√6 Pakaian Adat Sulawesi Selatan Lengkap dari Berbagai Macam Suku
andihidayat1505.wordpress.com

√6 Pakaian Adat Sulawesi Selatan Lengkap dari Berbagai Macam Suku

Pakaian adat Sulawesi Selatan – Kembali membahas keindahan dan kebudayaan dari Indonesia yakni dari Pdengan Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Ibukota Makassar atau bisa disebut “Ujung Padang”.

Sulawesi Selatan adalah sebuah wilayah yang terdiri dari pulau-pulau yang dihuni oleh berbagai macam suku. Hal tersebutlah membuat Sulawesi Selatan kaya akan kebudayaan dan kesenian di berbagai pulau dari masing-masing suku.

Selain tarian yang mendunia yaitu tari kipas Pakarena, rumah adat dengan banyak simbolnya dari rumah Tongkonan, ternyata masih banyak lagi kebudayaan dari Sulawesi Selatan yakni pakaian adat Sulawesi Selatan.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan

pakaian adat sulawesi selatan
putraunggul.com

Pakaian adat Sulawesi Selatan – Berbicara mengenai kesenian dan kebudayaan memang tidak akan habisnya, termasuk pada pakaian adat Sulawesi Selatan yang beragam dan memiliki keunikan masing-masing.

Pakaian adat Sulawesi Selatan sering disebut dan lebih dikenal dengan baju adat Sulawesi Selatan. Pakaian Sulawesi Selatan memiliki corak khas wilayah ketimuran dengan dipadu padankan dengan corak khas lokal Sulawesi Selatan.

Pakaian adat Sulawesi Selatan dikenakan oleh berbagai macam kalangan. Mulai dari kalangan suku, etnis, dan kelompok tertentu yang menjadi kebanggan tersendiri jika dipakai.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Laki-Laki

pakaian adat sulawesi selatan
www.prokabar.com

Pakaian adat Sulawesi Selatan – Pakaian pria dan wanita pastilah memiliki perbedaan. Bella dada adalah sebutan untuk pakaian adat Sulawesi Selatan yang dikenakan oleh laki-laki. Untuk mengenakan bella dada ini juga harus dilengkapi dengan setelan yang lain seperti lipa garasuk, paroci, dan passapu.

  • Lipa garasuk adalah sarung yang dililitkan di punggung.
  • Paroci adalah celana yang dikenakannya
  • Passapu adalah sebutan untuk penutup kepala yang sering digunakan laki-laki yang bentuknya mirip dengan peci.

Adapun Aksesoris yang dipakai oleh pakaian adal Sulawesi Selatan laki-laki yaitu sapu tangan, sigarak dan juga selempang rante kembang. Beberapa laki-laki ada yang memakai gelang emas dengan motif naga yang biasa disebut Gelang Ponto Naga. Salah satu aksesoris tambahan yang lain adalah keris yang biasa disebut tatarapeng atau pasattimpo. Keris ini dilengkapi dengan sarung dan kepala dengan bahan dasar emas. Keris ini dikenakan di area pinggang.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Perempuan

pakaian adat sulawesi selatan
www.tegas.id

Baju bodo atau baju bodo gesung adalah sebutan untuk pakaian adat Sulawesi Selatan. Sebutan tersebut sesuai dengan bentuk pakaiannya yakni terlihat bergelembung di bagian punggung. Seperti halnya pakaian adat yang lain baju bodo ini dikenakan pada saat acara resmi di Sulawesi Selatan.

Pemakaian untuk pakaian adat sulawesi selatan ini juga sudah tertulis di sebuah kitab  suci milik nenek moyang suku Makassar yang biasa disebut kitab Patuntung. Jadi, Bisa dikatakan di daerah Sulawesi Selatan ini sangat kental akan kebudayaannya.

Baju bodo memiliki bentuk bentuk baju tanpa lengan dengan sedikit jahitan yang digunakan untuk menyambungkan kain di sisi kanan dan kiri. Terbuat dari kain muslin membuat baju bodo ini sangat ringan jika dipakai, berbeda dengan pakaian adat Laki-laki. Kain tersebut merupakan kain yang terbuat dari pintalan kapas yang kemudian dijahit secara bersamaan dengan katun.

Adapun Aksesoris yang melengkapi baju bodo ini seperti cincin, bando emas, gelang, dan juga kepingan logam. Bahan pembuatan aksesoris ini umumnya terbuat dari emas sepuhan ataupun logam.

Pakaian Adat Sulawesi Selatan Anak-Anak

pakaian adat sulawesi selatan anak-anak
id.carousell.com

Ternyata selain untuk laki-laki dan perempuan, pakaian adat Sulawesi Selatan untuk anak-anak juga dibedakan. Dalam kitab Pa tuntung, ada penjelasan yang mengatur tentang ketentuan warna baju bodo yang diatur berdasarkan tingkatan usia.

  • Pakaian adat Sulawesi Selatan untuk anak-anak berwarna jingga.
  • Pakaian adat Sulawesi Selatan menginjak remaja berwarna jingga dan merah.
  • Pakaian adat Sulawesi Selatan untuk perempuan dewasa berwarna merah
  • Pakaian adat Sulawesi Selatan untuk dukun berwarna putih.
  • Pakaian adat Sulawesi Selatan untuk perempuan dengan status janda berwarna ungu
  • Pakaian adat Sulawesi Selatan untuk perempuan dari kalangan bangsawan berwarna hijau.

Namun sayang sekarang peraturan tersebut mulai dilupakan. Kini para perempuan bebas memilih warna untuk baju bodo mereka.

Pakaian Pengantin Sulawesi Selatan

pakaian adat sulawesi selatan, pakaian pernikahan
www.hipwee.com

Pakaian pengantin yang dikenakan disesuikan dengan keinginan pengantin. Biasanya baju tutu adalah pakaian yang dikenakan untuk pengantin pria atau dengan menyesuiakan pakaian wanita yang dikenakan.

Sedangkan untuk pakaian wanita adalah baju bobo dengan menyesuikan warna dengan pakaian pengantin pria satu sama lain.

Nama Pakaian Adat Sulawesi Selatan

1.Baju Tutu ( Pria Suku Bugis)

pakaian adat sulawesi selatan - suku bugis
andihidayat1505.wordpress.com

Baju tutu adalah pakaian adat Sulawesi Selatan oleh para pria dari suku Bugis. Sebenarnya pakaian ini berupa jas biasa yang dipadukan dengan  celana atau paroci, dan juga kain sarung atau lipa garusuk, serta tutup kepalanya yakni berupa songkok.

Jas tutu juga memiliki lengan panjang dengan leher berkerah dan dihiasi oleh kancing yang terbuat oleh emas atau perak dan dipasangkan pada leher baju tersebut. Sedangkan untuk kain lipa garasuk atau lipa sabbe memiliki corak polos dengan warna yang mencolok.

2.Baju Bodo ( Wanita Suku Bugis)

pakaian adat sulawesi selatan - baju bodo suku bugis
id.wikipedia.org

Bila pria dinamakan tutu, maka pakaian adat perempuan dinamakan baju bodo. Memiliki bentuk segi empat dan lengan yang pendek, yakni setengah atas dari bagian suku lengan. Baju bodo sudah sudah bisa ditelusuri seratus tahun yang lalu.

Baju bodo dikenal dengan salah satu baju atau busana yang memiliki umur tertua di Indonesia.

3. Baju Pattauqduq (Wanita Suku Mandar)

Pakaian adat sulawesi selatan - suku mandar
adat-tradisional.blogspot.com

Baju Pattauqduq merupakan baju adat yang berasal dari suku mandar. baju ini dikenakan disaat pernikahan dan pada saat menarikan pattiqtuq.

Pattuqduq yang dipakai untuk menari terdiri 18 potong, sedangkan untuk busana pernikahan terdiri 24 potong.

Busana pattuqduq juga memiliki beragam jenis, yakni busana rawang boko ataua baju pokkoq, sertam berbagai macam motif yang menghiasi.

Aksesoris yang dikenakan untuk melengkapai pakaian adat Sulawesi Selatan ini seperti hiasan pada kepala, badan, serta tangan yang mencerminkan salah satu budaya Mandar.

4. Baju Pokko (Wanita Suku Toraja)

pakaian adat sulawesi selatan baju pokko
rebanas.com

Pakaian adat Sulawesi Selatan berikutnya dari suku toraja yang disebut dengan baju pokko. Pakaian adat ini memiliki ciri-ciri yakni lengan pendek dengan warna kuning, merah dan putih yang mendominasi.

Pakaian adat Sulawesi Selatan ini dilestarikan oleh masyarakat toraja dengan memewajibkan setiap PNS di wilayah Kabupaten Tana Toraja mengenakan Baju Pokko tersebut pada setiap hari Sabtu. Untuk PNS pria, juga diwajibkan mengenakan seppa tallung buku pada setiap hari Sabtu.

5. Baju Seppa Tallung (Pria Suku Toraja)

pakaian adat sulawesi selatan Baju Seppa Tallung (Pria Suku Toraja)
silontong.com

Pakaian adat yang ini juga berasal dari suku toraja yang dikenakan oleh kaum pria, Baju seppa tallung sebutannya. Ciri khas yang dimiliki pakaian ini yakni baju panjang hingga menyentuh lutut. Aksesoris yang dilengkapi untuk baju ini yakni kandaure, gayang, lipa’, dll.

Pada tahun 2011 pakaian adat Sulawesi Selatan yakni baju seppa tallung pernah dijadikan pusat perhatian dunia di acara  Manhut Internasional yang diselenggarakan di Korea Selatan.

Itu dia, pakaian adat Sulawesi Selatan yang banyak terkenal di Indonesia dan juga manca negara. Kelebihan, keunikan, dan ciri khas di setiap daerah perlu kita apresiasi kan dan juga patut kita banggakan. Semoga artikel ini bisa membuat bangga akan adanya Indonesia.

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu