√13+ Tarian Papua Energik dan Unik yang Harus Kalian Coba | Lengkap

√13+ Tarian Papua Energik dan Unik yang Harus Kalian Coba | Lengkap

Yeay kita bisa bertemu kembali dengan artikel yang pastinya unik dan menarik dengan tema kali ini yaitu Tari tradisional Papua, setelah kemarin membahas rumah adat Papua, alat musik Papua, pakaian adat Papua, sekaligus senjata tradisionalnya.

Jangan Lupa Dibaca Juga Yah!

Papua yang dulunya dikenal dengan nama Irian Jaya ini memiliki pulau yang besar daripada Pulau di Indonesia yang lainnya. Tercatat bahwa Pulau Papua mendapatkan peringkat pertama se-Indonesia kemudian peringkat kedua se-Dunia.

Nah oleh sebab itu kekayaan budaya di Papua bertumpah ruah sejak nenek moyang dan di generasikan ke anak cucunya yaitu kita anak milenial. Maka kita harus menjaganya ya!

Tarian Papua yang Tidak Kalah Uniknya

Tarian Papua yang unik dan energik

Oke kembali ke budaya Papua yaitu tentang tari tradisional Papua. Tari sendiri merupakan gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Untuk menyelaraskan antara gerakan dan musiknya diperlukan irama pada musiknya.

Fungsi dari tari Papua ini beragam seperti untuk acara pesta adat istiadat, pernikahan, atau hanya sebatas hiburan semata, bahkan di tarian Papua dipertunjukkan pada acara kematian.

Masih penasaran kelanjutannya apa?

Oke ini dia 15 Tari Tradisional Papua yang diulas dari beberapa sumber.

1. Tarian Papua ⇒ Tari Musyoh

Tari Masyoh adalah sebuah tarian yang digunakan untuk mengusir arwah yang gentayangan.
sumber.com

Tari tradisional pertama dari Papua adalah tari musyoh yang bisa dibilang sih tari sakralnya daerah Papua. Konon katanya awal mula tarian ini diadakan jika ada sanak saura atau warga setempat mengalami kececlakaan maut yang diperkirakan arwahnya tidak tenang.

Gerakan pada tari masyoh ini cukup lincah dan energik yang mencerminkan kehidupan dari masyarakat Papua. Tarian ini juga dipertunjukkan oleh sekelompok pria. Kostum yang dikenakan adalah pakaian adat Papua  yang terdiri dari koteka, rok rumbai, dilengkapi dengan senjata tradisional yakni tameng dan tombak. Sedangkan, Alat musik yang mengiringi tari musyoh adalah tifa.

***

Tari Masyoh adalah sebuah tarian yang digunakan untuk mengusir arwah yang gentayangan.

2. Tarian Papua ⇒ Tari Sajojo

Tarian papuan Tari sojojo adalah sebuah tarian menceritakan seorang bunga desa yang banyak diidolakan dikampungnya.
blogkulo.com

Tari sajojo adalah tari tradisional Papua yang diperkirakan ada semenjak tahun 1990-an. Kemudian mulai berkembang dan sering ditampilkan di acara-acara TV. Sebab memiliki gerakan yang ceria, tari sajojo menjadi terkenal di penduduk Papua.

Kecerian yang di ekspresikan pada tarian tersebut ternyata mencerminkan budaya warga Papua yang senang bergaul. Tarian sajojo ditarikan oleh sekelompok anak muda maupun tua yang tidak dibatasi berapa jumlahnya, sebanyak apapun tidak masalah bagi mereka “It’s Oke”

Memiliki nama tari sajojo, ternyata diambil dari nama lagu yang mengiringinya yaitu lagu sajojo. Lagu sajojo sendiri ialah lagu yang hampir sama dengan lagu poco-poco . Tarian ini masih dilestarikan hingga sekarang bahkan wisata asing mencari-cari tarian Papua ini.

***

Tari sojojo adalah sebuah tarian menceritakan seorang bunga desa yang banyak diidolakan dikampungnya.

3. Tarian Papua ⇒ Tari Yospan

Tarian Papua adalah Tari Yospan

 

Tari yaspon adalah tarian Papuan yang masuk ke dalam tari pergaulan sama dengan tari sajojo. Dimana tarian ini menggambarkan pergaulan masyarakat Papua yang terlihat pada gerakannya yang begitu lincah dan sangat energik.

Tarian ini tidak kalah populer juga dengan tari Papua yang lainnya dan sering digunakan pada acara-acara besar seperti upacara adat, acara seni budaya dan upacara penyambutan.

Sejarah singkat dari tari yospen ini yaitu awal mulanya merupakan penggabungan dari Tari Pancar dan Tari Yosim. Bentuk gerakannya berupa loncat-loncat, jalan-jalan, berputar, dan sebagainya. Gerakan tersebut terinpirasi dari pertunujukkan pada zaman kala itu.

Tari ini mulai berkembang dengan memiliki gerkana yang lebih bervariatif dan jumlah penari tidak dibatasi.

***

Tari Yosim adalah sebuah tarian yang cukup terkenal sebagai jenis tarian pergaulan masyarakat Papua.

4. Tarian Papua ⇒ Tari Selamat Datang

Tari Selamat Datang Asal Papua - taria papua

Sesuia dengan namanya tarian Papua jenis ini adalah tari yang difungsikan sebagai penyambutan kedatangan para tamu besar maupun tamu kehormatan di Papua.

Tarian ini sudah menjadi tari simbolis bagi Papua dan salah satu tarian kebanggan mereka. Memiliki gerakan yang energik juga, tetapi disetiap gerakannya mengandung nilai estetika.

Padahal sudah lama tarian digunakan oleh masyarakat Papua, namun tidak ada sejarah singkat yang mencatat keberadaan tari sambutan ini.

Penarinya tidak harus laki-laki ataupun perempuan, bisa laki-laki dan sebaliknya. Kostum yang dipakai adalah pakaian adat Papua sekaligus dilengkapi senjata tradisional. Tari ini diiringi oelh alat musik tifa.

***

Tari Selamat Datang adalah sebuah tarian yang menjadi kebanggan sebagai penyambutan kedatangan para tamu besar maupun tamu kehormatan di Papua.

5. Tarian Papua ⇒ Tari Perang

tari-perang-papua adalah tarian kha papua
www.ragamseni.com

Tari perang merupakan tari tradisional khas Papua yang mengambil kisah zama dahulu yang sering terjadi perang antara suku sentani dan suku-suku lainnya. Nah, untuk memberikan semangat untuk pasukan Papua mereka membuat tarian perang. Pada akhirnya peperangan sampai sekarang sudah ditiadakan, namun tari ini masih dijaga dan dilestarikan.

Dan untuk saat ini fungsi dari tari perang bukan untuk memberikan semangat melainkan sebagai  tarian simbolik untuk menghargai para leluhur saja yang telah mati-matian melindungi daerah Papua.

Karena jenis tari ini perang yang menandakan jiwa kepahlawanan bagi masyarakat Papua, maka yang menarikan tarian ini yakni laki-laki dengan pakaian adat lengkap senjata tradisional. Penari tersebut berjumlah 7 orang ataupun lebih.

Sedangkan alat musik yang mengiringinya yaitu kerang, tifa dan gendang. Memiliki tarian yang cukup energik dan menampilkan beberapa gerakan perang, antara lain memanah, loncat, mengintip musuh, dan lain-lain.

***

Tari Perang adalah sebuah tarian yang menceritakan semangat jiwa kepahlawanan pasukan Papua.

6. Tarian Papua ⇒ Tari Suanggi

Keragaman Tarian Papua - Tari Saunggi
rumahpapua.com

Tari khas Papua yang berikutnya berasal dari Papua Barat. Tarian ini menceritakan sebuah suami yang ditinggal mati oleh istrinya. Masyarakat mempercayai bahwa di dalam tarian ini banyak sekali magis seperti ritual.

Arti dari “Suanggi” sendiri ialah roh jahat. Kalian jangan takutnya bahwa roh tersebut bakalan menjadi roh penasaran sebab roh tersebut memiliki janji yang belum ditebus semasa ia hidup.

Ngerinya juga roh tersebut bisa memasuki jiwa perempuan yang masih hidup dan bisa mencelakakan orang lain. Hanya sebatas itu cerita dari tari suanggi, tidak begitu banyak info yang didapatkan seperti asal usulnya, siapa nama istri yang meninggal, dan sebagainya.

Bila kamu melihat sekilas dari tari ini memilki gerakan seperti mbah dukun yang menyembuhkan penyakit pasiennya.

***

Tari Suanggi adalah sebuah tarian yang cukup kental nilai spiritualnya yaitu roh yang bisa merasuki jiwa manusia khususnya perempuan.

7. Tarian Papua ⇒ Tari Magasa

Tari tradisional Papua adalah tari magasa

Tari magasa adalah tarian dari tradisi Suku Arfak, Papua Barat. Tari magasa bisa disebut tari ular sebab mereka akan menari sasambil bergandengan tangan dan membentuk barisan seperti ular sehingga juga sering disebut dengan tari ular.

Tari Magasa dapat dipentaskan baik pria maupun wanita dan dimainka secara beramai-ramai.

***

Tari Magasa adalah sebuah tarian yang merayakan kemenangan ketika melakukan sesuatu kemenangan dan jsebagai tarian untuk menyambut tamu kehormatan yang bertandang.

8. Tarian Papua ⇒ Tari Watakula

Tarian Papua - tarian watukala Tari Watukala adalah sebuah tarian yang memberi apresiasi atas inovasi serta perkembangan yang sudah dilakukan masyarakat nelayan yang mengikuti perkembangan waktu.

 

Tari Wutukala merupakan sebuah tarian adat Papua tepatnya dari Suku Moy, Papua Barat. Tari ini juga merupakan jenis tarian yang memperlihatkan aktivitas masyarakat Suku Moy ketika sedang berburu ikan sebab memang tinggal di wilayah pesisir Sorong, Papua Barat yang berprofesi sebagai nelayan.

Asal mula muncul tari watukala ini yakni ide dari para pelayan yang menggunakan bubuk bakar akar tuba yang mengandung racun yang memudahkan mereka untuk mencari ikan, sebab dissat itu jika mengandalkan tombak sulit dilakukan.

***

Tari Watukala adalah sebuah tarian yang memberi apresiasi atas inovasi serta perkembangan yang sudah dilakukan masyarakat  nelayan yang mengikuti perkembangan waktu.

9. Tarian Papua ⇒ Tari Afaitaneng

Tari afataineng adalah Tari yang berasal dari Papua tepatnya daerah Ambai, Pulau Yapen, Serui bagian Selatan.  Arti dari afaitaneng sendiri yakni “panah milik kami” jadi kata afaitaneng berasal dari kata afai yang berarti panah dan taneng yang berarti milik. Ciri khas dari tarian yakni tari afaitaneng dimainkan semalam suntuk mulai sore sampai malam sesudah berperang.

***

Tari Afaitaneng adalah sebuah tarian menggambarkan tentang kekuatan, kehebatan dan juga kemenangan kumpulan orang yang berperang melawan musuh dengan senjata panah.

10. Tarian Papua ⇒ Tari Rilejale

Tari Awaijale Rilejale adalah tarian yang berasal dari Papua tepatnya di daerah Sentani, Kabupaten Jayapura yang dihuni Suku Sentani. Tarian ini dimainkan oleh Para petani tersebut terdiri dari kelompok pria dan wanita yang memakai pakaian bernama pea malo terbuat dari serat pohon genemo, kulit kayu dan juga daun sagu lengkap dengan perhiasan hamboni atau kalung manik manik.

***

Tari Awaijale Rilejale adalah menceritakan tentang keindahan alam danau Senatni di kala senja yakni saat warga pulang dari bekerja dengan cara naik perahu.

11. Tarian Papua ⇒ Tari Aniri

Tari Aniri adalah sebuah tarian yang berasal dari kampung Koakwa, Kabupaten Fak-Fak, Provinsi Papua Barat, Tarian ini sangat berhubungan dengan nilai magis.

Tidak sembarangan orang yang bisa menarikan tarian ini sebab masih berbau sakral, dilihat dari gerakan tarinya yang dinamis.

***

Tari Aniri adalah sebuah tarian yang memiliki arti pembebasan anak. Pembebasan seorang anak dari gangguan setan, karena ditinggalkan oleh kedua orang tuanya yang pergi ke dusun.

12. Tarian Papua ⇒ Tari Aluyen

Tari khas Papua yang berasal dari Kalasaman, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat. Aluyen sendiri merupakan lagu yang digunakan untuk mengiringi tarian ini. Maka dari itu namanya menjadi tari aluyen.

Tari aluyen sendiri dipimpin oleh seorang penari dan diikuti oleh penari lainnya (penari pria dan wanita). Gerakan dari tari ini yaitu mengitu pemimpin penari dari belakang sambil menggoyangkan pinggul. Para penari tersebut mengenakan pakaian yang disebut kamlanan, dengan perhiasan yang dipakai di tangan atau gelang yang terbuat dari li (manik-manik), medik (gelang dari sejenis tali tertentu), dan eme (perhiasan dari daun pandan).

***

Tari Aluyen adalah sebuah tarian yang fungsinya sebagai upacara adat yang berhubungan dengan membangun rumah baru, membuat kebun baru, dan lain sebagainya.

13. Tarian Papua ⇒ Tari Det Pok Mbui

Tari terakhir dari Papua adalah Tari Det Pok Mbui yang berasal dari tiga kecamatan sekaligus yaitu kecamatan gats, Sauwa Ema, dan Pirimapun yang berada di kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Tari ini termasuk kedalam tari kelompok yang dimainkan oleh sekumpulan pria dan wanita yang ditarikan  pada siang hari dengan durasi pertunjukan hingga 4 jam. Dengan bagian wajah dan tubuh penari dihiasi oleh warna hitam arang dan putih kapur.

Tempat pertunjukkan ini begitu asri yaitu di alam di tepi sungai, karena ada adegan menaiki perahu, ada beberapa perahu topeng yang dibawakan oleh beberapa orang penari.

***

Tari Tari Det Pok Mbui sendiri berarti upacara topeng setan terbukti dengan penari memakai hiasan kapur putih seperti layaknya topeng setan.


Nah itu dia 13 Jenis tari tradisional dari Papua, yang menjadi tarian khas Papua dan menjadi tarian kebanggaan bagi masyarakat Papua. Pada umunya semua tarian dari Papua ini memiliki gerakan yang cenderung energik dan dinamis. Selain itu masih banyak juga kandungan spiratual pada tarian Papua ini.

Cuku menarik pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat artikelnya untuk kalian pembaca setia hownesia dan saya berharap bertambahnya wawasan kita mengenai Indonesia bertambanya pula rasa peduli kita untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita.

Sampai Jumpa! Ohh iya Maaf sebelumnya pada artikel kali ini banyak yang tidak lengkap untuk gambarnya sebab banyak yang terbuka auratnya, Sekian dan terimakasih…

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu