√7+ Rumah Adat Sumatera Selatan Filosofi, Bentuk Rumah, dan Ruangannya!

√7+ Rumah Adat Sumatera Selatan Filosofi, Bentuk Rumah, dan Ruangannya!

Rumah Adat Sumatera Selatan –  Sumatera Selatan termasuk dalam wilayah Indonesia dan Palembang ialah Ibuota dari Sumatera Selatan tersebut. Termasuk kedalam lingkup wilayah Indonesia pastinya memiliki keragaman kebudayaan yang berlimpah ruah. Ragam budaya tersebut seperti rumah adat, tarian tradisional, pakaian adat, senjata tradisional, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi budaya yang terkenal dari Sumatera Selatan ialah Rumah adatnya. Rumah adat limas adalah salah satu dari puluhan rumah adat sumatera selatan yang cukup terkenal.

Selain itu Sumatera Selatan juga terkenal dengan rumah panggungnya, sesuia dengan kondisi alamnya yaitu rawa dan lebak bahkan sungai. Maka untuk mencegah air tersebut memasuki rumah bagunan ini di desain semacam rumah panggung. Masih ada nih keunikan dari rumah adat Sumatera Selatan, Yuk scroll terus sampai ke bawah… Ini dia 7 rumah adat Sumatera Selatan!

Inilah Rumah Adat Sumatera Selatan

Rumah Adat Sumatera Selatan ⇒ Rumah Limas

Rumah Adat Sumatera Selatan adalah rumah limas Rumah. limas sendiri berasal dari dua kata yakni limas dan emas.
kalimat.id

Rumah tradisional pertama dari Sumatera Selatan yaitu rumah limas. Rumah limas sendiri berasal dari dua kata yakni limas dan emas. Definisi lain menjelaskan bahwa rumah adat limas adalah rumah dengan bentuk panggung dan atapnya yang menyerupai limas.

Bentuk dan Ruangan

Rumah ini memang memiliki bentuk seperti rumah pentagon. Dengan tinggi rumah sekitar 1,5 m sampai 2 m di atas permukaan tanah. Rumah ini memiliki ruangan yang terdiri dari 3 ruangan.

  • Ruang bagian rumah limas depan yaitu ruangan yang biasa disebut ruang beranda.Disinilah ada buah tangga untuk menuju ke dalam rumah. Selain itu juga terdapat gayung dan gentong berisi air yang berfungsi untuk mencucui kaki dan tangan sebelum masuk ke rumah. Pada umumnya ruangan ini juga digunakan untuk beristirahat dan tempat berkumpul keluarga.
  • Ruang tengah rumah limas yaitu ruangan yang terdapat adanya kekikjing. Kekijing sendiri merupakan sebutan dari nama rumah limas memiliki lima ruangan yang bertingkat. Disetiap ruangannya terdiri dua buah jendela yang terletak di sebelah kanan dan kiri. Pada kekijing yang terakhir ditempati lemari dinding yang digunakan sebagai sekat pada rumah limas.
  • Ruang Belakang rumah limas yaitu terdiri dari dapur yang digunakan untuk memasak. Selain dapur, ruangan ini terbagi lagi menjadi 3 ruangan yaitu ruangan untuk menyiapkan masakan, rungan untuk mengolah masakan tersebut, dan ruang ketiga untuk membersihkan peralatan memasak.

Garis keturunan pada rumah limas

Kalain sudah tau tidak ternyata bahwa tingkat atau kijing yang dimiliki rumah limas menandakan garis keturuanan bagi masyarakat Palembang. Menurut catatan kebudayaan, garis keturunan atau kedudukan seseorang dikenal dengan kiagus, kemas, dan massagus, ada juga raden. Unik ya? 

Tingkatan dari keempat tersebut seperti ini :

  • Kiagus adalah tingkatan yang paling rendah
  • Kemas dan Massagus tingkatan yang tengah
  • Raden tingkatan yang diperuntukkan untuk kaum yang tertinggi dan terhormat.

Keunikan dari rumah adat limas Sumatera Utara ini memiliki hiasan yang menjadi ciri khas untuk daerah tersebut. Jika dilihat dengan detail terdapat ornamen simbar atau tanduk pada bagian atas atap.  Simbar tersebut becorak bungan melati melambangkan mahkoa yang bermakna kerukunan dan keagungan rumah adat ini. Sedangkan tanduknya menghiasi atap juga bermakna tertentu sesuai dengan jumlahnya.

Rumah Adat Sumatera Selatan ⇒ Rumah Cara Gudang

Rumah adat sumatera selatan - Rumah cara gudang

Memiliki nama gudang bukan sebagai rumah untuk menyimpan perkakas bekas loh, namun dinamai rumah cara gudang ini sebab rumahnya memiliki bentuk menyerupai gudang yang memanjang.

Rumah adat sumatera selatan tidak seperti rumah adat yang lain yaitu mempunyai kekijing, dan atapnya berbentuk piramidal yang menyesuiakan bentuk rumahnya yang memanjang.

Rumah cara gudang termasuk rumah panggung dengan tinggi tiang penyangganya sekitar 2 meter di atas permukaan tanah yang rata, tidak bertingkat seperti rumah kapur.

Susunan kayu pada rumah cara gudang sangatlah bagus, dengan memanfatkan kayu tembesu, unglen, dan petanang.

Desain interior pada rumah tradisional Sumatera Selatan ini menjulang tinggi merucut seperti halnya piramida. Ruangan pada rumah cara gudang terdiri dari 3 ruangan juga :

  • Ruang depan rumah cara gudang yaitu ruangan yang terdiri dari tangga, galak, dan teras. Garang sendiri merupakan tempat untuk merelaksasi atau tempat bersantai pada sore maupun malam hari. Selain itu jika ada acara pada pemiliki rumah, ruang depan difungsikan sebagai pertunjukkan pentas seni dan penyambutan tamu pada upaca berkah.
  • Ruang tengah rumah cara gudang yaitu ruangan untuk berkumpul dengan keluarga, dan biasanya ruang tengah sebagi tempat untuk memerima tamu yang lebih tua atau orang terhormat.
  • Ruang Belakang rumah cara gudang terdiri dari kamar, dapur, dan bahkan desain interior yang menarik. Kamar tersebut dipakai oleh keluarga atau para gadis untuk bercengkrema. Sedangkan anak-anak kecil tidur di ruang tamu. Area dapur sendiri digunakan sebagai memasak dan ruang serbaguna ( makan, tidur, menerima tamu, menjahit, menyulam, dan kegiatan lainnya).

Rumah Adat Sumatera Selatan ⇒ Rumah Rakit

Sesuai dengan namanya rumah rakit, rumah ini mengapung di atas rakit balok kayu dan potongan bambu

Rumah rakit adalah salah satu dari rumah adat khas Sumatera Selatan juga. Sesuai dengan namanya rumah rakit, rumah ini mengapung di atas rakit balok kayu dan potongan bambu. Nama lain dari ini adalah rumah perahu.

Rumah adat ini berbentuk persegi panjang dan memiliki lebar rumah yang tidak terlalu besar. Jadi, jika dilihat sekilas bentuknya bukan persegi panjang melainkan persegi. Sedangkan atapnya terdiri dari dua bidang yang disebut atap kajang.

Biasanya disetiap sudut rumah rakit dipasang tiang, supaya rumah tidak bergerak, Oh iya tiang tersebut juga dikaitkan dengan tali rotan yang kuat ke sebuah kolom yang dibangun di tepi sungai.

Rumah rakit ini juga memiliki ruangan yang terdiri dari dua bagian utama yakni ruang tidur dan ruang serbaguna sebagai aktivitas sehari-hari. Untuk dapurnya mereka memakai diluar rumah dan juga dilengkapi fasilitas khusus seperti peralatan memasak dan sebagainya. Untuk menghubungkan rumah rakit dengan daratan tepi sungai, mereka juga mebangun jembatan kecil.

Rumah rakit ini adalah rumah adat sulawesi selatan yang memiliki bentuk sedrhan dan juga bahan yang sederhana pula.

Rumah Adat Sumatera Selatan ⇒ Rumah Tatahan

Rumah adat Sumatera Selatan - Suku Pasemah rumah tatahan
romadecade.com

Kembali ke rumah adat khas Palembang selanjutnya yaitu rumah adat tatahan. Rumah ini disebut rumah tatahan sebab banyak sekali ukiran atau rajutan pada bangunannya.

Memiliki bentuk bujur sangkar yang dibangun diatas kolom setinggi berkisaran 15 meter yang terbuat dari bahan kelatwood atau tembusa yang tahan lama dan kuat.

Adapun kamar di rumah tradisional ini terbagi menjadi dua ruang utama yaitu ruang depan dan ruang tengah. Ruang depan berbentuk semacam beruge atau garang yang digunakan untuk tempat memasak. Tersedianya juga tanah dan kompor sebab mereka memasaknya masih menggunakan cara tradisional.

Rumah Adat Sumatera Selatan ⇒ Rumah Kilapan

Rumah Adat Sumatera Selatan - Ruma adat kilapan
kangapip.com

Rumah kilapan termasuk rumah adat Palembang. Rumah ini memiliki keunikan tersendiri yaitu rumah tanpa dinding, bukan gubuk loh. Rumah tanpa dinding ini masih disempurnakan dengan ditutupi oleh daun sagu atau ketam.

Masuk dalam kategori rumah bergaya panggung dengan ketinggian 1,5 meter namun kolom dibawah rumah tidak ditanam seperti halnya rumah piramidal. Sedangkan untuk menepatkan barelnya hanya ditanah dan diperkuat.

Ruangan rumah tatahan ini sama dengan rumah adat Sumatera lainnya yang terdiri ruang depan, baris atas, dan ruang bawah.

Rumah Adat Sumatera Selatan ⇒ Rumah Kingking

Rumah ini juga termasuk dalam rumah bergaya panggung, dengan tiang sebagai penyangganya. Rumah kingking ini berbentuk bujur sangkar dengan atap yang terbuat dari bambu yang sudah terbelah menjadi, belaham bambu tersebut biasanya disebut gelumpai. Sedangkan bagian ruangannya sama dengan rumah tatahan, ruang depan, baris atas, dan ruang bawah.


Itulah ragam rumah adat Sumatera Selatan√ yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri mulai dari rumah limas, rumah cara gudang, rumah tatahan, rumah kilapan, dan sebagainya. Semoga setelah membaca artikel ini manambah wawasan kita dalam mengenal Indonesia dan tentunya bisa menambah kecintaan kita untuk Negara Indonesia ini.

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu