√15 Tarian Sumatera Utara yang Harus Dipertahankan!
kilatfintech.com

√15 Tarian Sumatera Utara yang Harus Dipertahankan!

Sumatera Utara atau bisa disebut “Gouverment van Sumatera” adalah salah satu daerah yang terkenal dengan kebudayaan dan keseniannya. Tidak salah jika saya membuat artikel ini untuk mengungkap keindahan yang tersembunyi di Indonesia.

Jika membahas mengenai Pulau Sumatera pasti kita akan terbayang makanan empek-empeknya, keunikan dari rumah adat balon, Keragaman dan keunikan dari setiap suku seperti suku batak, nias, melayu, mandailing, dan lain sebagainya.

Kebayangan kalian akan kami realistisikan pada website kami, jadi tetap stay aja ya dan jangan lupa juga untuk baca artikel dibawah ini :

Kesenian dan kebudayaan sumatera utara

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang nama-nama tarian tradisional dari Sumatera Utara. Tarian di Sumatera Utara memiliki berbagai macam keragaman, keragaman tersebut terjadi teringat bahwa Sumatera Utara adalah pulau yang memiliki banyak suku.

Keragaman kebudayan dan kesenian tersebut harus dijaga apalagi kalian anak milenial sekarang sebagai penerus dari kelestarian kebudayaan.

Mari kita mengenal kebudayaan Indonesia mulai dari sekarang!

Nah, ini dia ulasan selengkapnya tentang Tarian Sumatera Utara untuk kalian.

Nama Tari Tradisional Sumatera Utara

1. Tari Maena

tari tradisional Sumatera Utara
www.kabarone.com

Tarian pertama dari Sumatera Utara yaitu tari maena. Tari maena adalah tarian yang dipentaskan secara massal atau bersama. Tarian tradisional tersebut berasal dari suku Nias yang sejak dulu sudah diwariskan hingga sekarang.

Tari maena ini digunakan untuk upacara adat Nias dan sebagai hiburan semata.

Tari maena adalah sebuah tari yang memiliki makna kebersamaan dan persatuan.

2. Tari Moyo

Trai moyo - tarian sumatera utara
ononihaphotoarchive.blogspot.com

Tari moyo adalah tarian  yang pementasannya dibawakan oleh wanita dengan massal atau bersama-sama. Tari tradisional Sumatera Utara ini belum jelas asal-usulnya. Akan tetapi menurut sumber sejarah, tari moyo sudah ada sejak ratusan tahun lalu yang dipertunjukkan untuk kaum bangsawan.

Namun kini tari moyo sudah dikenal banyak oleh masyarakat bawah dan dipelajari oleh banyak gadis dan dilestarikan untuk acara adat, hiburan, atau acara budaya lainnya.

Tari moyo adalah memiliki sebutan lain tari elang karena gerakannya yang terlihat seperti burung elang saat terbang.

3. Tari Piso Surit

tarian piso surit - tarian sumatera utara
IndonesiaKaya.com

Tari Piso Surit, tarian Sumatera Utara yang dibawakan sekelompok penari pria dan wanita.

Tarian tersebut berasal dari suku Batak Karo yang dijadikan sebagai tari penyambutan atau tari selamat datang.

Tari Piso Surit adalah tarian yang berasal dari kata peso surit yang berarti burung yang senang bernyanyi. Dalam tari piso surit ini menceritakan tentang seekor burung piso surit yang sedang berceloteh seperti sedang memanggil manggil.

4. Tari Rondang Bulan

Tari rondang bulan - tarian sumatera utara
www.IndonesiaKaya.com

Tari rondang bulan adalah tarian yang dibawakan secara bersamaan dengan punah riang di bawah sinar bulan pernama. Sesui dengan namanya yaitu rondang bulan dalam bahasa tapanuli yang memiliki arti terang bulan.

Tari Rondang bulan ini berasal dari  daerah Sumatera Utara tepatnya Tapanuli Selatan.

Tari rondang bulan adalah tarian yang mengisahkan tentang kegembiraan gadis Mandailing di bawah rembulan yang menampilkan gerakan yang lincah dan riang dengan ekspresi penuh senyum.

5. Tari Serampang Dua Belas

tari serampang dua belas - tarian sumatera utara
www.eljohnnews.com

Tarian selanjutnya adalah tari serampang dua belas yang termasuk jenis tari pergaulan yaitu dibawakannya dengan berpasang-pasangan pria dan wanita.

Tari sarampang adalah tarian Sumatera Utara yang berasal dari Serdang Bedagai daerah Sumatera Utara.

Termasuk dalam sebuah tarian pertunjukkan yang ditampilkan di segala waktu baik hiburan, adat atau budaya.

Tarian Sumatera ini selain memperlihatkan seni juga memiliki arti atau makna dalam kehidupan khususnya bagi yang sedang mencari pasangan hidup. Karena,

tari serampang dua belas ini menceritakan tentang tahap percintaan sepasang kekasih dari awal pertemuan hingga pelaminan.

6. Tari Sigale gale

tari sigale gale - tarian sumatera utara
www.sumber.com

Tari Sigale gale adalah tarian yang dilakukan oleh patung yang terbuat dari kayu. Patung tersebut terbuat dari kayu yang memiliki ketinggian 1 1/2 meter dipakaikan kostum tradisional Batak dan dimainkan oleh 2 dalang dibelakang panggung, seperti halnya film Unyil ito loh! Hehe.

Tari Sigale-gale adalah tarian berasal dari suku Batak dan menjadi kebanggaan di suku Batak. Sigale-gale sendiri berarti lemah gemulai yang menjadi kesenian masyarakat Batak dari ratusan tahun lalu.

Tari Sigale-gale menceritakan tentang seorang anak laki laki yang sangat disayangi oleh ayahnya. Dalam suku Batak, anak laki laki memang sangat disayangi sehingga jika ada keluarga yang tidak memiliki keturunan laki laki, maka akan menjadi keburukan bagi suku Batak.

7. Tari Tandok

tari tandok - tarian sumatera utara
www.indonesiakaya.com

Tari Tandok adalah tarian Sumatera Utara tapatnya di suku Batak. Tarian ini diperankan oleh wanita yang berpakaian tradisional batak yang didominasi warna hitam dan merah.

Selain itu juga memakain properti seperti tandok, ulos dan juga kain sarung yang biasanya dilakukan empat orang penari atu jumlah lain asalkan genap.

Tari Tandok adalah mengisahkan tentang kegiatan panen beras memakai tandok yang dikerjakan para ibu di ladang dan memiliki arti akan nilai kekeluargaan antar sesama masyarakat.

8. Tari Tor-Tor

Tari tor-tor - tarian sumatera utara
www.Travelingyuk.com

Tari selanjutnya dari Sumatera Utara yaitu bernama tari tor-tor, tarian yang sudah menjadi bagian kebudayaan dari suku Batak.

Tarian ini diperkirakan sudah ada sejak zaman batak purba yan digunakan sebagai tari persembahan untuk roh nenek moyang.

Pernyataan tersebut dikuatkan karena adanya properti patung atung dari batu menjadi ciri khas dari pertunjukan tari tor tor di masa itu. Patung batu tersebut juga bisa bergerak dan ikut menari selaras dengan bunyi tetabuhan sesudah roh nenek moyang tersebut masuk dalam patung batu tersebut.

Tari tor-tor memiliki tiga fungsi :

  • Tor tor pangurason
  • Tor tor tunggal panaluan
  • Tor tor sipitu cawan

Tari tor-tor adalah sebuah tarian yang memiliki nilai spirutual yang kental sekaligus nilai filosofi yang tinggi dan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

9. Tari Fataele

tari fataele - tarian sumatera utara
sisteminformasipulaunias.wordpress.com

Tari yang berasal dari Sumatera Utara yaitu tari fataele, lebih tepatnya dari Nias. Ini adalah salah satu jenis tarian yang terkenal di Sumatera Utara khususnya Nias.

Merupakan sebuah pertunjukkan tari perang dan tradisi lompat batu yang keduanya lahir secara bersamaan.

Dalam pementasannya penari akan membawa gari atau pedang, baluse atau tameng dan juga toho atau tombak sebagai properti ketika menari. Tameng yang digunakan biasanya terbuat dari kayu berbentuk menyerupai daun pisang pada tangan kiri. Sedangkan pedang atau tombak akan dipegang pada tangan kanan. Kedua senjata ini juga menjadi senjata utama yang digunakan ksatria Nias ketika berperang.

Tari fataela adalah sebuah tarian yang menceritakan peperangan.

10. Tari Sirih

tari sirih - tarian sumatera utara adala sebuah tarian persembahan
www.sumber.com

Tarian Sumatera Utara kali ini adalah tari sirih namanya. Tarian yang termasuk dalam jenis tari pergaulan yang dimainkan oleh sepasang muda-mudi, dengan memakai busana adat khas Melayu lengkap.

Trai sirih adalah sebuah tarian yang sering dilaksanakan pada saat menyambut atau menghormati tamu- tamu, Baik tamu dari dalam negeri atau luar negeri, baik untuk urusan bisnis atau sekedar acara pesta raja.

11. Tari Tujuh Cawan

tari tor tor sipitu cawan - tarian sumatera utara
www.negerikuindonesia.com

Tari tujuh cawan adalah tarian yang menceritakan cawan yang mengandung arti di setiap cawannya. Arti dari masing-masing cawan tersebut yakni :

  • Cawan 1 : Kebijakan
  • Cawan 2 : Kesucian
  • Cawan 3 : Kekuatan
  • Cawan 4 : Tatanan Hidup
  • Cawan 5 : Hukum
  • Cawan 6 : Adat
  • Cawan 7 : Penyucian atau pengobatan

Tari tor-tor ini tidak bisa dimainkan oleh sembarang orang kecuali orang tersebut adalah sudah diwariskan secara turun temurun.

Tarian tujuh cawan dianggap sebagai tarian paling unik karena sang penari harus menjaga keseimbangan tujuh cawan yang diletakkan di kedua belah tangan kanan dan kiri tiga serta satu di kepala.

Tari Tujuh Cawan adalah tarian untuk membuang semua penghalang bagi orang yang hadir disitu, tentunya bagi yang percaya.

12. Tari Souan

tari soun - tarian sumatera utara
www.silontong.com

Trai souan adalah tarian yang bersala dari Sumatera Utara tepatnya  dari daerah Tapanuli Utara (Taput). Dahulu tarian ini memiliki nilai spritual yang tinggi karena dibawakan oleh dukun sambil membawa cawan berisi sesajen yang sebagai media penyembuhan penyakit bagi masyarakat sekitar.

13. Tari Toping-Toping

tari toping-toping huda - tarian sumatera utara
www.uksu.itb.ac.id

Trai toping-toping adalah sebuah tarian dari suku Batak Simalungan. Tarian ini dilaksanakan untuk acara duka cita di kalangan keluarga kerajaan.

Toping-toping ini terdiri dari 2 bagian, yaitu :

  • Bagian pertama yaitu huda-huda yang dibuat dari kain dan memiliki paruh burung enggang yang menyerupai kepala burung enggang yang konon menurut cerita orang tua bahwa burung enggang inilah yang akan membawa roh yang telah meninggal untuk menghadap yang kuasa.
  • Bagian kedua adalah manusia memakai topeng yang disebut topeng dalahi dan topeng ini dipakai oleh kaum laki-laki dan wajah topeng juga menyerupai wajah laki-laki dan kemudia topeng daboru dan yang memakai topeng ini adalah perempuan karena topeng ini menyerupai wajah perempuan (daboru).

14. Tari Baluse

tari baluse - tarian sumatera utara
www.flickr.com

Tari Baluse adalah jenias tarian perang yang berasal dari masyarakat Nias, tepatnya Nias Selatan. tari baluse biasanya digunakan untuk penyambutan tamu atau wisatawan.

15. Tari Endeng-Endeng

tari endeng-endeng - tarian sumatera utara
www.youtube.com

Tarian selanjutnya ialah tari endeng-endeng yang berasal dari daerah Tapanuli Selatan.

Untuk penampilannya tari endeng-endeng dimainkan oleh sepuluh pemain yakni dua orang bertugas sebagai vokalis, satu orang pemain keyboard, satu orang pemain tamborin, lima orang penabuh gendang, dan seorang pemain ketipung (gendang kecil).

Biasanya lagu yang dibawakan berbahasa Tapanuli Selatan. Setiap tampil, kesenian ini memakan waktu empat jam. Daya tarik kesenian ini adalah joget dan tariannya yang ceria, sesuai dengan lagu-lagu yang dibawakan.

Karena dibawakan dengan keceriaan tarian ini dilakukan masyarakat yang sedang menggelar pesta khitanan (sunat rasul) atau malam pesta perkawinan oleh masyarakat.

tari Endeng-Endeng ini menggambarkan semangat dan ekspresi gembira masyarakat sehari- hari.

16. Tari Tak Garo-Garo

tari tak garo-garo - tarian sumatera utara
budaya-indonesia.org

Tarian berikutnya ialah tarian garo-garo yang berasal Phakpak, Dairi, Sumatera Utara.

Tarian Tak Garo-Garo adalah tarian menggambarkan kehidupan burung, terbang kesana kemari mencari makan dan bersendau gurau dengan kawan-kawanya.

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai Jenis tarian Sumatera Utara. Semoga kita sebagai generasi milenial harus tau tentang ini cukup mengetahui bahkan mengembangkannya kalian sudah membantu melestarikan kebudayaan Indonesia. Jangan sia-sia kan kekayaan kebudayaan di Indonesia ini ya, karena banyak negara asing yang menginginkannya. Sampai Jumpa..

Nurul potret

Si Penulis adalah seorang perempuan yang suka travelling dan ingin mengililingi indahnya keragaman kebudayaan dan kesenian di Indonesia

Yakin nggak mau komen nih

Close Menu