Serba-Serbi 14 Jenis Tarian Riau, yang Harus Diketahui

Serba-Serbi 14 Jenis Tarian Riau, yang Harus Diketahui

Tarian Riau – Kembali lagi dengan artikel hari ini membahas jenis tarian adat tradisional Riau. Riau atau disebut Kepulaun Riau ini memiliki keragaman kebudayaan dan kesenian, mulai dari rumah adat, alat musik, upacara adat, tarian, pakaian adat, dan masih banyak lagi.

Keragaman kebudayaan tersebut pastinya mempunyai keunikan dan menjadi ciri khas pada daerah tersebut.

Jika berbicara tentang tari, tari sendiri memiliki makna suatu gerakan yang indah dan berirama yang mengandung unsur penting gerak dan irama. Gerak bisa diartikan gejala primer dan juga bentuk spontanitas dalam jiwa, Sedangkan irama ialah bunyi yang teratur mengiringi gerakan tersebut.

Setiap gerkan pasinya memiliki makna masing-masing dan biasanya satu tarian tersebut menceritakan kehidupan pada masyarakat.

Nah, untuk jenis tarian dari Riau ini pastinya banyak sekali nilai filosofinya yang berhubunga denga religi, teringat bahwa masyarakat riau adalah suku Melayu yang didominasi denga orang yang beragana Islam.

Yuk, langsung saja kita mulai pembahasan kali ini.

Nama tarian tradisional Riau

1. Tari Zapin

Tari zapin adalah tarian Riau
www.antarafoto.com

Tari tradisional yang pertama dari Riau adalah tari zapin. Tari zapin ialah tarian yang dibawakan oleh pedagang pada abad ke-16. Tari tersebut juga terinpiasi dari seorang keturunan Arab yang berasal dari Yaman.

Gerakan pada tarian pun terbilang lincah, sebab gerakan kaki harus cepat mengikuti pukulan gendang (marwas).

Selain itu pada gerakan awal dan akhir tarian penari akan akan memperlihatkan gerakan seperti salam dan tidak boleh menggoyangkan pinggul serta tidak boleh mengangkat kaki terlalu tinggi yang dibawakan oleh penari wanita.

Dulu tari zapin ini dipentaskan oleh lelaki saja, namun saat ini perempuan juga banyak yang mementaskan tari zapin ini.

Tarian zapin Riau ini diiringi oleh alat musik terdiri dari i 2 alat utama berupa 1 gambus dan 3 marwas, gendang, biola, suling, akordion, dumbuk, harmonium dan juga vokal.

Tari tradisional zapin memiliki 2 jenis tari :

  • Tari Zapin Arab yaitu tarian yang sudah banyak perubahan dan dikenal dengan satu gerakan.
  • Tari Zapin Melayu yaitu tarian zapin yang mulai diiringi dengan ahli vokal dan disesuaikan dengan lingkungan masyarakat serta memiliki banyak gaya yang bervariasi.

Tari Zapin adalah tarian yang bersifat edukatif sekaligus sebagai hiburan untuk media dakwah  Islami lewat syair lagu zapin yang didendangkan.

2. Tari Zapin Matahari

Tari Zapin Matahari - Tarian adat Riau
taritradisionline.blogspot.com

Tari zapin matahari adalah tari tradisional Riau tepatnya di Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Awal adanya tarian zapin matahari dibawakan oleh oleh Hadramaut di awal abad ke-16 ke Johor Lingga, Riau, Singapura, Brunei Darussalam.

Tari Zapin Matahari adalah sebuah tarian yang menceritakan seorang pemuda dan pemudi di Desa Kuala Tolam. Mereka kemudian menikah, dan mereka hidup sangat bahagia, tetapi kebahagiaan mereka hanya sementara.

3. Tari Makyong

Tari Makyong yang berasal dari Riu dan merupakan tarian Riau
warisanbudaya.kemdikbud.go.id

Tari Makyong adalah salah satu jenis dramatari dari Riau. Berdasarkan perikiraan bahwa tari makyong sudah ada sejak dulu. Tarian ini dipentaskan oleh penari topeng dan diiringi alat musik seperti rebab, gendang, dan tetawak.

Tari makyong adalah sebuah tarian yang dipentaskan di i pematang sawah selepas memanen padi.

4. Tari Malemang

Tari Malemang adalah tarian khas Riau
www.aliansiindonesia.id

Tari Malemang adalah tarian yang berasal dari Riau tepatnya dari Tanjungpisau Negeri Bentan Penaga, kecamatan Bintan, Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Pada abad ke-12 tari malemang ini sudah ada dan hanya ditarikan di istana raja saja, yang dilakukan oleh para dayang-dayang untuk persembahkan di waktu raja sedang istirahat.

Kata malemang memiliki arti berdiri sambil membongkokkan badan ke belakang dan hal ini memang tampak pada kecakapan serta kegesitan para penari dalam mengambil sesuatu, misalnya uang receh atau sapu tangan.

Tarian adat Riau ini dimainkan setidaknya terdiri dari 14 orang yang berperan sebagai raja, permaisuri, putri, 4 pemusik, 1 penyanyi dan 6 penari.

Pemain 4 pemusik tersebut memainkan alat musik kodian atau arkodion, pemukul gong, pemain piul atau biola dan juga penabuh tambur.

Untuk pakaian yang dikenakan para penari adalah pakaian teluk belanga dan baju kurung disesuiakan dengan perannya.

Fungsi tari malemang untuk saat ini telah berubah menjadi sebuah media pertunjukan hiburan rakyat dengan durasi waktu kurang lebih satu jam.

Tari Malemamang adalah sebuah tarian yang mempadu padankan antara unsur seni tari, musik, dan juga menyanyi dalam menceritakan tentang kehidupan kerajaan.

5. Tari Persembahan

tarian persembahan adat melayu untuk menyambut tamu merupakan jenis tarian Riau
www.indonesiakaya.com

Sesuai dengan namanya tari persembahran ini dipentaskan untuk menyambut para tamu pentik atau pembukaan acara-acara tertentu.

Tarian ini menampilkan sebuah kotak yang berisikan sirih yang mana sirih tersebut nantinya akan diberikan kepada tamu yang disambut, Maka dari itu tari persembahan juga disebut tari sekapur sirih.

Tari persembahan adalah tarian riau yang menggambarkan masyarakat Melayu yang menghargai hubungan persahabatan dan juga kerabatan.

6. Tari Joged Lambak

Tari Joged Lambak adalah tarian khas Riau
www.sumber.com

Tari tradisional Riau berikutnya yakni tari joged lambek yang sangat cukup kental dari kebudayaan Melayu. Karena terpengaruhi dari kebudayaan melayu tarian ini memiliki gerakan yang lemah gemulai seperti layaknya tarian-tarian melayu pada umunya.

Lagu-lagu yang dibawakan untuk mengiringi tari joged lambak tergolong dalam lagu berirama joget seperti Serampang Laut, Tanjung Katung, dan Anak Kala. Sementara alat musik yang digunakan  alat-alat musik seperti gendang, gong atau tetawak.

Tari joged lambak kini sudah banyak ditampilkan di acara-acara adat besar.

7. Tari Tandak Sedati

tari tandak sedati - tarian khas Riau
dtechnoindo.blogspot.com

Berlanjut ke tari tandak sedati, ialah tarian yang termasuk dalam golongan tari pergaulan yang digemari banyak masyarakat Riau. Termasuk dalam tari pergaulan maka dimainkan oleh para laki-laki dan perempuan ketika malam hari.

Tari Tandak Sedati adalah sebuah tarian sebagai media silahturahmi tempat bertemunya antara para pemuda-pemudi antar kampung.

8. Tari Gamelan

Tari gamelan - tarian khas tradisional riau
www.sumber.com

Tari Gamelan adalah sebuah tarian klasik melayu yang muncul dan dipersembahkan di Istana Empayar Riu dan Lingga dalam kurun waktu 17. Kemudian tahun 1811 tari gamelan dipentaskan khalayak ramai pada saat upacara persandingan antara Tengku Hussain (putera Sultan Abdul Rahman yang memerintah Lingga) dengan Wan Esah (Adik perempuan dari bendahara Ali dari Pahang).

Berdasarkan catatan sejarah, tarian ini diiringi dengan 77 gamelan kini tersisa 33 jenis gamelan seperti Kending Gajah, Kunang kunang Mabuk, Galuk Merajuk, Silatin, Lolo, Ayak ayak, La mbang Sari, Ketam Renjung dan sebagainya.

Tari Gamelan adalah sebuah tarin yang dimainkan para wanita dengan lemah gemulai  yang mengandung unsur Melayu dan juga Jawa didalamnya.

9. Tari Suku Melaut Teluk Meranti

Tari Suku Melaut Teluk Meranti
www.riaudailyphoto.com

Tari yang berasal dari Riu yang dipengaruhi dari tradisi masyarakat di Kab.Pelalawan, khususnya dari suku laut di Kec.Teluk Meranti. Masyarakat tersebut bermata pencaharian mencari kelepa atau niau dan dikumpulkan dengan ambong.

Nah, dari situlah tari ini muncul tarian yang menggambarkan alat ambong tersebut sebagai properti menari dan juga dapat dimainkan sesuai perlakukan masyarakat terhadap ambong seperti ambong dihentak, ambong digoyang, ambong dipukul, ambong dijunjung, ambong digeger, dan ambong ditungkap.

10. Tari Manggar

Tari Manggar - Tarian Khas Riau
www.sumber.com

Tari Manggar adalah sebuah tarian tradisional yang menceritakan tentang sejarah dari kota pekanbaru, ditemukannya sebuah kota yang bernama Sena atu dikenal dengan nama Senapalan.

11. Tari Kuda Kepang

Tari Kepang Melayu tarian khas Riau
www.Budayalokal.id

Tari kuda kepang memang menjadi warisan budaya Jawa dan berkembang pula di daerah lainnnya seperti Riau ini.

Tari kuda kepang termasuk dalam tari jenis perang yang dimainkan oleh banyak pemain yaitu berjumlah 25 orang terdiri dari 9 orang penari, 5 orang pemain musik, 2 orang bamoh dan 9 sampai 15 orang penjaga kawasan.

Variasi tarian ini jika dimainkan di Riau diiringi dengan alat musik  angklung, gendang dan gong. Sementara untuk properti yang digunakan adalah kuda, cambuk atau kecut, tali sepanjang 30 meter, jidor, kenong, saron peking dan juga bonang yang menjadi properti para petani dengan pakaian Jawa Kuno, tanjak, ketopang dan kain samping.

12. Tari Rentak Bulian

Tari Rentak Bulian - Tarian Riau
www.infopublik.id

Tari rentak bulian merupakan tari tradisional yang memiliki kesakralan tersendiri bagi masyarakat Talang Mamak. Tarian ini biasanya dimainkan pada upacara bulean dalam bagian acara pengobatan tradisional.

Pengobatan tersebu nantinya akan dimainka ooleh seorang dukun besar yang disisebu Kumantan dan diiring bunyi bunyian ketabung, tetawak dan juga gendang yang mengiringi gading gading atau anak anak menari merentak dan membuat kumantan kemasukan.

Tari Rentak Bulian adalah sebuah tarian yang dijadikan sarana pengobatan, tolka bala, betimbang adat atau melanggar adat, membuang sumbang, mematikan tanah, mengamankan binatang buas yang sedang mengamuk, mengangkat kumantan yang baru atau pemimpin baru dan sebagainya.

13. Tari Masri

Tari masri adalah tarian riau yang terpengaruh oleh kebudayaan modern
wadaya.rey1024.com/

Tari selanjutnya berasal dari Riau yaitu tarian Masri. Tarian masri ini termasuk dalam tarian Melayu modern yang dipengaruhi oleh Negara Timur Tengah dari segi gerak, pakaian dan musik yang mengiringinya.

Tari Masri ditampilka oleh para penari perempuan yang biasanya sambil membawa kerincing. Selain kerincing juga terkadanag membawa alat hadrah semacam alat musik kompang.

Pada umunya tari ini juga dipertunjukan oleh 4 orang penari wanita dan 4 penari pria.

14. Tari Lenggang Melayu

Tari Lenggang Melayu adalah jenis Tarian Riau

Tari Lenggang Melayu tarian merupakan tarian yang berasal dari kepulauan Riau dan tarian tersebut dilakuan oleh 3 orang atau lebih.

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai Jenis tarian Kepulaun Riau. Semoga kita sebagai generasi milenial harus tau tentang ini cukup mengetahui bahkan mengembangkannya kalian sudah membantu melestarikan kebudayaan Indonesia. Jangan sia-sia kan kekayaan kebudayaan di Indonesia ini ya, karena banyak negara asing yang menginginkannya. Sampai Jumpa..

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu