√12 Tarian Sulawesi Selatan Lengkap (Gambar dan Penjelasannya)

√12 Tarian Sulawesi Selatan Lengkap (Gambar dan Penjelasannya)

Tarian adat Sulawesi Selatan- Sulawesi Selatan adalah Provinsi yang memiliki Ibukota Makassar. Sulawesi Selatan ini juga sering disebut kota Ujung Padang, sebelum menjadi Ibukota Makassar.

Sulawesi Selatan merupakan daerah yang memiliki adat istiadat serta kebudayaan yang berbeda di setiap suku. Suku di Sulawesi Selatan tidak bisa dibilang sedikit saja, tetapi banyak, dan yang paling dominan Suku Bugis, Suku Mandar dan Suku Makassar.

Sulawesi Selatan memiliki 316 jenis tarian adat Sulawesi Selatan. 98 tarian dari Suku Bugis, 66 tarian dari Suku Mandar, 116 tarian Suku Mandar, serta 36 tarian Suku Toraja.

Banyak sekali kan, itu masih tarian saja lho! Masih ada kesenian yang lain selain pakaian adat Sulawesi Selatan seperti rumah adat Sulawesi Selatan,  alat musik Sulawesi Selatan, upacara adat Sulawesi Selatan, dan masih banyak sekali.

tarian sulawesi selatan
wadaya.rey1024.com

Baca Juga :

Di artikel kali ini saya akan kembali membahas kesenian yang masih sama dari Sulawesi Selatan yakni tarian Sulawesi Selatan. Berikut ini beberapa tari Sulawesi Selatan yang paling terkenal.

1. Tari Manimbong

Tari manimbong adalah tarian sulawesi selatan
evanputra123.blogspot.com

Tari Manimbong adalah tarian Sulawesi Selatan yang menggunakan kostum pakaian adat khusus bernama baju pokko, seppa tallu, dan selempang kain antik. Para penari juga membawa peralatan tradisonal Sulawesi Selatan seperti parang kuno, la’boi penai, serta tameng bundar kecil yang bermotif ukiran khas toraja.

Tari Manimbong adalah tarian yang menggambarkan bentuk rasa syukur kepada Tuhan.

2. Tari Pa’gellu

tari pagellu adalah tari sulawesi selatan
www.cakapcakap.com

Tari pagellu adalah tariannya khas Tana Toraja. Tarian tersebut dipentaskan didalam rangkaian upacara adat Pa’gellu atau Ma’gellu yang memiliki arti menari dengan gembira, sambil menggoyangkan tangan dan badan dengan lemah gemulai, serta meliuk melenggak-lenggok.

Selain dipentaskan pada upacara adat pagellu, tari pa’gellu juga ditampilkan untuk upacara rambu tuka yang ditampilkan secara meriah atas rasa syukur, sedangkan untuk upaca adat kematian rambu solo ditampilkan menjadi tabu.

Tari pagellu adalah tarian yang bertujuan untuk menghibur sekaligus menjadi ungkapan rasa gembira dan sukacita.

3. Tari Pakarena

tari kipas pakarena berasal dari sulawesi selatan
www.dictio.id

Tari Kipas Pakarena adalah tari dari daerah Sulawesi Selatan tepatnya di daerah Goa. Tarian ini menjadi daya tarik wisatawan di daerah Sulawesi Selatan, karena kelincahannya memainkan kipas yang dibawakan oleh  penari.

Tari Kipas Pakarena ditampilkan oleh 5 sampai 7 orang penari wanita yang berbusana pakaian adat dan diringi oleh alat musik tradisional  Sulawesi Selatan yang sering disebut dengan “gondrong rinci”.

Tari Pakarena adalah sebuah tarian yang ditampilkan diupacara adat maupun hiburan.

4. Tari Pattennung

Tari patennung adalah tarian sulawesi selatan
www.sumber.com

Tarian selanjutnya dari Sulawesi Selatan adalah tarian pattenung. Tari patennung merupakan tarian yang memakai pakaian khas yakni baju bodo panjang, lipaq sabbe atau sarung, curak lakba, rante ma’bule, pontoyang dan juga hiasan bangkara serta properti berupa sarung lempar. Tarian tersebut ditampilkan dengan iringan alat musik tradisional Sulawesi Selatan seperti gendang dan juga suling.

Tari Patenngung mengkisahkan tentang wanita Sulawesi Selatan ketika sedang menenun. Tari pattennung juga menggambarkan kesabaran serta ketekunan para wanita Toraja dalam menenun benang hingga akhirnya membentuk kain.

5. Tari Ma’randing

tari marinding adalah tarian sulawesi selatan
makassar.terkini.id

Tarian Ma’randing adalah tarian Sulawesi Selatan yang mengambil kata ma’randing berarti mulia ketika melewatkan.

tarian ini ditampilkan ketika ada pemakaman besar dari orang kasta yang tinggi. Penari akan mengenakan pakaian perang tradisional sambil membawa senjata sehingga tari ini merupakan tari perang atau tari patriotik.

Senjata yang dibawa merupakan perisai besar dari kulit kerbau atau bulalang sebagai simbol kekayaan karena hanya orang kaya yang memiliki kerbau sendiri.

Sementara pedang atau la’bo bulange, la’bo pinai, dokter atau la’bo todolo menjadi simbol kesiapan dalam berperang serta keberanian.

Selain senjata ada ornamen yang lain, dan setiap benda yang meraka bawa pasti akan ada maknanya.

Tari Ma’randing adalah tarian yang memperlihatkan kemampuan menggunakan senjata militer sekaligus memperlihatkan keteguhan hati serta kekuatan seseorang yang sudah meninggal

5. Tari Ma’badong

tari mabandong, tarian sulawesi selatan
www.dictio.id

Tari Ma’badong adalah tarian dari Sulawesi Selatan yang dipentaskan secara berkelompok dimana pa’bandong atau peserta akan membentuk lingkaran lalu saling berpegangan dengan mengaitkan jari kelingking mereka.

Pemain tari Ma’badong ini biasanya pria dan wanita, setengah baya dan orang tua. Pemain terdiri dari pemimpin badong disebut Indo Badong untuk wanita atau ambe badong untuk pria.

Tari Ma’badong ini dimainkan pada rambu solo atau upacara kematian.

Tari Ma’bandong adalah sebuah tarian yang menggambarkan riwayat hidup dari orang yang baru saja meninggal dari mulai dilahirkan hingga meninggal.

7. Tari Pa’pangngan

Tari PaPangngan berasal dari sulawesi selatan
sumber.com

Tari Pa’nganngan adalah tarian Sulawesi Selatan yang pada umumnya dimainkan oleh seorang gadis yang memakai pakaian adat gelap atau hitam dengan ornamennya khas toraja yang disebut kandaure.

Kata pangngan mempunyai arti sirih yakni penawaran sirih. Penawaran sirih tersebut akan diungkapakan di sepanjang tarian, pemain akan memegang sirih yang ditempatkan dalam kantong di depan mereka.

Tari Pangngan adalah sebuah tarian yang dipentaskan ketika menerima tamu kehormatan sekaligus menyambut kata kata Tana Mo Pangngan Mali’ki yaitu Kisorong sorong mati, Solonna pengkaboro’ki, Rande pela’i toda, Mala’bi tanda kiala, Ki po tannu matoto.

8. Tari Gandrang Bulo

Trai gandrang bulo sulawesi selatan
travelingyuk.com

Tari selanjutnya dari Sulawesi Selatan adalah tari gandrang bulo. Perbeda dengan tarian yang lain, tari gandrang bulo Semacam drama tari yang dimainkan dengan berdialog kritis namun sangat menghibur seperti masalah sosial, politik dan juga budaya.

Selain untuk mengkritik, tari gandrang bulo juga digunakan seniman untuk mengeluarkan keluh kesah mengenai sesuatu yang juga sering digunakan masyarakat untuk merespon kondisi sosial di sekitar.

Berasal dari kata gandrang yang memiliki arti pukulan dan bulo artinya bambu. Jadi,Tarian ini adalah tarian yang ditampilkan beberapa orang dengan suasana ramai dan ceria diiringi tabuan gendang dan tabuan bambu.

9. Tari Bosari

Tari Bosara, Tarian Tradisional Dari Sulawesi Selatan
www.kamerabudaya.com

Tari Bosari adalah tarian asal Sulawesi Selatan yang memiliki fungsi menyambut tamu kehormatan. Tari ini juga sering ditampilkan ketika menyambut tamu aging, pesta kebiasaan serta pesta kawin sehingga seringkali dipertunjukkan untuk ucapan rasa syukur, hormat dan menyambut kehadiran tamu.

Berdasarkan catatan sejarah, tari bosari juga ditampilkan untuk menjamu raja dengan suguhan kue sebanyak 2 kasera.

10. Tari Pajoge

tari pajaga, tarian sulawesi selatan

Tarian Sulawesi Selatan selanjutnya ini sering dipentaskan di istana atau kediaman kalangan ningrat. Para penari ini terdiri dari gadis dari kalangan rakyat biasa yang berguna sebagai tarian hiburan para pria.

Cara menghiburnya dengan para penonton yang terdiri dari kalangan ningrat duduk melingkar dan penari tersebut akan menari sekaligus menyanyi mencari pasangan di tengah penonton.

Ketika sudah menemukan pasangan, penari tersebut akan memberikan dau sirih kepaa pria yang terpilih tersebut dan akan ikut menari.

Berdasarkan catatan sejarah, tari pajoge ini sudah ada semenjak Kerajaan Bone, abad ke-VII.

Tari Pajoge adalah sebuah tarian yang berfungsi untuk  media penghubung antara raja dan rakyat agar hubungan bisa semakin dekat dan raja semakin dicintai rakyatnya.

11. Tari Pakkuru Sumange

tari pakkure sumange beralas dari sulawesi selatan
www.youtube.com

Tarian Pakkuru Sumange ialah tarian khas dari Sulawesi Selatan. Tarian tersebu berasal dari 2 kata, pakkuru artinya memanggil dan sumange berarti sukma, jadi pakkuru sumange memiliki arti memanggil sukma.

Tari Pakkuru Sumange ini, biasanya dipentaskan sebagai tarian adat untuk menyambut tamu yang menggambarkan salam sejahtera bagi tamu yang datang dan tuan rumah serta mohon doa restu, lambang persahabatan dan keakraban.

Tari Pakkuru Sumange adalah sebuah tarian yang Bersimbol tentang kehidupan, tarian ini berharap agar damai kehidupannya, tenang banyak rezekinya, diberkahi Tuhan.

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai Tari Tradisional khas Sulawesi Selatan. Semoga kita sebagai generasi milenial harus tau tentang ini cukup mengetahui bahkan mengembangkannya kalian sudah membantu melestarikan kebudayaan Indonesia. Jangan sia-sia kan kekayaan kebudayaan di Indonesia ini ya, karena banyak negara asing yang menginginkannya. Sampai Jumpa..

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu