bulu yang berwarna lain selain putih, tidak semacam jenis lovebird albino yang keseluruhannya berwarna putih.

Jenis Lovebird Australian Cinnamon

Jenis Lovebird Australian Cinnamon
Jenis Lovebird Australian Cinnamon

Berbeda dengan yang kita bahas tadi, jenis lovebird kali ini memiliki warna tubuh yang sangat mencolok. Warnanya merupakan kombinasi antara warna kunig puyeh pada bagian tubuhnya dengan warna putih di bagian dada dan lehernya.Namun ada beberapa yang memiliki punggung berwarna hijau tosca.

Untuk ciri-ciri yang lainnya seperti mata, burung ini berbentuk bulat hitam, parunya berwarna orange cerah sehingga membuat burung lovebird autralian cinnamon tampak indah dan elegan.

Jenis Lovebird Pastel

Jenis Lovebird Pastel ini memiliki kepala berwarna merah dan tubuhnya kuning namun ada juga warna hijau.
Jenis Lovebird Pastel

Sama seperti jenis lovebird lutino, apalagi dengan jenis pastel kuning seperti saudara kembarnya, haha. Burung pastel ini memiliki kepala berwarna merah dan tubuhnya kuning namun ada juga warna hijau. Adapun paruhnya berwarna merah dan mata berkacamata putih.

Terdapat varian warna lain selain itu yaitu pastel hijau-kuning, biru-putih, biru kehijauan-putih, ungu-putih, dan dominan putih-biru.

Jenis Lovebird Blorok

Jenis Lovebird Blorok Jenis lovebird ini sangatlah populer sebab memiliki jenis yang banyak seperti blorok biru, violet, blue series, dan lutinom..
Jenis Lovebird Blorok

Memiliki nama blorok merupakan dari bahasa jawa yang artinya memiliki warna lebih dari satu warna atau disebut degradasi. Degradasi tersebut tersusun secara tidak rata sehingga membuat terkesan sangat unik.

Jenis lovebird ini sangatlah populer sebab memiliki jenis yang banyak seperti blorok biru, violet, blue series, dan lutinom. Dibandingkan dengan lainnya jenis burung lovebrid yang satu ini bisa dibilang langka dan mahal.

Jenis Lovebird Lutino

Jenis Lovebird Lutino memiliki Warna tubuhnya keseluruhan berwarna kuning dengan wajahnya berwarna merah cerah hingga orange kemerahan.
Jenis Lovebird Lutino

Burung lutino ini jenis lovebird hasil dari mutasi geneik ras muka salem. Warna tubuhnya keseluruhan berwarna kuning dengan wajahnya berwarna merah cerah hingga orange kemerahan. Untuk bentuk matanya sama yaitu bulat namun warnanya bervariasi dari warna hitam dan warna merah.

Panjang tubuhnya sekitar 16 sampai 18 cm dengan penampilan yang sangat berbeda dari ras aslinya. Burung latino ini juga tergolong burung jenis lovebird yang mahal dan sangat aktif yang cocok untuk dipelihara.

Jenis Lovebird Berkerah Hitam (Agapornis Swindernianus)

Jenis Lovebird Berkerah Hitam (Agapornis Swindernianus)
Jenis Lovebird Berkerah Hitam (Agapornis Swindernianus)

Selanjutnya yaitu burung berkerah hitam yang biasa terkenal dengan ras Swondern. Burung ini memiliki bulu dasar yang berwarna hijau dengan lehernya warna coklat. Sesuai denga namanya “berkerah hitam” pada bagian belakang burung ini terdapat garis atau pita yang membentuk kerah berwarna hitam.

Sedangkan warna lainnya yaitu coklat kecoklatan di bagian dadanya, dan abu-abu kehitaman di bagian kaki dan paruh, serta matanya berwarna kuning. Burung jenis lovebird ini memiliki panjang tubuh berkisaran 13, 5 cm.

Jenis Lovebird Bermuka Merah (Agapornis Pullarius)

Jenis Lovebird Bermuka Merah (Agapornis Pullarius)
Jenis Lovebird Bermuka Merah (Agapornis Pullarius)

Jenis Lovebird ini berasal dari Afrika namun keberadaannya juga ada di Indonesia. Untuk warnanya burung ini memiliki warna merah, kecuali yang betina yang agak oranye. Warna tersebut mencakup dari bagian atas paruh, dahi, sampai pertengahan mahkota dan memanjang ke tepi bagian dalam kelopak mata. Untuk selebihnya ditutupi oleh warna hijau terang.

Bagian lainnya seperti kaki berwarna abu-abu, paruh berwarna merah pucat (betina) sedangkan merah terang (jantan). Ukuran panjang dari jenis lovebrid ini 15 cm.

Jenis Lovebird Madagaskar (Agapornis Canus)

Jenis Lovebird Madagaskar (Agapornis Canus)
Jenis Lovebird Madagaskar (Agapornis Canus)

Lovebird yang memiliki ciri khas berkepala abu-abu ini merupakan spesies terkecil dibandingkan dengan ras lainnya. Beratnya hanya berkisaran 30-36 gram dan panjang sekitar 13 cm.

Untuk warna bulunya, sebagian besar berwarna hijau dengan kaki dan paruh yang berwarna abu-abu kepucatan. Uniknya burung lovebrid madagaskar ketika dewasa warna sayap dan punggungnya berubah menjadi hijau gelap. Selain itu pada burung madagaskar yang jantan tampilan kepala dan dada berwarna abu-abu kepucatan.

Jenis Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)

Jenis Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)
Jenis Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)

Burung lovebrid yang satu ini lebih dikenal dengan Abyssinian yang berasal dari Ethopia dan Eritrea .Burung abisinia ini merupakan burung lovebrid terbesar dengan panjang 16-16,5 cm. Warna tubuhnya sebagian besar hijau kecuali sayapnya yang berwarna hitam.

Untuk burung abisinia yang jantan memiliki ciri khas tersendiri yaitu dahi dan cincin di sekitar mata yang berwarna merah.

Jika kalian ingin menjumpai burung ini, kalian bisa melihatnya di pegunungan tinggi atau dataran tinggi sebab mereka senang hidup di daerah tersebut.

Jenis Lovebird Topeng (Agapornis Personata)

Jenis Lovebird Topeng (Agapornis Personata)
Jenis Lovebird Topeng (Agapornis Personata)

Burung lovebrid selanjutnya lebih banyak kalian temui di kandang dibandingkan di alam bebas. Ukruan burung 14,5-15 cm dengan banyak varian warna sebab mutasi genetiknya. Namun warna yang menjadi khas pada burung ini yakni kastanye kehitaman dengan maruh merah terang. Pada bagian dada dan lehernya berwarna kuning hingga oranye.

Nah, kalau namanya lovebrid topeng tersebut diambil dari bentuk wajahnya yang memiliki pupil coklat sehingga tampak seperti memakai topeng.

Jenis Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae)

Jenis Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae)
Jenis Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae)

Burung lovebrid nyasa atau bisa dipanggil lilian lovebrid merupakan jenis endemik yang bisa kalian jumpai di sekitar Zambia, Malawi, Zimbabwe, Tanzania, dan Mozambik. Panjang burung ini mencapai 13 cm dan biasanya dianggap juga sebagia ras fizher.

Untul warna bulunya sebagian besar warnanya hijau termasuk pantat dan punggungnya. Lain pula pada bagian leher, dada, dan kepala yang berwarna oranye. Pada matanya juga mempunyai kacamata putih dan paruh berwarna merah.

Jenis Lovebird Pipi Hitam ( Agapornis Nigrigenis)

Jenis Lovebird Pipi Hitam ( Agapornis Nigrigenis)
Jenis Lovebird Pipi Hitam ( Agapornis Nigrigenis)

Burung lovebrid pipi hitam termasuk dalam jenis mopnotypic dan juga dianggap sebagai ras Nyasa juga. Burung ini bisa banyak kalian temui di Zambia barat daya. Sedangkan untuk spesifikasi dari burung ini yaitu memiliki panjang sekitar 14 cm dan bulunya sebagian besar berwarna hijau.

Berbeda dengan bagian kepala belakang dan leher  yang lebih kecoklatan sedangkan di bagian depannya lebih ke warna coklat kemerahan. Selain itu dada atas berwarna oranye, dengan paruh berwarna merah, dan kacamata putih.

Jenis Lovebird Fischer (Agapornis Fischeri)

Jenis Lovebird Fischer (Agapornis Fischeri)

Lovebrid fischer ditemukan oleh penjelajah asal Jerman yaitu Gustav Fischer pada akhir abad ke -19. Sama seperti ras asli lainnya, fischer juga memiliki bulu dasar berwarna hijau termasuk di bagian dada, punggung, dan sayapnya juga.

Bedalagi warnaya dibagian atasnya yaiti berwarna hijau zaitun dengan paruh berwarna merah terang. Sedangkan lehernya berwarna kuning keemasan hingga oranye gelap, dan ekornya berwarna biru atau ungu.

Jenis Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)

Jenis Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)
Jenis Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)

Burung lovebrid ini merupakan ras asli yang banyak ditemukan di daerha Gurun Namib sekitar Barat Daya Afrika. Spesifikasi bentuknya yaitu memiliki tubuh yang kecil dengan panjang 17-18 cm.  Sedangkan sayapnya rata-rata 106 mm dan ekor 44-52 mm.

Warnanya juga sebagian besar berwarna hijau, untuk pantat dan punggungnya berwarna biru, dan wajahnya memiliki warna merah muda dengan paruh gading.

Cara Memelihara Burung Jenis Lovebrid untuk Pemula

kumpulan burung jenis lovebrid
kumpulan burung jenis lovebrid

Nah, setelah kita mengetahui jenis-jenis Lovebrid yuk berlanjut ke topic selanjutnya, yaitu cara memeliharannya. Cara merawat burung lovebrid bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada bebberapa hal yang perlu diperhatikan supaya burung bisa bertahan hidup hingga 8-12 tahun.

Tapi tenang aja, dalam artikel ini akan kita jelaskan caranya. Asalkan setelah kamu membaca artikel ini kalian harus telaten dan sungguh-sungguh untuk merawat burung lovebrid. Yuk langsung saja ini dia cara merawat burung lovebrid untuk para pemula.

1. Berikanlah Waktu Istirahat yang Cukup

Nyatanya tidak hanya manusia yang butuh istirahat, burung lovebrid pun juga membutuhkan. Mereka juga membutuhkan waktu 10-12 jam untuk tidur.

Supaya tidurnya bisa terlelap di nalam hari berikan penutup kandang. Bukalah kembali penutup tersebut jika pagi hari supaya burung lovebrid bisa menghirup udara segar.

Untuk tidur siangnya diperlukan waktu 203 jam. Kalian harus memastikan meletakkan kandangnya di tempat sepi dan tenang di jam tidur siangnnya ya, biar tidurnya lelap.

Jadi, kalian harus memastikan mereka tertidur lelap ya. Sebab kualitas tidur dari burung ini sangat mempengaruhi kesehatannya.

letakkanlah kandang burung di tempat yang tenang dan jauh dari keganduhan

2. Pilihlah Makanan Burung yang Berkualitas

Adapun makanan yang tepat yang bisa kalian berikan oleh si burung lovebrid yaitu pelet  yang memiliki kandungan vitamin dan mineral. Kalian bisa memberikan makanan palet  seekor burung lovebrid berkisaran 2-3 sendok teh pelet dalam sehari.

Buah-buahan juga perlu diberikan kepada burung lovebrid yaitu contohnya buah apel, anggur, pepaya, dan mangga. Selain itu untuk sayurannya kalian bisa memberikan berupa wortel, brokoli, zukino, labu, dan sayuran yang berwarna hijau lainnya.

Nah, itu dia makanan yang tepat, berkualitas, dan pastinya harganya relatif murah. Maka usahakan untuk memberikan pelet dan makanan alami secara berkelanjutan ya!

3.Berikan juga Cemilan yang Sehat

Cemilan juga dibutuhkan untuk burung lovebrid ini, selain makanan yang berkualitas dan menyehatkan. Adapun contoh cemilan yang bisa disediakan yaitu beras merah, gandum utuh, roti gandum, dan serial yang bebas gula.

Jangan sekali-kali memberikan makanan yang mengandung alkohol, coklat, dan kafein. Bahan-bahan tersebut sangatlah berbahaya untuk kesehatan burung lovebrid. Jadi supaya burung peliharaan kalian jenis apapun itu tidak hanya jenis lovebrid kalian harus memberikan cemilan dari bahan alami dengan nilai gizi yang baik.

4. Sediakan Air Bersih

Hal penting lainnya dan jangan sampai terlewatkan yaitu sediakan air minum yang bersih. Pastikan juga bahwa burung peliharaan kalian mudah untuk menjangkaui air bersih tersebut.

Untuk menjamin kebersihannya, kalian bisa memberikan air yang sudah disaring sebelumnya .  Jangan lupa juga untuk mengganti air dan mencuci tempatnya sehari sekali.

5. Memandikan Burung Lovebird

Cara merawat jenis lovebrid yang lainnya  yaitu dengan memandikan. Meskipun binatang peliharaan ini berukuran kecil, mereka juga buruh mandi secara teratur ya. Hal tersebut berguna untuk mencegah penyakit yang bisa kapan saja menyerang mereka.

Cara memandikannya pun mudah cukup semperotkan air secara perlahan dan menyeluruh ke badan si burung lovebrid.Setelah dimandikan usahakan si burung lovebrid diletakkan di tempat yang hangat atau dibawahg sinar matahari pagi supaya tidak terkena flu.

Kalian bisa memandikan hewan unggas ini sebanyak satu kali dalam sehari.

6. Merapikan Bulu Burung Lovebrid

Merapikan bulu burung lovebrid juga perlu diperhatikan, hal tersebut  merupakan cara untuk merawat bulu-bulunya supaya tetap indah.

Adapun cara merapikan kalian cukup menggunting sebagian ujungnya dengam perlahan-lahan. Lalukan hal tersebut sebanyk satu kali dalam seminggu. Dengan seperti itu, burung lovebrid hewan peliharaan kalian akan lebih jinak dengan kalian.

7. Mainan juga Dibutuhkan oleh si Burung Lovebrid

Ternyata tidak hanya anak kecil yang membutuhkan mainan untuk hiburan mereka, Si burung lovebrid juga memerlukan supaya tidak stress di dalam kandangnya. Hal tersebut dilakukan dengan memberikan mainan yang aman untuk mereka.

Untuk jenis mainan apa yang bisa diberikan untuk burung lovebrid ini, Kalian bisa mencari tau dan mendapatkannya di toko online seperti instagram dan situs maket place lainnya.

8. Ajaklah Bermain di Luar Kandangnya

Meskipun sudah diberikan mainan dalam kandangnya, Kalian juga bisa mengajak bermain di luar kandangnya. Bermain dengan mereka cukup menyenangkan dengan meletakkan di pundak atau bajumu selama 30 menit setiap harinya. Dengan seperti itu, binatang peliharaanmu ini tidak akan merasakan kebosanan dan stress.

Inilah  cara merawat burung lovebrid yang ampuh dan membuat mereka jinak dan senang. Dan satu lagi ketika mengeluarkan burung ini dari kandang, jangan menggunakan perhiasan atau baju yang memiliki kancing.

Jenis unggas ini memangsangat suka menarik benda disekitarnya. Jadi, berhati-hati ketika mereka dilepas bisa saja menarik kancing atau perhiasanmu.


Nah itu dia artikel yang membahas keindahan ragam fauna di Indonesia yaitu jenis lovebrid. Pembahasan yang lengkap mulai mengenal jenis-jenis lovebrid yaitu 30 jenis lovebrid, dan kemudian dilanjutkan cara merawat burung lovebrid.

Ternyata kekayaan Indonesia itu jika kita bahas tidak akan habis-habisnya mulai dari kebudayaannya yaitu rumah adat, alat musik tradisional, pakaian adat, jenis tarian, dan masih banyak lagi. Keragaman Fauna dan Flaura juga melengakpi keindahan Negeri Indonesia tercinta ini, maka kita sebagai generasi milenial jangan lupakan ragam fauna dan flaura yang kini hampir punah. Dengan mengenal apalagi ikut merawatnya kalian sudah menjadi warga negara Indonesia yang keren.

Yakin nggak mau komen nih