√20 Jenis Tarian Jawa Timur, yang Perlu di Lestarikan oleh Kalian Anak Milenial
pixabay.com

√20 Jenis Tarian Jawa Timur, yang Perlu di Lestarikan oleh Kalian Anak Milenial

Hallo sahabat hownesia… kembali lagi dengan artikel yang masih mengungkap keindahan-keindahan yang tersembunyi di Indonesia, mulai dari keindahan alam, kesenian, dan keragaman kebudayaan.

Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu yang mempunyai keragaman kebudayaan mulai dari rumah adat yang terkenal dengan rumah Joglo. Kesenian alat musik Jawa Timur yang terkenal dengan Gamelan, dan masih banyak sekali.

Perkembangan Seni Tari di Jawa Timur

perkembangan tarian khas jawa timur
curvetube.com

Artikel kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai kesenian tari yang terdapat di Jawa Timur.  Jenis tarian khas Jawa Timur ini merupakan bentuk kesenian yang paling banyak ragamnya baik dari tarian tradisional maupun tarian kreasi baru.

Tari tradisional dari Jawa Timur berkembang secara turun temurun dan menjadi sebuah identitas sendiri bagi masyarakat Jawa Timur. Jenis tarian dari Jawa Timur ini sebagian besar keseniannya cukup dipengaruhi oleh kesenian gaya Jawa Tengahan (Mataram). Akan tetapi pasti ada perbedaan dari kedua kesenian tersebut yang akan menjadi ciri khas masing-masing.

Seiring bertumbuhnya globalisasi dunia ini, kesenian modern turut mempengaruhi keberadaan kesenian Jawa Timur. Pengaruh tersebut terdapat pada unsur-unsur pendukungnya seperti panggung, iringan, rias, dan tata busana.  Namun pengaruh-pengaruh tersebut sebagian besar beresiko dengan kesenian tradisional khususnya di Jawa Timur ini.

Teringat di zaman sekarang sulit sekali mengembangkan kesenian tari, dapat dibilang seni tari diambang kepunahan. Seperti halnya kasus di tahun 2007 hampir hilangnya kesenian Reyog kita yang diekploitasi oleh negara lain.

Saya berharap dengan saya menulis artikel ini bisa membantu kalian, teruntuk bagi pembaca yang berasal dari propinsi tersebut. Meskipun kita tidak bisa mengembangkan maupun menarikan seni tari dari Jawa Timur, kita cukup mengetahuinya. Dengan mengetahuinya, kedepannya kita bisa mullai berfikir untuk menjaga dan melestarikannya.

Baiklah langsung saja ini dia Jenis Tarian Jawa Timur yang perlu kalian Ketahui.

Jenis Tarian Jawa Timur

1. Tari Tanduk Majeng (Madura)

tarian jawa timur tari tanduk majeng
www.antarafoto.com

Mulai dari pulau yang terpisah dengan pulau Jawa akan tetapi masih masuk dalam Provinsi Jawa Timur yaitu Madura. Tari tanduk majeng ini berasal dari Madura.

Tarian yang bisa ditarikan secara individu maupun berkelompok ini diringi dengan alat musik tradisional seperti sinden, gamelan, dan lain-lain. Tari tanduk majeng dipertunjukkan diajang perlombaan kesenian Jawa Timur karena tari taduk majeng bisa dikatakan sebagai tarian cukup terkenal di Madura.

Tari Tanduk Majeng merupakan sebuah tarian yang menggambarkan tentang para wanita Madura yang semangat menghibur suaminya.

2. Tari Sri Panganti (Lamongan)

tari sri panganti tarian khas jawa timur
budayajawa.id

Tari sri panganti berasal dari dua kata yaitu “Sri” yang berarti Perempuan dan “Penganti” memiliki arti menanti atau menunggu. Jadi arti dari tari sri panganti yaitu seorang perempuan yang sedang menanti pemuda idaman.

Gerakan dari tari sri panganti ini lemah gemulai yang sesuai dengan arti untk memikat para pemuda idamannya.

Tari Sri Panganti merupakan sebuah tarian yang menggambarkan anak-anak yang menginjak usia remaja yang jatuh cinta dan menanti seorang pemuda.

3. Tari Baskelan (Malang)

tari baskelan tarian khas jawa timur
www.youtube.com

Tari Baskelan adalah tarian yang dipertunjukkan pada pembukaan kesenian ludruk, tepatnya sebagai tari pembuka setelah tari Remo.

Tari baskelan dan tari remo memiliki kesamaan dalam hal gerakannya. Akan tetapi tari baskelan gerakannya lebih anggun, lincah dan dinamis. Sehingga menggambarkan sisi kecantikan dan kelincahan seorang wanita.

Tari Baskelan merupakan sebuah tarian yang untuk menyambut kedatangan tamu kehormatan yang datang kesana.

4. Tari Gembu (Sumenep)

tarian jawa timur-tari gembu
id.wikipedia.org

Tari tradisional gembu atau lebih dikenal dengan tari keris merupakan kesenian asli dari Jawa Timur, tepatnya daerah Lamongan. Tari gembu juga merupakan sebuah tarian yang sebagian orang menyatakan hampir sama dengan tari gilipang.  Fungsi dari tari gembu sendiri yaitu untuk menyambut para tamu agung dan para raja di daerah sumenep.

Tari gembu adalah sebuah tarian yang menggambarkan prajurit yang berlatih perang dengan berbekal senjata tradisional keris dan perisai kecil.

5. Tari Glipang (Probolinggo)

Tari glipang tarian khas jawa timur
vindiaaldiana.wordpress.com

Tari glipang merupakan sebuah tarian yang berasal dari Probolinggo, Jawa Timur.  Kata Glipang berasal dari kata bahasa Aran yang memiliki arti kebiasaan. Kebiasaan yang dimaksud dalam tari glipang ini adalah kebiasaan dari masyarakat Probolinggo yang lama-kelamaan menjadi tradisi.

Berdasarkan catatan sejarah, tari glipang ini adalah tarian yang dibawakan oleh seorang pemuda dari Madura yaitu Sari Truno. Tetapi keberadaan tarian yang dibawakan oleh Sari truno ditolak karena masyarakat Probolinggo yang agamis dan menganggap tarian tersebut yang terdapat topengnya menyimpan alat musik gamelan.

Pada akhirnya kesenian ini diterima dan berkembang dengan menjadikan kesenian tersebut menjadi Raudlah yang artinya olahraga.

Tari Glipang merupakan sebuah tarian yang menggambarkan betapa gagah dan terampilnya para pemuda yang sedang berlatih olah keprajuritan.

6. Tari Reog Kendang (Tulungagung)

tari reog kendang tarian jawa timur
kesenianririn.blogspot.com

Tarian Jawa Timur selanjutnya adalah tari reog kendang atau bisa disebut reog Tulungagung.

Sesuai dengan namanya yang mengandung kata Kendang, para pemain Reog Kendang membawa alat musik yang serupa dengan Kendang atau Tam-Tam (kendang kecil yang digendong).

Tari Reog Kendang adalah sebuah tarian yang awalnya  menceritakan kisah tentang perjalanan para mantan Gemblak mencari jati diri. Karena perkembangan zaman, banyak versi cerita yang di gunakan dalam pementasan.

7. Tari Jaranan Buto (Banyuwangi)

tari jaranan buto tarian jawa timur
blogkulo.com

Tarian Jawa Timur ini berasal dari Banyuwangi dan Blitar tarian tersebut adalah Tarian Jaranan Buto. Sesuai dengan namanya tari jaranan buto di dalam pertunjukkannya memakai properti jaranan buatan, seperti pada tarian kesenian Kuda lumping, jaran kepang, dan Jathilan. Tetapi perbedaanya dari tari jaranan buto ini sendiri adalah pemakain kuda lumpingnya berbentuk wajah raksasa atau buto begitu juga dengan pemainnya.

Tari Jaranan Buto merupakan seni pertunjukkan yang dibawakan oleh sedikitnya 16-20 orang untuk mengiringi acara khitanan, acara pernikahan. Tari Jaranan diiringi alat musik seperti kendang, dua bonang, dua gong besar, kempul terompet, kecer (seperti penutup cangkir) yang terbuat dari bahan tembaga dan seperangkat Gamelan.

Tari Jaranan Buto merupakan sebuah tarian yang menggambarkan seorang raksasa yang lengkap dengan muka merah bermata besar, bertaring tajam, berambut panjang dan gimbal.

8. Tari Reog Ponorogo (Ponorogo)

tari reog ponorogo tarian jawa timur
syaukisthl123.blogspot.com

Tari berikutnya yang berasal dari Jawa Timur adalah tari reog ponorogo. Tari Reog Ponorogo merupakan salah satu tarian yang cukup terkenal di Indonesia sampai di dunia.

Tari reog ponorogo sendiri dimainkan secara berkelompok, dengan terbagi menjadi bererapa kelmpok lagi yaitu :

  • Barongan (Dadak merak) sebagai penari inti yang menggunakan topeng kepala singa yang seberat 50kg dengan diatasnya terdapat mahkota bulu-bulu merak yang beratnya juga 50kg.
  • Warok Ponorogo para pemain yang memakai pakaian serba hitam dengan polosen wajah merah.
  • Jathil para pemain tarian kuda yang dibawakan oleh 6-8 gadis dengan menaiki kuda
  • Bujang Ganong (Ganongan) atau Patih Pujangga Anom adalah salah satu tokoh yang enerjik, kocak sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri.
  • Klono Sewandono atau Raja Kelono adalah seorang raja sakti mandraguna yang memiliki pusaka andalan berupa Cemeti yang sangat ampuh dengan sebutan Kyai Pecut Samandiman kemana saja pergi sang Raja yang tampan dan masih muda ini selalu membawa pusaka tersebut.

Tari Reog Ponorogo adalah sebuah tarian perang antara Kerajaan Kediri dan Kerajaan Ponorogo, dan mengadu ilmu hitam antara keduanya, para penari dalam keadaan “kerasukan” saat mementaskan tariannya.

9. Tari Topeng Malangan (Malang)

tari topeng malangan tarian khas Jawa timur
merahputih.com

Sudah terlihat dari namannya yaitu tari topeng malangan maka tari topeng ini berasal dari Kota Malang. Pementasanya dengan menggunakan topeng dan dibawakan oleh satu kelompok maupun sendiri. Pemain juga memakai pakaian kostum sesuai tokoh ysng diceritakannya.

Dilihat secara sekilas Dilihat secara sekilas, Tari Topeng Malangan ini hampir sama dengan wayang Wong, yang membuat wayang ini berbeda yaitu pemerannya yang menggunakan topeng dan cerita yang dibawakan biasanya adalah cerita panji.

Tari Topeng Malangan adalah sebuah tarian yang menggambarkan  cerita Panji dengan tokoh-tokoh seperti Galuh Candrakirana, Raden Panji Inu Kertapati (Panji Asmarabangun), Dewi Ragil Kuning, Raden Gunungsari dan lain-lain.

10. Tari Sparkling (Surabaya)

tarian jawa timur, tari sparkling surabaya
kabarbisnis.coom

Tari sparkling adalah tarian Jawa Timur, tepatnya di ibukota Surabaya. Tarian ini merupakan tarian kombinasi dari tari tradisional dan tari modern, tetapi penggabungan tersebut tidak meninggalkan nilai seni dan sosial budayanya. Tarian ini sudah dikenal oleh masyarakat Surabaya dan dijadikan sebagai tarian untuk menyabut wisatawan atau tamu besar.

Tari Sparkling adalah sebuah tarian kreasi perpaduan dari seni tradisional dan tari modern.

11. Tari Singo Ulung (Bondowoso)

tarian singa ulung tarian jawa timur
warisanbudaya.kemdikbud.go.id

Tari Singo Ulung adalah sebuah tarian yang menyerupai tarian barongsai tetapi dikemas dengan cara berbeda yaitu lebih sederhana dan juga tema yang dibawakan berbeda.

12. Tari Petik Pari (Pacitan)

tari petik sari tarian jawa timur
www.indonesiakaya.com

Tari petik pari adalah tarian Jawa Timur yang berasal dari Kota Pacitan. Tari petik pari ini dikembangkan oleh Anang dari sanggar Blarak Pacitan.

Tari Petik Pari adalah sebuat tarian yang menceritakan perayaan dari hasil panen padi.

13. Tari Mual Sangkal (Madura)

tari mual sangkal, tarian jawa timur
dunia-kesenian.blogspot.com

Tari Mual Sangkal adalah tarian Jawa Timur yang berasal dari Madura. Pencipta tari mual sangkal ini adalah Yaufikurrachman, seorang seniman yang berasal dari Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur.

Tari mual sangkal ini merupakan tarian untuk ritual tolak bala atau menjauhkan dari mara bahaya oleh masyarakat Madura.

Tari Mual Sangkal adalah sebuah tarian yang menceritakan seorang seniman yang peduli akan kekayaan dimiliki oleh Madura yang banyak karya dan keunikan, selain itu juga untuk mengangkat kembali sejarah dari kehidupan Keraton Sumenep.

14. Tari Lenggang (Surabaya)

tari lenggang surabaya, tarian khas jawa timur
budayajawa.id

Tari Lenggang merupakan tarian yang diciptakan oleh Dimas Pramuka Admaji pada tahun 1995, terciptannya tarian ini adalah penawaran untuk memeriahkan hari jadi Kota Surabaya.

Tarian Lenggang dipentaskan oleh penari wanita dengan gerakan yang indah dan anggun.

Tari Langgeng adalah sebuah tarian yang diadaptasi dari pengembangan kesenian sebelumnya yaitu Tari Tanda’an atau Ledek Tayub dan juga Sandur Madura.

15. Tari Lahbako (Jember)

tari lehbako berasal dari jember, tarian jawa timur
budayajawa.id

Tari Lahbako adalah tarian kesenian Jawa Timur dari Jember, Tarian ini juga menjadi sebuah ikon kota Jember. Dipentaskan oleh perempuan dengan gerakan yang menggambarkan aktivitas seorang petani.

Tari Lahbako adalah sebuah tarian yang menggambarkan aktivitas dari para petani di ladang atau kebun tembakau.

16. Tari Kethek Ogleng (Wonogiri)

tari kethek ogleng tarian jawa timur
smartstudentweb.wordpress.com

Tari kethek ogleng adalah tariana yang berasal dari bahasa jawa “Kethek” yang memiliki arti Kera, jadi sesuai namanya tari kethek ogleng adalah tarian yang gerakannya menirukan tingkah laku dari kera.

Tari Kethek ogleng adalah sebuah tarian yang menggambarkan sebuah alur cerita dari putri Dewi Sekartaji, yaitu putri Kerjaan Jenggala, Sidoarjo dan Raden Panji Asmorobangun yang berasal dari kerajaan Dhaha Kediri.

17. Tari Seblang (Banyuwangi)

tari seblang banyuwangi, tarian jawa timur
infobwi.wordpress.com

Tari Seblang adalah tarian Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi. Tarian ini berbeda dengan tarian yang lainnya karena pemainnya hanya satu perempuan dan perempuan tersebut adalah perempuan pilihan oleh dukun di tempat tersebut.

Tari Seblang adalah tarian yang mempunyai keunikan tersendiri yaitu penarinya memiliki Syarat dan kriteria untuk menjadi penari Seblang ini pun hanya sang dukun yang mengetahuinya

18. Tari Remo (Jombang)

Tari-Remo-Jawa-Timur
blogkulo.com

Tari remo adalah tari yang berasal dari Jombang, pecipta dari tarian kesenian ini bukanlah seorang seniman, melainkan seorang pengamen. unikkan. Tari remo banyak dikagumi oleh masyarakat karena gerakan yang energik dan lincah. Kini tari remo bukanlah tarian biasa yang namun menjadi tarian pembuka dalam kesenian pertunjukan Ludruk di Jawa Timur.

Tari Remo adalah tarian yang menggambarkan sebuah kesan suasana ceria dan bahagia.

18. Tari Jaran Kepang

tari jaranan kepang, tarian khas jawa timur
id.wikipedia.org

Nama tari jaran kepang berasal dari nama “jaran” yang berarti Kuda dan kata “kepang” berarti anyaman bambu. Jadi, makna dari jaran kepang adalah tari tradisional yang dimainka oleh penari dengan menaiki kuda tiruan yang terbuat dari anyaman bambu.

Tari jaranan kepang menarikan sebuah cerita yaitu seorang prajurit yang gagah perkasa sedang menunggang kuda dengan atraksi yang luar biasa. Tari jaranan kepang terkenal dengan nilai spirtualnya karena pemainnya sering menunjukan atraksi kesurupan.

Tari Jaranan Kepang adalah sebuah tarian yang menceritakan tentang sosok pahlawan yang menunggangi kuda

19. Tari Gandrung (Banyuwangi)

tari gandrung banyuwangai tarian jawa timur
merahputih.com

Tari gandrung adalah tarian yang berasal dari Banyuwangi. Tarian ini dimainkan oleh wanita penari profesional dan menari oleh para tamu (terutama laki-laki) yang disebut pemaju.

Tari Gandrung adalah tarian yang menggambarkan rasa pesona masyarakat Banyuwangi terhadap Dewi Sri atau Dewi Padi yang telah membawa kesejahteraan kepada masyarakat. Oleh karena itulah maka tari Gandrung Banyuwangi ini dahulu biasa dibawakan setelah panen raya.

20. Tari Bedoyo Wulandaru (Banyuwangi)

tari bedaya wulandaru banyuwangi tarian jawa timur
www.indonesiakaya.com

Selanjutnya, masih yang berasal dari Banyuwangi yaitu tarian bedoyo wulandari. Tari bedoyo wulandari ini konon menceritakan sebuah penyambutan kedatangan rombongan dari Prabu Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajahmada saat bertamu ke daerah mereka.

Maka dari itu tari bedaya wulandaru dipentaskan dengan rasa bahagian dan senang dalam perwujudan penyambutan tersebut.

Tari Bedoyo Wulandaru adalah tarian dari bentuk ekspresi rasa gembira dari masyarakat Blambangan dalam menyambut tamu yang dianggap agung oleh mereka

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai Jenis tarian Jawa Timur. Semoga kita sebagai generasi milenial harus tau tentang ini cukup mengetahui bahkan mengembangkannya kalian sudah membantu melestarikan kebudayaan Indonesia. Jangan sia-sia kan kekayaan kebudayaan di Indonesia ini ya, karena banyak negara asing yang menginginkannya. Sampai Jumpa..

 

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu