10 Teknik Melukis, Pengertian, Unsur dan Penjelasan Lainnya (Lengkap)!

10 Teknik Melukis, Pengertian, Unsur dan Penjelasan Lainnya (Lengkap)!

Melukis adalah sebuah teknik yang bisa menghasilkan sebuah karya seni yang menarik perhatian banyak orang. Tampilan seni yang indah dapat menggambarkan karakteristik objek tertentu.Ada juga yang menjadikan melukis sebagai media melampiaskan mood yang tidak bagus.

Arti melukis sendiri merupakan kegiatan merekayasa atau mengolah medium dua dimensi atau tiga dimensi menjadi sebuah karya memliki kesan tertentu. Adapun medium untuk melukis biasanya memakai kanva, kertas, papan, dan lainnya.

Mempelajari melukis itu mudah, tetapi kalian juga harus mengenali dulu beberapa pokok pembahasan yang menjadi pengetahuan penting dalam melukis. Hal-hal yang penting tersebut seperti pengertian seni lukis, fungsi seni lukis, Jenis-jenis lukis, unsur seni lukis, teknik melukis secara umum, teknik melukis dengan cat minyak.

Nah, jangan khawatir sobat di Hownesia kalian akan mengetahui hal penting itu semua, yuk langsusng saja ini dia!

Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

teknik melukis adalah sebuah teknik yang bisa menghasilkan sebuah karya seni yang menarik perhatian banyak orang.
pixabay.com

1. Seni Lukis Menurut Galeria Fasya Art Studio

Seni Lukis adalah cabang ataupun bagian dari sebuah seni rupa yang mana wujud lukis tersebut adalah karya dua dimensi atau “dwi matra”, meskipun mempunyai dasar pengertian yang serupa dengan seni rupa, tapi lukis mempunyai arti yang lebih mendalam karena lukis adalah sebuah pengembangan lebih utuh dibanding sekedar menggambar.

2. Seni Lukis Menurut Suwarso Wisetrotomo, Endang Nawang N, dan M Dwi Marianto

Seni Lukis merupakan cabang atau bagian dari seni rupa dimana wujud lukisannya adalah karya dua dimensi atau “dwi matra”, meskipun mempunyai dasar pengertian yang serupa dengan seni rupa, tapi lukis mempunyai arti yang lebih mendalam karena lukis adalah sebuah pengembangan lebih utuh dibanding sekedar menggambar.

3. Seni Lukis Menurut Harry Sulastianto

Seni Lukis ialah salah satu cabang dari seni rupa murni berwujud 2 dimensi, umumnya dilakukan di atas sebuah kanvas yang menggunakan cat minyak ataupun cat akrilik.

4. Seni Lukis Menurut Noryan Bahari

Seni Lukis adalah sebuah ungkapan artistik serta ideologi seseorang.

5. Seni Lukis Menurut Jim Supangat

Seni lukis ialah suatu usaha untuk megeskan kembali pengalaman dimasa lalu dalam konteks sekarang.

6. Seni Lukis Menurut Slamet Riayanto

Seni lukis ialah suatu bagian dari ilmu desain grafis.

7. Seni Lukis Menurut Aristoteles

Seni lukis adalah hal yang baik dan menyenangkan juga.

8. Seni Lukis Menurut M.Adler

Seni lukis diartikan sebagai suatu hal yang memberi kesenangan.

9. Seni Lukis Menurut Myers

Seni lukis adalah nilai-nilai intelektual, simbolis, emosional, religius maupun nilai-nilai subyektif lainnya.

10. Seni Lukis Menurut Herbert Read

Seni melukis adalah kegiatan rohani yang didalamnya membuat refleksi jasmani, serta bisa membuat daya yang kuat untuk membangkitkan perasaan atau jiwa.

11. Seni Lukis Menurut Suyanto (2014)

Seni lukis adalah sebuah karya seni rupa yang dituangkan dalam lukisan yang merupakan hasil ekspresi jiwan seniman.

12. Seni Lukis Menurut Soni Ade & Imam R

Melukis adalah kekuatan peradaban manusia, dan kekuatan budaya, dikarenakan ketika melakukan lukis seorang akan dilatih jeli, cermat lebih teliti untuk mengamati fenomena alam maupun kehidupannya.

13. Seni Lukis Menurut Soedarso SP (Mike Susanto, 2002:101)

Sedangkan, Soedarso SP menyatakan seni lukis itu Karya manusia yang dapat mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya, dan pengalaman batinnya disajikan dengan indah yang bisa merangsang munculnya pengalaman batin juga pada manusia lainnya yang menghayati karya tersebut.

14. Seni Lukis Menurut Thomas Munro (Mikke Susanto, 2002:101)

Pengertian seni melukis ialah alat buatan manusia guna menimbulkan efek-efek psikologis terhadap manusia lain yang telah melihatnya.

15. Seni Lukis Menurut Sukaryono (1998 : 7)

Menurut Sukaryono, seni lukis ialah ungkapan isi hati serta perasaan yang disebut dengan bahasa seniman yang akan dikomunikasikan.

16. Seni Lukis Menurut Leo Tolstoy (Sumardjo, 2000 : 62)

Pengertian seni melukis menurut ahli yang terakhir ialah ungkapan perasaan dari pencipta yang disampaikan pada orang lain supaya mereka bisa merasakan apa yang telah dirasakan oleh pelukis.

Unsur-Unsur Seni Lukis

unsur-unsur dalm seni lukis antara lain garis, titik, bidang, warna, imajinasi, gagasan, konsep, estetika.
pixabay.com

Unsur seni lukis adalah kompenan-kompenan yang harus ada pada sebuah karya seni lukis. Unsur seni lukis sendiri terbagi menjadi 2 yaitu, unsur visual dan non visual.

1. Unsur Visual

Unsur seni lukis- Unsur pada seni melukis yang pertama yaitu unsur visual. unsur visual adalah unsur yang mengandung visual atau yang dapat dilihat dan dibuat sesuai dengan keinginan sang pelukis. Unsur visual ini terbagi lagi menjadi 10 unsur penting dalam seni melukis. Berikut ini penjelasannya :

  • Titik (point)

Unsur seni lukis- Titik (point) merupakan unsur yang paling dasar dalam seni lukis. Meskipun unsur paling dasar tetapi dia menjadi yang paling penting. Hampir di setiap lukisan dimulai dari teknik titik. Beberapa lukisanpun sering memakai titik sebagai bahan utama dan membentuk sebuah gambar yang terlihat.

  • Garis (Line)

Unsur seni lukis- Garis (Line) adalah elemen kedua dari unsur seni lukis setelah titik. unsur ini merupakan pembentukan dari dua titik yang berjauhan yang membentuk sebuah garis. Selain itu, diantara dua titik tersebut juga bisa disisipkan gambar.

Fungsi dari garis sendiri sebagai pembatas antara beberapa jenis atau bentuk gambar. Garis juga terbagi menjadi 2 yaitu garis ilmiah dan garis buatan. Contoh garis ilmiah seperti gunung dan pantai. Sedangkan, garis buatan memang sengaja dibuat, contohnya bentuk kontur wajah atau bentuk bujur sangkar dari sebuah rumah.

  • Bidang (Field)

Unsur seni lukis- Bidang merupakan unsur ketiga dalam seni lukis. Bidang adalah elemen yang tidak hanya berupa dua dimensi dan menggabungkan titik. Namun, bidang sudah menjadi bentuk yang lebih dari dua sisi yang tidak hanya memiliki sisi lebar dan panjang saja. Pemakaian unsur bidang ini untuk melukis objek sesuai kenyataan atau terlihat hidup.

  • Ruang (Space)

Unsur seni lukis- Ruang atau space adalah unsur yang paling tertinggi dari seni melukis. Ruang memberikan kesan bentuk yang hidup atau sesuai dengan objek lukisannya. Kesan tersebut diperlihatkan diberbagai sisi bahkan di ruang hampa. Pelukis yang memakai unsur ruang bisa dikatakan sudah mencapai ke tahap menengah hasil karyanya. Objek hasil karya memakai unsur ruang diantaranya alam, benda timbul, rumah 3 dimensi dan 4 dimensi.

  • Warna (Color)

Unsur seni lukis- Warna merupakan elemen terakhir dari unsur visual. Warna sendiri merupakan sebuah unsur untuk menjadi sebuah karya seni lukis menjadi hidup dan lebih nyata. Warna terbagi menjadi beberapa macam , yaitu warna primer (putih, merah, biru), warna sekunder (hijau, jingga, ungu), dan warna analogus (warna gradiasi).

2. Unsur Non Visual

Unsur seni lukis- Unsur non visual ini adalah kebalikan dari unsur visual. jadi, unsur ini tercipta dari pengembangan seorang pelukisnya. Unsur non visual ini bisa saja dipelajari, namun kerap sekali diabaikan. Berikut ini poin-poin dari unsur non visual :

  • Imajinasi

Unsur seni lukis- Imajinasi adalah penggambaran dari pikiran yang ingin disampaikan di media visual. Jadi, imajinasi disetiap orangpun berbeda-beda. Bisa didefinisikan juga bahwa imajinasi adlah sebuah khayalan dan gambaran yang dibuat oleh pikiran yang bisa saja berasal yang pernah dilihat dan belum pernah dilihat oleh si pelukis. Imajinasi itu sangat penting dan mahal harganya, apalagi jika sudah divisualisasikan ke sebuah karya.

  • Pandangan hidup dan pengalaman

Unsur seni lukis- Karya lukisan bisa ada dalam satu aliran, tetapi terkadang jenis penggambarannya berbeda. itu semua tergantung dengan sudut pandangan hidup si pelukisnya dan juga pengalaman. Contohnya saja ada dua pelukis yang melukis satu objek yang sama yaitu guci. Namun, hasilnya pasti akan berbeda dari pelukis masing-masing.

  • Konsep

Unsur seni lukis- Konsep merupakan kelanjutan dari sebuah imajinasi dan keduanya sama-sama penting. Konsep akan ada setelah imajinasi muncul. Pengertian konsep ialah sketsa awal atau peta awal dalam menggambarkan lukisan yang ditumpahkan dalam media lukis. Bahkan karena sulitnya, para pelukis terkadang tidak memakai konsep dan melukis secara spontan. Tapi sebenarnya yang paling benar adalah imajinasi yang jelas, konsep yang matang, dan penentuan aliran seni lukis yang tepat.

  • Sikap estetik dan arististik

Unsur seni lukis- Unsur non visual yang terakhir adalah sikpa estetik dan artistik pada pelukisnya. hal ini juga dianggap paling penting, sebab tida semua pelukis bisa merasakan. Sebuah seni bisa dikatakan seni jikaa sudah memiliki jiwa, maksudnya seni tersebut bisa menyampaikan apa yang ingin diutarakan oleh si pelukisnya.

Teknik Seni Lukis

teknik melukis adalah cara yang digunakan untuk melukis sperti teknik aquarel, teknik pointilis, teknik spray, teknik basah, teknik kering, teknik campuran.
pixabay.com

Teknik melukis- Nah, setelah kalian mempelajari pengertian seni lukis, unsur seni lukis, sekarang saatnya bagiamana teknik melukis itu?. Perlu kalian ketahui dulu bahwa di dalam seni lukis, teknik melukis itu ada beberapa macam. Namun, tidak semua teknik harus kamu kuasai untuk melukis, kalian bisa memakai salah satu sesuia kemampuan kalian.

Teknik melukis ini juga sangat perlu kalian ketahui untuk menghasilkan lukisan yang bagus. dan secara umum teknik melukis dibagi menjadi 2 yaitu teknik melukis secara umum yang dipakai oleh pelukis pemula dan profesional, dan teknik melukis dengan cat minyak.

Teknik Melukis Secara Umum

1. Cara melukis dengan teknik aquarel

Teknik melukis - Teknik aquarel adalah teknik melukis menggunakan cat air (aquarel) kemudian warna disapukan dengan tipis-tipis, sehingga menghasilkan lukisan yang bernuansa transparan.
www.bagiinfo.com

Teknik melukis- Teknik aquarel adalah teknik melukis menggunakan cat air (aquarel) kemudian warna disapukan dengan tipis-tipis, sehingga menghasilkan lukisan yang bernuansa transparan.

2. Cara melukis dengan teknik plakat

teknik plakat adalah teknik melukis yang memakai cat air, cat akrilik, maupun cat minyak dengan sapuan yang tebal dan komposisi cat yang kental. 
samlaga.com

 

Teknik melukis- Jika teknik aquarel terkesan transparan beda lagi dengan teknik plakat. teknik plakat adalah teknik melukis yang memakai cat air, cat akrilik, maupun cat minyak dengan sapuan yang tebal dan komposisi cat yang kental.  Sehingga menghasilan lukisan yang terkesan colorfull dan jelas warnya.

Pada umumnya teknik seni lukis ini sering digunakan oelh pelukis profesional untuk menghasilkan sebuah lukisan yang menakjubkan dan nila ekonominya tinggi.

3. Cara melukis dengan teknik Spray

teknik spray adalah teknik melukis dengan cara menyeprotkan cat ke media lukis. Tujuan memakai teknik spray ini yaitu menghasilkan lukisan yang lebih halus dan tampak lebih visual.
notepam.com

Teknik melukis- Biasanya kalian menjumpai tembok-tembok yang dilukis grafiti, nah itu memakai teknik yang ini yaitu tekni spray.

Jadi, teknik spray adalah teknik melukis dengan cara menyeprotkan cat ke media lukis. Tujuan memakai teknik spray ini yaitu menghasilkan lukisan yang lebih halus dan tampak lebih visual.

4. Cara melukis dengan teknik pointilis

teknik pointilis ini cara melukisnya menggunakan titik-titik untuk menghasilakan lukisan yang menakjubkan. Untuk mengatur gelap terang pada teknik ini pelukis memakai gradasi warna.
barokahketik.com

Teknik melukis- Teknik selanjutnya yaitu teknik pointilis yang membutuhkan kesabaran yang lebih dibandingkan dengan teknik lukis lainnya. Sebab teknik pointilis ini cara melukisnya menggunakan titik-titik untuk menghasilakan lukisan yang menakjubkan. Untuk mengatur gelap terang pada teknik ini pelukis memakai gradasi warna.

5. Cara melukis dengan teknik tempera

ContohPengertian seni lukis, unsur eni lukis, dan Teknik Seni Lukis Tempera
notepam.com

Teknik melukis- Teknik melukis yang berikutnya yaitu teknik tempera. teknik tempera adalah teknik melukis dengan menggunakan campuran kuning telur ke dalam cat sebagai bahan perekat. Selain itu kayu dan tembok adalah sebagai media pengganti kanvasnya.

Teknik tempera ini pernah berjaya pada masanya, yaitu di Eropa pada tahun 1200 hingga 1500an yang dipopulerkan oleh Duccio dan Simone Martini dan seniman terkenal Italia yang lainnya.

Teknik Melukis Cat Minyak

Teknik melukis- Teknik melukis dengan cat minyak adalah proses melukis yang menggunakan pigmen yang terikat dengan media minyak pengering. Minyak pengering tersebut seperti minyak biji rami, minyak kenari, dan minyak poppyeseed.

6.  Cara melukis dengan teknik basah

Teknik seni lukis dengan teknik basah yaitu eknik yang memakai cat minyak yang diencerkan dengan linseed oil atau minyak cat. Kalau cat sudah dienserkan dengan ketentuan kekentalan tertentu, barulah kalian poleskan di atas permukaan kanvas.
lukisanku.com

Teknik melukis- Teknik basah adalah teknik yang memakai cat minyak yang diencerkan dengan linseed oil atau minyak cat. Kalau cat sudah dienserkan dengan ketentuan kekentalan tertentu, barulah kalian poleskan di atas permukaan kanvas.

Sedangakan kuas yang dipakai untuk teknik ini yaitu kuas dengan bulu panjang.

Kebihan teknik basah :

  • membutuhkan cat minyak yang lebih sedikit.
  • cat minyak yang menempel di palet masih bisa dipakai kembali.
  • lukisan bisa terlihat semakin bersih dan proses memblok cenderung lebih cepat.

7.  Cara melukis dengan teknik kering

teknik seni lukis dengan teknik kering ialah Teknik ini kebalikan dari teknik basah, dimana pelukis melukis tanpa memakai linseed oil atau minyak cat.kuas yang digunkan juga harus kering serta tidak berminyak
penyihirganteng.wordpress.com

Teknik melukis- Teknik ini kebalikan dari teknik basah, dimana pelukis melukis tanpa memakai linseed oil atau minyak cat.

kuas yang digunkan juga harus kering serta tidak berminyak. Lebih disarankan memakai cat baru keluar dari dalam tube.

teknik kering ini cocok dipakai untuk melukis dengan kesan volume atau keruangan, semacam naturalisme, realisme, dan surelisme.

Kebihan teknik kering :

  • lebih mudah dalam penghapusan warna dengan menumpuk warna yang lain.
  • lebih mudah mengatur detail lukisan.
  • lebih mudah dalam membentuk objek, kesan ruang dan volume.
  • cat akan lebih cepat mengeringnya.

8.  Cara melukis dengan teknik Campuran

teknik seni lukis campuran merupakan kombinasi antara teknik basah dan teknik kering. Maksudnya, dengan memakai teknik campuran kalian bisa menutupi kekurangan di masing-masing teknik tersebut.
barokahketik.com

Teknik melukis- Dinamai teknik campuran karena teknik ini merupakan kombinasi antara teknik basah dan teknik kering. Maksudnya, dengan memakai teknik campuran kalian bisa menutupi kekurangan di masing-masing teknik tersebut.

Teknik ini dimulai dengan teknik kering terlebih dahulu lemudian diikuti dengan teknik basah. cara melukis teknik campurang ini dengan memblok warna sambil menambahkan intesitas minyak cat secara perlahan hingga sampai tahap akhir melukis.

Kebihan teknik campuran:

  • Pewarnaan lebih cepat (memakai teknik basah).
  • Lebih mudah membentuk sebuah objek (memekai teknik kering).
  • Detail dari lukisan tampak lebih bagus.

Kesimpulan :

Dari beberapa penjelasan tadi mulai dari pengertian seni lukis, unsur seni lukid, dan teknik melukis bisa menambah wawasan kalian dalam dunia melukis. Pada intinya melukis adalah proses kreatifitas yang menuangkan rasa atau perasaan yang sudah dikonsep dan menghasilkan sebiah karya lukisan.

Kemudian dari beberapa jenis unsur dan teknik melukis pakailah yang sekiranya membuat kalian nyaman dalam proses berkreasi melukis. Tidak semuanya harus kalian kuasai.

Selamat Berkarya!

 Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya mulai dari seni musik, seni rupa, seni pertunjukan juga ada di hownesia. 

Yakin nggak mau komen nih