√4+ Pakaian Adat Papua Dengan Senjata Tradisionalnya yang Unik dan Antik Lengkap

√4+ Pakaian Adat Papua Dengan Senjata Tradisionalnya yang Unik dan Antik Lengkap

Pakaian Adat Papua – Papua adalah salah satu Pulau di ujung Timur Negara Indonesia yang menyandang predikat Pulau terbesar nomer 1 di Indonesia, selain itu juga menjadi pulau terbesar nomor 2 di dunia. Maka tidak salah jika Papua ini banyak sekali keragaman Kebudayaan dan Kesenian yang dimiliki.

Dari keragaman kebudayaan tersebut alangkah baiknya kita sebagai anak milenial untuk menjaga dan meneruskan adat istiadat dari kebudayaan tersebut melalui media pembelajaran seperti yang kalian baca ini.

Keragaman kebudayaan dari Papua banyak sekali mulai dari rumah adat, alat musiknya, senjatanya, dan masih banyak sekali. Pada artikel kali ini kita akan membahas Pakaian adat dari Papuan yang tentunya kita kemas dengan ringkas, tetapi lengkap.

Pakaian adat Papua adalah salah satu pakaian yang membuktikan dengan nyata budaya yang ada di daerah Papua terjaga dan dilestarikan. Keunikan dari bentuk pakaian adat itulah juga menjadikan suatu identitas dan ciri khusus yang membedakan adat dari Papua dengan adat istiadat lain di Indonesia sangatlah berbeda.

Menjadi satu kesatuan dalam sebuah negara dengan berbagai macam perbedaan sudah menjadi hal yang biasa untuk kita masyarakat Indonesia. Namun kita yakin jika kita bisa bersatu dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Eka” Berbeda-beda tetap satu jua.

Kembali ke awal pembicaraan, bahwa daerah Timurnya Indonesia ini memiliki beberapa suku diantaranya, yakni :

  • Suku Asmat
  • Suku Dani
  • Suku Biak
  • Suku Kamoro
  • Suku Waropen

Dari suku tersebut pakaian adatnya memiliki ciri khas yang berbeda dan menggambarkan alam yang berada di sekitar lingkungannya.

Adapun penjelasan lengkapnya, ada di bawah ini!

Scrool terus ya! Oh iya, jangan lupa juga untuk membaca pembahasan unik yang lainnya… Ini dia ↓

Pakaian Adat Papua

Pakaian adat papuan yaitu pakaian adatnya memiliki ciri khas yang berbeda dan menggambarkan alam yang berada di sekitar lingkungannya

Pakaian adat dari Papua merupakan pakaian adat yang sama dengan yang lainnya yakni terbagau menjadi dua pakaian yakni pakaian adat papua untuk perempuan dan pria. Adapun perbedaan hanya sebatas pada bagian bawah pakaian adat tersebut.

Selain itu baju adat Papua juga dilengkapi dengan aksesoris pada bagian kepala, nah pakaian penutup di bagian kepala inilah yang menjadi ciri khas dari setiap suku di Papua.

Penutup kepala ini memanfaatkan sumber daya alam seperti daun sagu yang sudah dirajut rapi, kemudian ada juga bagian atas dari penutup kepala tersebut yang terdiri dari bulu burung kasuari.

Kalian tau tidak? Bahwa…

Burung kasuari gelambir ganda (Casuarius casuarius) merupakan salah satu jenis satwa khas Papua yang dapat dijumpai di kawasan hutan Papua.

Bagaimana masih penasaran dengan pembahasan selanjutnya? Ini dia tiga pakaian adat tradisional Papua yang lengkap.

Pakaian Adat Papua ⇒ Pakaian Sali

Baju Adat Sali dari Papua adalah pakaian adat yang dikhushkan untuk wanita lajang atau para gadis papua.

Pakaian Sali adalah pakaian adat dari Papua yang dikenakan khusus bagi perempuan gadis atau masih lajang dan belum menikah. Uniknya pakaian adat sili memiliki bahan dasarnya yaitu dari kulit pohon. Jadi, warna dari pakaian ini asri dari warna kulit pohon tersebut yaitu coklat.

Haram bagi seorang perempuan yang sudah menikah untuk memakai pakaian adat sili ini. Untuk pakaian adat yang sudah menikah masih ada tersedia yang lain.

Pakaian Adat Papua ⇒ Pakaian Holim

Pakaian adat atau baju adat holim Papua adalah pakaian adat papua yang dihususkan untuk para pria
TheMoonDoggies.com

Kalau pakaian sali dari untuk wanita gadis Papua, pakaian adat Papua yang satu ini yakni pakaian holim adalah baju adat tradisional yang dipakai untuk para lelaki. Sebutan lain dari pakaian holim ini yaitu koteka.

Pasti kalian sudah tau bahwa pakaian adat koteka ini sangatlah terkenal namanya di Indonesia sebagai pakaian adat khas dari Papua, selain itu digunakan untuk menutupi bagian kemaluan mereka.

Uniknya lagi mereka masih memakai sumber daya alam di sekitarnya untuk membuat pakaian adatnya, koteka ini terbuat dari bahan buah labu air tua yang dikeringkan dan kemudian bagian dalamnya atau biji serta daging buah akan dibuang.

Jenis labu air tersebut dipilih yang paling tua karena cenderung lebih keras dan juga lebih awet jika dibandingkan dengan labu air muda. Selanjutnya, Proses pengeringan supaya koteka yang dipakai tidak cepat membusuk.

Pakaian adat Papua yang disebut koteka ini digunakan oleh mereka saat aktivitas sehari-hari juga. Kotekan jenis ini dipakai dengan cara diikat ke pinggang memakai seutas tali sehingga ujung koteka tersebut mengacung ke atas.

Berbeda juga untuk dipakai saat bekerja koteka jenis ini memiliki ukuran yang lebih pendek. Sedangkan untuk acara adat, koteka berukuran panjang dengan dilengkapi ukiran etknik khas Papua.

Pakaian Adat Papua ⇒ Pakaian Yokal

Pakaian adat atau baju adat holim Papua adalah pakaian adat papua yang dihususkan untuk para wanita yang sudah menikah atau berkeluarga
watikamkwe.blogspot.com

Pakaian yokal adalah pakaian adat Papua yang selanjutnya yang keberadaanya lebih tepatnya di daerah Papua barat dan sekitarnya. Seperti halnya pakaian Sili, namun pakaian ini dikhususkan oleh perempuan yang telah memiliki keluarga atau yang sudah menikah.

Untuk menjumpai pakaian ini kalian harus menelusuri di daerah pedalaman Papua guys.

Memang agak sulit sih

Warna dari pakaian ini juga masih asri yaitu berwarna coklat sedikit kemerahan. Bahkan masyarakat pedalaman Papua tidak memperbolehkan untuk menjual pakaian tersebut. Bagi mereka pakaian adat Papua yokal sudah menjadi suatu identitas dan menggembarkan kedekatan mereka dengan alam yang sangat perlu dijaga.

Aksesoris Pakaian Adat Papua

Rok Rumbai

Rok rumbai tersebut terbuat dari daun sagu kering yang tersusun rapi untuk menutupi bagian bawah tubuh mereka.
Bukalapak.com

Ketiga pakaian adat diatas masih dilengkapi juga dengan aksesoris seperti rok rumbai. Rok rumbai tersebut terbuat dari daun sagu kering yang tersusun rapi untuk menutupi bagian bawah tubuh mereka.

Namanya sih rok yang biasanya dipakai untuk wanita, namun rok rumbai ini dipakai oleh pria juga.

Unik sekali kan! Masih ada lagi aksesoris lainnya ini dia

Hiasan Rumbai pada Kepala

Hiasan kepala tersebut terbuat dari bahan ijuk, bulu burung kasuari, atau juga anyaman daun sagu.

Untuk menghias kepala, orang Papua menggunakan rumbai – rumbai yang dengan bentuk menyerupai mahkota. Rumbai/mahkota kepala yang dikenakan oleh orang Papua ini tidak seperti ikat biasanya yang terbuat dari kain namun, masih tetap menjaga keaslian dari hasil alam.Hiasan kepala tersebut terbuat dari bahan ijuk, bulu burung kasuari, atau juga anyaman daun sagu.

Pernak-Pernik Pakaian Adat Papua

 

Pernak-pernik atau hiasan yang dipakai untuk melengkapi baju adat Papua ini sangatlah unik juga yang memanfatkan hasil kelautan dan hutan.

Inilah yang dipakai oleh mereka untuk membuat pernak-pernik yakni Gigi Anjing dan Taring Babi. Gigi anjing  digunakan oleh mereka sebagai kalung, sedangkan taring babi ditekatkan di bagian lubang hidung.

Tas Noken

Tas Noken merupakan tas khas dari Papua
umkm.online

Tas noken juga merupakan kelengkapan dari pakaian adat Papua. Tas noken terbuat dari kulit kayu yang dianyam dengan rapi. Tas ini memiliki fungsi sebagai penyimpanan buah, umbi-umbian, sayur-sayuran dan hasil buruan seperti burung, kelinci dan tikus.

Cara menggunakan tas noken sendiri dengan cara dikaitkan pada kepala maupun hanya diselempangkan. Tas noken ini sangatlah populer bagi Suku Asmat dengan sebutan Esse.

Senjata Tradisional Papua

enjata Tradisional Busur dan Anak Panah

Nah, Senjata tradisional ini saya cantumkan juga pada artikel ini, sebab senjata tradisional selain sebagai alat perang dan berburu juga sebagai pelengkap pakaian adat Papua. Ini dia senjata yang dimilki oleh Papua :

1. Senjata Tradisional Tombak

Senjata pertama yang sering digunakan oleh masyarakat Papua yakni tombak. Berfungsi sebagai alat berburu hewan yang jaraknya jauh. Senjata tersebut terbuat dari  kayu dan batu yang ujungnya tajam, bahkan ada pula yang menggunakan tulang sebagai mata tombak.

Tidak hanya itu alat ini mulai berkembang kini mata tombaknya terbuat dari logam. Uniknya juga mata tombak ini ditaburi racun yang sangat mematikan dan melumpuhkan mangsa.

2. Senjata Tradisional Busur dan Anak Panah

Senjata ini bisa dikatakan senjata paling utama bagi masyarakat Papua yaitu busur dan anak panah. Seperti senjata lainnya untuk menangkap hewan buruan dan berperang.

Senjata tersebut memiliki 3 macam bahan sekaligus yaitu kayu, bambu dan tulang yang diruncingkan. Ujung mata anak panah juga diberi racun untuk mematikan lawan.

3. Senjata Tradisional Kapak

Kapak adalah senjata masyarakat Papua yang bermanfaat sekali bagi para petani. Biasanya untuk bertani dan juga untuk membuka jalan menuju hutan.

Perbedaan dari kapak pada umumnya senjata tradisional kapak ini terbuat dari dari rotan dan mata kapaknya terbuat dari batu yang sangat tajam.


Yah usia sudah artikel yang membahas tentang pakaian adat Papua yang dilengkapi juga senjata tradisionalnya. Keragaman kebudayaan tidak sebatas itu kawan masih ada lagi yang lainnya seperti rumah adat Papua, Alat Musik Papua dan sebaginya.

Sekian dari artikel saya tentang pakaian adat Papua semoga bermanfaat untuk kalian dan terutama saya sendiri, hehe. Semoga bertambahnya ilmu kita tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia menambah kecintaan pada negeri sendiri.

 

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu