√17+ Macam-Macam Warna Hijau ( Arti, Perpaduan Warna, dan Kode Warna)

√17+ Macam-Macam Warna Hijau ( Arti, Perpaduan Warna, dan Kode Warna)

Macam-Macam Warna Hijau – warna memiliki ragam jenisnya. Begitpula dengan warna hijau. Warna hijau yang dipadu padankan dengan warna lain akan menghasilkan lebih banyak lagi macam-macam warna hijau yang indah.

Warna adalah suatu unsur yang ada di dunia ini. Kita dapat melihat segala jenis benda dengan warna yang berbeda-beda. Ada banyak sekali macam-macam warna tidak hanya warna hijau, namun mulai dari warna merah, hitam, biru, putih, cokelat, ungu, dan lain-lain.

Disetiap warna memiliki arti dan makna yang berbeda, selain itu warna bisa juga sebagi simbol atau suatu lambang. Misalnya warna ungu yang memiliki arti sebagai warna janda.

Dalam ilmu kesenian warna merupakan unsur yang sangat penting untuk menghasilkan sebuah karya seni. Pemilihan dan penggunaan warna juga sangat penting dalam sebuah seni, begipula dalam kombinasi warna untuk menghasilkan warna lainnya.

Berikut beberapa macam-macam warna yang sering sekali dijadikan warna favorit yaitu warna hijau dan warna biru yang akan kita bahas.

Macam-Macam Warna Hijau Dan Penjelasannya

Warna Hijau (Green)

                                                                                                                                      

Kode Warna #008000

Macam-macam warna hijau yang pertama yaitu warna hijau yang biasa atau Green. Warna hijau ini terbentuk dari penggabungan antara warna biru dan warna kuning. Sehingga menghasilkan sebuah warna hijau. Jadi, dalam menciptakan warna hijau yang tepat tidaklah mudah.

Hal tersebut disebabkan karena selain memastikan kesamaan perbandingannya, kita juga harus dapat mempertimbangkan tingkat warn biru dan kuning yang akan dicampurkan untuk menghasilkan warna hijau yan pas.

Warna Hijau Kebiruan (Aquamarine)

                                                                                                                                    

Kode Warna #66CDAA

Jenis warna hijau selanjutnya ini sangat identik dengan warna hijau kebiruan. Tidak heran jika orang Indonesia kebanyakan menyebutnya warn ini dengan warna hijau kebiruan.

Warna Hijau Pudar (Celadon)

                                                                                                                                           

Kode Warna #bca

Macam-macam warna hijau yang satu ini tercipta dari perpaduan warna antara warna hijau dan warna putih. Warna putih itulah yang membuat warna hiaju menjadi warna pudar. Dalam istilah lain, warna hijau pudar biasanya sering disebut dengan istilah celadon.

Warna Hijau Muda Kekuningan (Chartreuse)

                                                                                                                                      

Kode Warna #7FFF00

Kalau jenis warna hijau kali ini perpaduan dari 3 warna sekaligus yaitu warna biru, warna kuning, dan warna hijau. Perpaduan lebih didominasi warna kuning, jadi warnanya cenderung ke warna hijau kekuningan. Tidak salah jika warna ini sering disebut dengan warna hijau kekuningan.

Warna Hijau Zamrud (Emerald)

                                                                                                                                      

Kode Warna #50c878

Macam-macam warna hijau yaitu warna hijau zamrud bisa kalian temui pada bebatuan mulia khas yang ada dipadang pasir. Warna hijau zamrud terbentuk dari hasil perpaduan warna hijau dan sedikit warna hitam sehingga menghasilkan wara hijau zamrud yang terkesan gelap.

Warna Hijau Hutan (Forest Green)

                                                                                                                                      

Kode Warna #228B22

Warna hijau hutan merupakan jenis warna hijau berikutnya yang memiliki warna gelap yang sedikit. Warna ini dihasilkan dari perpaduan warna antara hijau dan juga warna hitam. Karena warna hitam yang lebih banyak, makan tingkatan warna hitam pada jenis warna ini cenderung lebih gelap dibandingkan dengan hijau.

Warna Hijau Lumut (Jade)

                                                                                                                                      

Kode Warna #00a86b

Beda lagi dengan warna hijau lumut yang satu ini, macam-macam warna hijau yang dihasilkannya terbentuk dari perpaduan warna antara warna biru dan warna kuning dengan perpandingan warna biru yang cenderung lebih banyak.

Warna Hijau Limau (Lime)

                                                                                                                                      

Kode Warna #00FF00

Jenis warna ini dapat kita jumpai pada buah jeruk limau yang masih mentah. Jenis warna hijau yang dihasilkan lebih cerah, hal ini dikarenakan warna kuning cenderung lebih banyak dibandingkan dengan warna biru dalam perpaduan warnanya.

Warna Kuning Kehijauan Pucat (Mustard)

Macam-macam warna yang terakhir merupakan hasil gradasi warna kunig yang lebih banyak. Biasanya kita akan cenderung menyebutnya dengan warna kuning kehijauan. Namun tidak salah juga sih jika kita memasukkan dalam kategori macam-macam warna hijau.

Warna Hijau Biru Laut (Sea Green)

                                                                                                                                      

Warna hijau biru laut merupakan jenis warna hijau yang dihasilkan dari perpaduan warna hijau dan warna biru. Warna Biru yang dihasilkan lebih ke warna biru laut. Maka dari itu biasanya kita menyebutnya dengan warna hijau biru laut.

Warna Hijau Kebiruan (Teal)

                                                                                                                                      

Warna hijau kebiruan ini juga merupakan jenis warna hijau seperti warna biru laut juga, namun lebih pekat warnanya. Perpaduan warna untuk menghasilakan warna ini yaitu dengan mencampurkan warna hijau, dan biru, agar lebih gelap bisa ditambahkan dengan sedikit warna hitam atau abu-abu.

Warna Hijau Tangerine (Hijau Jeruk Kepruk)

Warna hijau tangerine adalah jenis warna hijau yang bisa kalian jumpai pada hijaunya buah jeruk kepruk. Warna hijau jeruk kepruk sendiri adalah warna dari perpaduan hijau dan kuning yang menjadi satu. Hasilnya perpaduan warnanya bisa kalian lihat pada gambar berikut ini.

Warna Hijau Turquoise (Biru Kehijauan)

Warna hijau turquoise atau bisa disebut pirus adalah macam-macam warna hijau yang menyerupai warnanya telur asin.  Warna pirus dapat berkisar antara rona yang lembut dan pucat hingga rona yang cerah dan mencolok – dan kecuali Anda dapat menemukan tempat dengan warna pirus yang siap pakai, Anda harus mencampur warna biru dan hijau sendiri untuk mendapatkan warna yang Anda inginkan.

Warna Hijau Viridian (Hijau Abu-Abu)

Macam-macam warna hijau yang berikutnya adalah warna hijau yang dihasilkan dari perpaduan warna hijau dan abu-abu. Warnanya menjadi hijau yang nampak pucat dan lebih ke warna hijau keputihan.

Arti Warna Hijau Dalam Psikologi

Arti Warna Hijau Dalam Psikologi
pixabay.com

Warna hijau adalah warna yang sering seklai dikaitkan dengan alam. Di dalam dunia psikologi warna hijau adalah warna yang sering digunakan untuk membantu seseorang yang sedang dalam situasi tertekan, supaya mampu menyeimbangkan dan juga menenagkan emosinya.

Meskipun bisa sebagai penenang jiwa, warna hijau juga memiliki sifat negatif. Adapun sifat positif dan negatif yang dimiliki oleh macam-macam warna hijau adalah berikut :

Sifat Positif yang Dimiliki Warna Hijau

Macam-macam warna hijau banyak memiliki sifat positif, berikut adalah beberapa sifat positifnya :

  • Kehidupan
  • Ketenangan
  • Rileksasi
  • Kemudahan
  • Penyeimbang Emosi
  • Menurunkan Strees
  • Penyembuhan
  • Empati
  • Kesegaran
  • Kesejukan
  • Keberuntungan
  • Keuangan
  • Harmoni
  • Cinta Universal
  • Istirahat
  • Pemulihan
  • Jaminan
  • Kesadaran
  • Keamanan
  • Kedamaian
  • Keinginan
  • Ketabahan, dan
  • Kekerasan Hati.

Sifat Negatif yang Dimiliki Warna Hijau

Macam-macam warna hijau ternyata memiliki sifat negatif, berikut adalah beberapa sifat negatif :

  • Menimbulkan Rasa Terperangkap atau Tersesat
  • Rasa Bosan
  • Stagnasi
  • Superior
  • Ambisi, dan
  • Keserakahan

Arti Warna Hijau Dalam Konsep Islam

Arti Warna Hijau Dalam Konsep Islam
pixabay.com

Warna hijau adalah warna istimewa yang menjadi warna identitas Islam. Keistimewaan Warna Hijau Dalam Islam dan Al-Quran. Ada banyak perkataan HIJAU di dalam ayat-ayat Al-Quran dan menjelaskan keadaan penghuni Jannah ataupun segala yang ada di sekelilingnya, berupa kenikmatan, suasana, kesenangan, ketenangan jiwa.

Berikut dipetik beberapa ayat al-Quran serta maksud yang telah meletakkan warna HIJAU pada satu tempat yang mulia dan dipandang indah oleh Allah.


” Mereka itu disediakan baginya Syurga yang kekal, yang mengalir di bawahnya beberapa sungai; mereka dihiaskan di dalamnya dengan gelang-gelang tangan emas dan memakai pakaian HIJAU dari sutera yang tipis dan sutera tebal yang bersulam, mereka berehat di dalamnya dengan berbaring di atas pelamin-pelamin (yang berhias). Demikian itulah balasan yang sebaik-baiknya dan demikian itulah Syurga tempat berehat yang sebaik-baiknya.”


“Penduduk Syurga itu ( bersenang-senang) di dalamnya dengan) berbaring di atas (bantal-bantal) dan cadar-cadar yang HIJAU warnanya serta permaidani-permaidani yang sangat indah.”
(Surah Ar-Rahman : Ayat 76)


“Mereka di dalam Syurga memakai pakaian HIJAU yang diperbuat dari sutera halus dan sutera tebal (yang bertekat), serta mereka dihiasi dengan gelang-gelang tangan dari perak dan mereka diberi minum oleh Tuhan mereka dengan sejenis minuman ( yang lain) yang bersih suci.”  (Surah Al-Insan : Ayat 21)


” Mereka (Ahli syurga) mengenakan pakaian sutra halus yang HIJAU dan sutra tebal. (Surah Al-Kahf : Ayat 31)


HIJAU juga adalah warna kegemaran Rasulullah SAW. Kubah Masjid Nabawi sendiri berwarna HIJAU. Simbol-simbol keIslaman di seluruh dunia adalah berwarna HIJAU. Warna HIJAU juga mampu menjadikan pandangan mata nyaman & selesa.

Jelaslah bahawa warna HIJAU adalah warna Syurga, warna yang disukai oleh Allah yang mencipta warna itu sendiri dan indah pula sehingga menghiasi Syurga. Justeru itu, mudah-mudahan ini membuka hati manusia agar beriman dan menyukai apa yang disukai oleh Allah dan Rasul-Nya;

Perpaduan Kombinasi Warna Hijau

Perpaduan Warna Hijau dengan Warna Putih yang Minimalis

Perpaduan Warna Hijau dengan Warna Putih yang Minimalis
http://www.mcenearney.com

Perpaduan warna ini banyak sekali dipakai oleh desainer interior untuk mendesain rumah. Pilihan cat warna hijau untuk menutupi permukaan dinding. Kemudian, pilih warna putih sebagai warna dasar pada lantai, furnitur, serta dekorasi ruangan, akan menambahkan nuansa lembut dan terang.

Perpaduan Warna Hijau dengan Warna Coklat yang Menghangatkan Suasana

Perpaduan Warna Hijau dengan Warna Coklat yang Menghangatkan Suasana
dekoruma.com

Pemilihan warna tua cenderung dihindari karena memberi kesan yang berat sehingga tidak sesuai dengan suasana hangat dan kenyamanan dalam hunian. Selain itu, perpaduan warna hijau tua dan cokelat tua akan menciptakan suasana yang hangat dan dewasa, cocok diterapkan pada kamar tidur utama atau ruang keluarga.

Perpaduan Warna Hijau dengan Warna Merah Muda yang Lembut

Perpaduan Warna Hijau dengan Warna Merah Muda yang Lembut
grid.id

Kelembutan dalam suatu ruangan pasti akan membawakan ketenangan bagi para penghuninya. Perpaduan inilah yang bisa diterpakna untuk suasana ruang keluarga yang nyaman.

Perpaduan warna hijau dan hitam yang elegan

Perpaduan warna hijau dan hitam yang elegan
pinterest.com

Meskipun hijau pada umunya diaplikasikan untuk memberi kesan menyegarkan, ternyata penampilan elegan dapat tercipta dengan memiankan perpaduan warna hijau dengan warna gelap seperti hitam, biru tua, ataupun cokelat. Pilihan rona hijau yang tepat ialah hijau zamrud, jika menginginkan kesan rumah sederhana tapi mewah.

Perpaduan warna hijau yang menjadi ciri khas gaya vintage

Perpaduan warna hijau yang menjadi ciri khas gaya vintage
dekoruma.com

Desain interior yang menerapkan desain vintage identik dengan warna-warna pastel yang lembut seperti hijau telur asin dan merah muda. Perpaduan warna hijau ini dengan motif-motif khas shabby chic seperti floral dan tekstur alam tentu dapat mengantar para penghuni kembali ke zaman dahulu yang klasik.

Perpaduan warna hijau, salem, dan abu-abu yang feminin

Perpaduan warna hijau, salem, dan abu-abu yang feminin
dokoruma.com

Warna feminin dapat kalian terapkan pada warna hijau yang disandingkan dengan warna salem dengan titik fokus utama ruangan warna abu-abu dan sebagai warna netral adalah warna abu-abu.

Perpaduan warna hijau pada dinding ruangan dengan furnitur warna abu-abu beserta warna salem pada dekorasi ruangan ini pun terlihat memesona dan elegan.

Penutup :

Nah, itulah macam-macam warna hijau, arti warna hijau, filosofi warna hijau, dan perpaduan warna antara warna hijau dengan warna yang lainnya. Semoga bisa menambah wawasan kalian dan membantu kalian untuk memilih warna hijau yang cocok. Sampai jumpa..

Yakin nggak mau komen nih