Putih Abu-Abu (Part 3)

Putih Abu-Abu (Part 3)

Kembali lagi dengan aku, melanjutkan cerita kemarin yaitu “Putih Abu-Abu part 3”. Ini adalah cerita terakhir ku yang pastinya bakalan seru dari cerita-cerita yang sebelumnya. cekidot yuk langsung saja.

Kelas XII Masa Pertempuran Kita

belajar keras, belajar rajin untuk sukses ujian nasional
Gambar oleh Kevin Phillips dari Pixabay

Kelas XII atau dengan nama lain kelas 3 SMK adalah masa-masanya pertempuran kita yaitu menghadapi ujian akhir sekolah atau Ujian Nasional. Semua yang sudah dipelajari mulai dari kelas X hingga kelas XII akan diungkit kembali sedikit untuk diaplikasikan. Praktek-praktek dan terus seperti itu, seperti praktek menjadi kasir, mengoperasikan mesin kasir, mengoperasikan kalkulator, membuat surat penawaran, surat permintaan, media promosi, dll.

Kelas XII selain masa-masa pertempuran aku juga menyebutnya masa-masa kenakalan, ya biasa karena sudah menjadi penghuni di sekolahan yang terlama mereka seenaknya sendiri,hehe.

banyak sekali pengalaman yang didapatkan ketika kelas XII suka, duka, susah, senang kita lewati bersama. Kebersamaan terasa disaat terakhir kita berpisah. Dulu ketika kelas XI kepingin banget cepat lulus, tetapi ketika sudah mulai detik-detik terakhir lulus 270 derajat pikiran tersebut berbalik untuk mengulang kembali ke kelas X. Aneh iya, tetapi itulah kita tidak tau pikiran tersebut muncul.

Kumpulan wanita-wanita tangguh berada di kelas pemasaran 2 ini, iya tangguh semua pertempuran kita hadapi. Berangkat pagi jam 06.00 untuk mengikuti jam tambahan untuk menghadapi Ujian UN dan pulang sampai Sore jam 17.00. Rutinitas tersebut kita laksanakan ketika semester 2, sekitar 6 bulan. Selain itu, tugas-tugas tidak hanya sekedar tulisan saja tetapi lebih ke nyata seperti experimen, menganalisa, dan sebagainya. Tugas tersebut membutuhkan uang yang cukup banyak membuat aku kanker, kantong kering maksudnya, hehe. yang aku jelaskan itu belum seberapa masih ada banyak pengalaman yang didapatkan ketika kelas XII? Langsung aja scrooll ke bawah ya..

Pengalaman ketika Kelas XII

Pengalaman di waktu semk, kenangan di waktu smk
Gambar oleh Arek Socha dari Pixabay

Berjualan Es Gabus

 

jualan es gabus, resep es gabus,
sumber gambar www.viva.co.id

Es Gabus, Siapa yang tau Es Gabus itu apa? Mungkin untuk kalian yang masa kecilnya di tahun 90-an pastinya sudah tau lah itu es apa. Ya es gabus adalah sejenis makanan Es yang gembus. Terbuat dari tepung hongkue, cara pengolahannya cukup sederhana.

  1. siapkan bahan dan peralatan nya yaitu Tepung hongkue, air, dan gula, peralatannya panci, nampan, stick es, dan kulkas.
  2. Setelah bahan dan alat sudah disiapkan, air, tepung, dan gula dicampurkan dalam satu wadah. Aduklah!
  3. Masak bahan yang sudah dicampur tersebut dengan api yang sedang.
  4. Aduk terus secara merata hingga mengental.
  5. Jika sudah dirasa mengental secara sempurna, langsung tuang ke nampannya.
  6. Tunggu berapa jam hingga mengeras, kemudian dipotong-potong sesuai kebutuhan.
  7. Tusuk hasil potongan tersebut dengan stick es cream, lalu dimasukkan ke kulkas/frezzer.

Itu dia cara pembuatan dari Es Gabus, mudahkan. Yuk membuat Es Gabus jajanan tradisonal yang sudah jarang ditemukan di zaman milenial ini karena sudah tergilas dengan es cream.

Berjualan adalah hal yang aku lakukan ketika beranjak ke kelas XII, karena perekonomian yang semakin merosot dari keluargaku dan juga kebutuhan uang untuk keperluan sekolahan juga terus meningkat. Itulah caraku untuk membantu Ibuku. tidak hanya di waktu SMK saja, SMP pun juga berjualan tetapi berbeda produknya yaitu pulsa yang terus dihutang , bros dari kain flanel yang aku buat sendiri. Oh iya di SD juga pernah jualan yaitu Permen hehe.

Sebenarnya malu untuk berjualan ketika di SMK rasanya berbeda ketika SMP dan SD. Banyak anak sosialitas berada disana, anak-anak dari orang kaya wajarlah sekolah ku kebanyakan dari anak kota.Tetapi rasa malu ku itu aku urungkan ketika teringat Ibuku sendirian yang selalu bekerja untuk membiayai ku sekolahku dan menjadi kepala keluarga, sejak ditinggalkannya Ayah.

Aku berjualan es gabus keliling sekolahan mulai dari kelas X, XI, dan XII, aku menjual dengan harga Rp.1.000/buah. Alhamdulillah dari hasil berjualan aku bisa mengumpulkan uang untuk uang saku dan uang transportasi naik bus untuk berangkat ke sekolah.

Menjadi Artis Sekaratul Maut

SINTA diculik , kisah wayang sinta diculik, tugas sekolah wayang sinta diculik, sinta diculik rahwana

Menjadi artis Sekaratul maut? Apaan sih maksudnya? haha. Jadi aku dulu itu sempat menjadi artis tapi akting nya hanya sekali yaitu muncul, perang, terbunuh, dan akhirnya sekaratul maut, jadi ceritanya menjadi pahlawan kesiangan gitu.

Bu Indah adalah guru yang memberi tugas pembuatan film tersebut. Guru bahasa jawa yang masih muda dan sangat kreatif, aku sangatlah suka dengan guru yang satu ini, karena ada aja permainan untuk menyampaikan materi yang dijelaskan jadi kalau diajar itu tidak bosan gitu.

Film yang kita buat yaitu menceritakan tentang kisah pewayangan yaitu “Sinta Diculik” dengan menjadikan Hafizah Nur Hasanah menjadi Produser nya. Persiapan yang dilakukan dalam pembuatan film ini adalah sekitar 1 bulan, mulai dari menentukan anggota di setiap divisi, judul, naskah,menentukan pemain, skenario, dan juga untuk latihan akting nya. Perdebatan muncul seketika dalam menentukan hal-hal tersebut, ya biasalah kan di kelas muridnya cewek semua,hehehe.

Alhamdulillah dari adanya pembuatan film ini kita bisa merasakan betapa pentingnya kebersamaan, kekeluargaan, dan suatu tanggungjawab.

Ingin tau hasil dari filmnya bagaimana? Ini dia? silahkan menonton jangan lupa like, komen, dan subcribe ya, hehe.

Klik link ini https://www.youtube.com/watch?v=CGJewIeGpoM&t=149s

Pembuatan Buku Tahunan Siswa (BTS)

 

Buku tahunan siswa smkn 1 ngawi, buku tahuanan keren

Sudah menjadi suatu hal yang pasti membuat buku tahunan siswa di setiap sekolah. Buku yang sangat penting sekali ketika kita sudah lulus nantinya. Sebuah pertemanan adalah hal yang perlu dijaga, karena hidup itu tidak sendiri dan pastinya membutuhkan orang lain, Akan tetapi janganlah jadi orang yang hadir ketika membutuhkan teman saja, Jadilah orang yang bermanfaat untuk orang lain, bukan mencari manfaat, maupun memanfaatkan orang lain.

Buku Tahunan kali ini berbeda dari tahun yang lalu, karena lebih spektakuler. Harganya juga spektakuler yaitu satu siswa membayar Rp.300.000,- dengan mendapat 1 Buku kenangan dengan file fotonya.

Setiap Foto beranggotakan 6/7 orang dengan masing-masing tema yang berbeda, ada yang memakai tema vintage, holiday, army, dan masih banyak lagi. Erly, Nanik, Tikuk, Faiza, dan juita menjadi satu kelompok dengan ku dengan mengambil tema genk motor vespa, tetapi property vespanya tidak ada jadi kita memilih motor BS seperti motor di film Dilan.

Pemotretan kita laksanakan di Taman Candi daerah Beran, sore pukul 15.00 sampai ba’da Maghrib. Ribet banget disaat pemotretan ini, memilih warna baju yang sepadan, make-up an, dan ada ya rela beli baju atau kerudung untuk event ini saja. Kalau menurutku sih wajar, udah bayar Rp.300.000,- kalau hasil kita tidak maksimal iya sia-sia.hehe.

Waktu yang dinanti-nantikan “Ujian Nasional”

Setelah melalui proses yang panjang belajar mulai dari kelas X hingga kelas XII, inilah saatnya menentukan hasil dari semua itu. Ujian dibagi menjadi 2 yaitu Ujian Nasional dan Ujian Praktek.

Ujian nasional, ujian nasional smkn 1 ngawi
sumber gambar www.pixabay.com

Ujian Praktek

Ujian Praktek adalah Ujian Keterampilan setelah teori yang disampaikan selama 3 tahun diajarkan. Pemasaran memiliki Ujian Praktek yang cukup banyak dibandingkan jurusan lain, karena pemasaran mencakup pelajaran yang luas. Ujian praktek tersebut seperti

  • Melayani customer
  • Mampu Mengoperasikan mesin kasir
  • Penataan Display
  • Penataan Produk
  • Membuat surat PO (Purchase Order)
  • Membuat Media promosi

Selain itu, ada juga Ujian praktek yang menjadi satu mencangkup dari itu semua yaitu membuka stand bazar dan menjual produk kita, praktek ini adalah praktek terakhir dari sekian banyak praktek yang aku sebutkan tadi. Tidak sekedar dinilai secara individu tetapi kekompakan tim untuk bisa menjual produk tersebut adalah poin yang utama. Bazzar ini dihadiri langsung oleh Bapak Ery Juliarto, pemilik Supermarket terkenal yaitu Matahari. Woww, Deg-deg serrr pokoknya disaat hari tersebut.

Ujian Nasional

Ujian Nasional adalah Ujian tertulis dari teori yang sudah disampaikan tersebut. Nah, kalau ujian ini hanya 4 Mata Pelajaran saja yaitu matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia, dan Pemasaran ( semua mata pelajaran menjadi 100 soal).

Ujian di tahun ini sudah memakai ujian berbasis komputer. cukup khawatir sih biasanya memakai kertas kini menjadi komputer, takutnya jika terjadi sesuatu yang tidak disangka semisal komputer erorr, ataupun kita salah mencet dan mengakibatkan kefatalan.

Akan tetapi sebelum ujian yang sebenarnya dilaksanakan kita sudah mengadakan simulasi ujian nasional 3 kali, jadi resiko-resiko yang membuat kefatalan ujian sudah bisa tangani.

Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang menurutku sulit diantara yang lain, karena ujian terbagi menjadi 2 section yaitu ujian reading dan listening. Kelemahanku adalah di mata pelajaran bahasa inggris, mungkin lidah orang jawa ya jadi begitu sulit.hehe.

Pelaksanaan ujian selama 4 hari. 1 hari 1 mata pelajaran. Belajar, belajar, dan belajar. Ketika malas belajar aku langsung mengingat ibuku, cukup ibuku yang menjadi motivasi ku.

Pengumuman Kelulusan

 

pengumuman kelulusan, kelulusan, happy graduation
sumber gambar www.pixabay.com

Sekitar 2 bulan hasil dari Ujian Nasional disampaikan Alhamdulillah hasil sangat memuaskan untuk mata pelajaran yang aku suka yaitu Matematika dan bahasa Indonesia, tidak untuk bahasa inggris. SMK Negeri 1 Ngawi mensyukuri hasil Ujian Nasional ini, karena SMKN 1 Ngawi menjadi sekolah dengan nilai rata-rata ujian nasional yang paling tertinggi se-kab Ngawi, dan salah satu siswa dari TKJ mendapat nilai UN matematika yang paling tertinggi yaitu 9,… aku lupa atas nama Aldento.

Dan untuk nilai tertinggi UN tahun 2017 se-SMK Negeri 1 Ngawi diperoleh anak jurusan Akuntansi. Mella Novika sari yang menjadi sahabatku menjadi nilai UN tertinggi se-jurusan pemasaran.

Happy Graduation

wisuda smkn 1 ngawi, happy graduation, party
Acara selanjutnya yaitu “farewall party” yang diadakan di stadion gelora Bung Tomo, pada tanggal 29 April 2017. Tetapi disaat itu aku merasa sedih, karena sahabatku dan teman sebangku ku Hafizah udah berangkat ke mojokerto bekerja di SAI. disaat usai acara ingin aku bertemu dengan dia, tetapi tidak keburu waktunya.

Terimaksih untuk kalian yang sudah meluangkan waktu untuk membaca kisah putih Abu-abu ku ini, terutama aku peruntukkan untuk teman-teman kelas pemasaran 2, jika pun kalian membaca cerita ku sampai ini satu pesan dari untukku ke kalian

“Janganlah kita lupakan kenangan indah yang selama ini kita ciptakan, walaupun nantinya kita berpisah dan tidak akan pernah lagi terjadi hal hal indah yang bisa kita ciptakan”

Sukses selalu untuk kalian salam persahabatan dan pertemanan, semoga kita bisa menjaga silaturahmi ini.

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”.
[Muttafaqun ‘alaihi]

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu